Diana, Eli (2014) Pengembangan buku panduan membuat tes interaktif berbasis teknologi komputer / Eli Diana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Pengembangan Buku Panduan Membuat Tes Interaktif Berbasis Teknologi Komputer. Skripsi Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Sulastri S.Pd. M.SA. (II) Diana Tien Irafahmi S.Pd. M.Ed. Kata Kunci Tes Interaktif Berbasis Teknologi Komputer Evaluasi yang baik adalah evaluasi yang mampu mencerminkan hasil sebenarnya dari kemampuan yang dimiliki oleh peserta didik. Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan oleh peneliti guru masih menggunakan tes model konvensional dalam melakukan evaluasi hasil belajar. Tes model konvensional memiliki kelemahan dalam segi durasi pengerjaan yang lama dan kecenderungan terjadinya fenomena contek mencontek antar siswa. Salah satu metode untuk mengatasi kelemahan tes model konvensional adalah dengan menerapkan tes interaktif berbasis teknologi komputer. Namun hasil wawancara menunjukkan bahwa mayoritas guru masih kesulitan dalam membuat tes interaktif. Hasil wawancara juga menunjukkan bahwa guru lebih suka membaca literatur buku daripada melihat video tutorial dan sejenisnya. Akan tetapi saat ini masih sulit ditemukan buku mengenai panduan membuat tes interaktif khusunya buku yang membahas beberapa software pembuat tes dalam satu buku. Berangkat dari permasalahan ini penulis mencoba mengembangkan buku panduan membuat tes interaktif berbasis teknologi komputer. Penelitian bertujuan untuk mengembangkan produk berupa buku panduan membuat tes interaktif berbasis teknologi komputer. Buku dikembangkan sebagai panduan guru untuk menciptakan inovasi baru dalam melakukan evaluasi. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan model Borg and Gall yang telah dimodifikasi meliputi analisis kebutuhan awal pengembangan produk validasi ahli revisi pertama uji lapangan terbatas revisi kedua eksperimen dan produk akhir. Uji kelayakan dilakukan melalui validasi ahli kegrafikan dan konten buku serta uji coba lapangan terbatas (guru) sedangkan uji efektifitas dilakukan dengan melakukan uji beda kepada 21 siswa untuk mengetahui lama waktu mengerjakan dan intensitas siswa yang mencontek. Hasil uji kelayakan menunjukkan buku yang dikembangkan valid dengan rata-rata total penilaian 97 2%. Hasil uji efektifitas menunjukkan bahwa tes interaktif berbasis teknologi komputer efektif untuk melakukan evaluasi. Hal tersebut ditunjukkan dari nilai signifikansi uji dependent t-test sebesar 0 000 untuk durasi pengerjaan dan 0 001 untuk intensitas mencontek. Saran peneliti untuk pengembang selanjutnya adalah agar menambahkan bagaimana cara mengadministrasikan tes interaktif yang dibuat agar dapat dimanfaatkan dalam melakukan evaluasi secara online maupun offline.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Akuntansi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 12 Jun 2014 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2014 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/36753 |
Actions (login required)
View Item |