Hamid, Tri Agung Himawan (2014) Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi tingkat pengungkapan Islamic Social Reporting (ISR) pada perusahaan manufaktur yang terdaftar dalam Daftar Efek Syariah (DES) periode 2010-2011 / Tri Agung Himawan Hamid. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Hamid Tri A.H. 2014. Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Tingkat Pengungkapan Islamic Social Reporting (ISR) pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar dalam Daftar Efek Syariah (DES) periode 2010-2011. Skripsi Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Hj. Puji Handayati S.E. M.M. Ak (2) Dr. Hj. Endang Sri Andayani SE. M.Si. Ak. Kata Kunci Profitabilitas Ukuran Perusahaan Umur Perusahaan Ukuran KAP dan Islamic Social Reporting. Agama dan kepercayaan yang dianut investor dianggap akan mempengaruhi keputusannya dalam melakukan investasi. Untuk pengambilan keputusan tentunya seorang investor muslim tidak hanya melihat faktor karakteristik perusahaan seperti profitabilitas ukuran umur jenis KAP perusahaan tetapi juga akan melihat apakah perusahaan telah menyajikan informasi sesuai prinsip syariah dalam hal ini tanggung jawab sosialnya. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh profitabilitas ukuran perusahaan umur perusahaan dan ukuran KAP terhadap Islamic Social Reporting. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah perusahaan yang terdaftar dalam Daftar Efek Syariah periode 2010-2011 dimana dari populasi tersebut terpilih 47 perusahaan manufaktur yang tercatat di BEI sebagai sampel berdasarkan metode purposive sampling. Metode pengumpulan data dengan cara dokumentasi data sekunder yang diperoleh dari laporan tahunan emiten. Analisis data dilakukan dengan menggunakan regresi linier berganda uji asumsi klasik serta uji hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial tidak ada pengaruh variabel profitabilitas terhadap ISR sedangkan hasil pengujian hipotesis untuk variabel ukuran perusahaan umur perusahaan dan ukuran KAP menunjukkan hasil yang signifikan atau dengan kata lain ketiga variabel tersebut berpengaruh terhadap ISR. Hal tersebut menunjukkan bahwa tidak semua perusahaan yang mempunyai profit tinggi akan mengungkapkan tanggung jawab sosial Islam dengan baik. Sedangkan perusahan dengan ukuran besar umur yang muda dan KAP besar kemungkinan besar akan mengungkapkan dengan baik. Berdasarkan hasil penelitian ini maka disarankan bagi emiten yang berprofit tinggi sudah seharusnya melakukan tanggung jawab sosial Islam lebih baik sebab investor muslim kemungkinan besar akan melakukan investasi pada perusahaan berprofitabilitas tinggi dan juga tanggung jawab sosial islam yang baik. Sedangkan untuk peneliti selanjutnya dapat menambah periode pengamatan sehingga dapat diperoleh hasil yang lebih baik mengingat periode pengamatan yang dilakukan dalam penelitian ini hanya dua tahun.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Akuntansi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 02 May 2014 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2014 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/36745 |
Actions (login required)
View Item |