Rosyida, Septriveni Daris (2014) Pengaruh e-filing electronic surat pemberitahuan (E-SPT), dan account representative terhadap kepatuhan wajib pajak badan di KPP Pratama Malang Utara / Septriveni Daris Rosyida. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Rosyida Septriveni Daris. 2014. Pengaruh E-Filing Electronic Surat Pemberitahuan (E-SPT) dan Account Representative Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Badan Di KPP Pratama Malang Utara. Skripsi Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang Pembimbing (I) Drs. Sumadi S.E. M.M (II) Dr. H. Cipto Wardoyo S.E. M.Pd. M.Si. Ak. Kata Kunci e-filing e-SPT account representative Kepatuhan 12288 12288 12288 Sistem pemungutan pajak di Indonesia saat ini menganut sistem self assesment. Dengan diterapkannya sistem tersebut secara tidak langsung membutuhkan tingkat kesadaran dari wajib pajak untuk memenuhi kewajiban perpajakannya. Agar tingkat kepatuhan sukarela dari wajib pajak tinggi maka pihak Direktorat Jenderal Pajak memberikan pelayanan prima dengan cara melakukan modernisasi administrasi perpajakan. Beberapa bentuk dari modernisasi administrasi perpajakan adalah disediakannya aplikasi e-filing e-SPT dan Account Representative. Sehingga penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari ketiga variabel tersebut terhadap kepatuhan wajib pajak badan. Populasi dari penelitian ini adalah wajib pajak badan yang terdaftar di KPP Pratama Malang Utara pada tahun 2013 yaitu sebanyak 6004 WP Badan. 12288 12288 12288 Data diperoleh dari hasil kuisioner yang dibagikan kepada 100 responden. Pengujian hipotesis menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) aplikasi e-filing tidak berpengaruh terhadap kepatuhan wajib pajak badan (2) aplikasi e-SPT tidak berpengaruh terhadap kepatuhan wajib pajak badan (3) efektivitas account representative tidak berpengaruh terhadap kepatuhan wajib pajak badan. 12288 12288 12288 Berdasarkan hasil penelitian tersebut peneliti menyarankan beberapa hal diantaranya (1) DJP lebih meningkatkan sosialisasi mengenai manfaat dan tujuan dari fasilitas yang telah disediakan (2) DJP memberikan reward kepada WP yang selalu patuh dalam memenuhi kewajiban perpajakannya (3) meningkatkan fasilitas e-filing dan e-spt agar WP merasa lebih nyaman melaporkan SPT dengan media elektronik dan dapat merasakan manfaatnya.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Akuntansi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 15 Jul 2014 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2014 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/36782 |
Actions (login required)
View Item |