Pengaruh corporate social responsibility disclosure terhadap value relevance informasi laba pada perusahaan yang lisiting di Bursa Efek Indonesia 2011-2013 / Dwi Narullia - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh corporate social responsibility disclosure terhadap value relevance informasi laba pada perusahaan yang lisiting di Bursa Efek Indonesia 2011-2013 / Dwi Narullia

Narullia, Dwi (2014) Pengaruh corporate social responsibility disclosure terhadap value relevance informasi laba pada perusahaan yang lisiting di Bursa Efek Indonesia 2011-2013 / Dwi Narullia. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Narullia Dwi. 2014. Pengaruh Corporate Social Responsibility Disclosure terhadap Value Relevance Informasi Laba pada Perusahaan yang Listing di Bursa Efek Indonesia 2011-2013. Skripsi Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Ika Putri Larasati S.E. M.Com. (2) Dr. Hj. Puji Handayani S.E. M.M. Ak. CA. Kata Kunci CSR Disclosure Value Relevance Informasi Laba Earnings Response Coefficient. . 12288 12288 12288 12288 Informasi merupakan kebutuhan yang mendasar bagi investor dalam pengambilan keputusan. Informasi yang paling sering digunakan investor sebagai pertimbangan utama dalam pengambilan keputusan adalah informasi laba suatu perusahaan. Value relevance informasi laba adalah kemampuan laba untuk mempengaruhi investor dalam mengambil keputusan investasi/reaksi investor terhadap pengumuman laba. Pendekatan informasi pada decision usefulness theory menjelaskan bahwa investor akan mencoba memprediksi keuntungan masa depan dari investasi yang dilakukan melalui informasi yang relevan bukan hanya informasi akuntansi. Saat ini selain informasi laba telah banyak informasi lain yang mulai diperhatikan investor sebagai pertimbangan dalam pengambilan keputusan investasi. Salah satu informasi yang banyak mendapat sorotan adalah mengenai pertanggungjawaban sosial perusahaan (Corporate Social Responsibility/CSR). 12288 12288 12288 12288 Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh pengungkapan CSR (CSR Disclosure) terhadap value relevance informasi laba yang diukur menggunakan besaran Earnings Response Coefficient (ERC). Data yang digunakan adalah data sekunder berupa laporan tahunan dan/atau laporan CSR perusahaan yang bersumber dari situs resmi Bursa Efek Indonesia dan situs resmi perusahaan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh perusahaan yanglisting di BEI periode 2011-2013sebanyak 383 perusahaan. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 34 perusahaan dengan periode 3 tahun sehingga jumlah sampelnya menjadi 102. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling dengan kriteria (1) Perusahaan menyajikan CSR Report dan/atau Annual Report secara lengkap dan (2) Perusahaan tidak mengalami kerugian selama tahun 2011 hingga 2013. Analisis data yang digunakan adalah regresi linear sederhana. 12288 12288 12288 12288 Hasil penelitian menunjukkan bahwa CSR Disclosure berpengaruh positif terhadap Value Relevance Informasi Laba. Hal ini berarti bahwa semakin tinggi tingkat CSR Disclosure perusahaan akan meningkatkan nilai relevansi (value relevance) informasi laba. Penelitian selanjutnya disarankan untuk membedakan industri perusahaan sehingga dapat diketahui pengaruh jenis industri terhadap hubungan CSR Disclosuredengan value relevance informasi laba. Penelitian selanjutnya juga disarankan untuk melakukan perbaikan dalam penilaian CSR Disclosure pada perusahaan dengan memberikan bobot pada tingkat kerincian informasi sehingga indeks pengungkapan menjadi lebih teliti dan hasil yang diperoleh lebih baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Akuntansi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 05 Sep 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/36814

Actions (login required)

View Item View Item