Analisis perbedaan kinerja akuntansi pada perusahaan dengan strategi bisnis prospector dan defender / Evi Ekawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis perbedaan kinerja akuntansi pada perusahaan dengan strategi bisnis prospector dan defender / Evi Ekawati

Ekawati, Evi (2014) Analisis perbedaan kinerja akuntansi pada perusahaan dengan strategi bisnis prospector dan defender / Evi Ekawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Ekawati Evi. 2014. Analisis Perbedaan Kinerja Akuntansi pada Perusahaan dengan Strategi Bisnis Prospector dan Defender. Skripsi Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Sriyani Mentari S.Pd. M.M. (II) Ika Putri Larasati S.E. Mcom. Kata Kunci Prospector dan Defender Pertumbuhan Penjualan Pertumbuhan Laba Dividend Payout Ratio Free Cash Flow. 12288 12288 12288 12288 Tipologi strategi perusahaan dapat dikaitkan dengan sistem akuntansi yang diterapkannya bahkan strategi menjadi salah satu komponen untuk melengkapi penilaian kinerja perusahaan. Strategi bisnis prospector dan defender yang dikemukakan oleh Miles dan Snow (1978) dapat digunakan untuk mengukur kinerja akuntansi perusahaan yang dikaitkan denggan life cycle theory hal ini dikarenakan setiap fase dalam siklus hidup perushaan akan berpengaruh terhadap strategi kompetisi dan kinerja perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk menguji perbedaan kinerja akuntansi pada dua tipe strategi bisnis prospector dan defender yang dibandingkan dengan menggunakan rasio keuangan yaitu pertumbuhan penjualan pertumbuhan laba dividend payout ratio dan free cash flow. 12288 12288 12288 12288 Penentuan seleksi perusahaan bertipologi prospector dan defender ditentukan menggunakan empat variabel yaitu rasio jumlah karyawan terhadap jumlah penjualan bersih (KARPEN) rasio Price to Book Value (PBV) rasio belanja modal terhadap total aset (CETA) dan rasio belanja modal terhadap nilai pasar ekuitas (CEMVE). Nilai keempat proksi tersebut dianalisis dengan menggunakan Principal Component Analysis. Populasi dalam penelitian ini sejumlah 129 perusahaan manufaktur tahun 2009-2011. Metode sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Banyaknya sampel yang sesuai dengan kriteria yang telah ditentukan sejumalah 21 perusahaan. Analisis data menggunakan analaisis uji beda T-test. 12288 12288 12288 12288 Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertumbuhan penjualan dan pertumbuhan laba perusahaan dengan strategi prospector lebih besar daripada perusahaan dengan strategi defender. Sementara dividend payout ratio dan free cash flow perusahaan dengan strategi prospector lebih kecil daripada perusahaan dengan strategi defender. 12288 12288 12288 12288 Berdasarkan hasil peneltian disarankan bagi perusahaan untuk dapat memilih strategi bisnis yang tepat. Pemilihan strategi yang tepat bertujuan untuk membuat perusahaan mampu mengungguli pesaing dalam pertumbuhan dan perolehan laba serta mampu bertahan dalam siklus bisnis yang panjang. Bagi investor diharapkan mempertimbangkan faktor-faktor lain dalam menanamkan modal di perusahaan seperti strategi yang digunakan perusahaan. Setiap strategi yang dianut perusahaan akan berdampak pada kinerja perusahaan dan hal itu juga akan berdampak pada imbalan yang akan diterima oleh investor. Bagi peneliti selanjutnya peneliti dapat memperbesar sampel penelitian misalnya tidak terbatas pada perusahaan manufaktur saja sehingga hasil penelitian dapat digunakan sebagai generalisasi dan memperpanjang tahun pengamatan agar power of test-nya dapat lebih kuat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Akuntansi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 07 Oct 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/36846

Actions (login required)

View Item View Item