Pengembangan modul berbasis pembelajaran kooperatif dan kontekstual pada standar kompetensi menyelesaikan siklus akuntansi perusahaan manufaktur untuk SMK kelas XII / Imroatush Sholichah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan modul berbasis pembelajaran kooperatif dan kontekstual pada standar kompetensi menyelesaikan siklus akuntansi perusahaan manufaktur untuk SMK kelas XII / Imroatush Sholichah

Sholichah, Imroatush (2014) Pengembangan modul berbasis pembelajaran kooperatif dan kontekstual pada standar kompetensi menyelesaikan siklus akuntansi perusahaan manufaktur untuk SMK kelas XII / Imroatush Sholichah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Sholichah Imroatush. 2013. Pengembangan Modul Berbasis Pembelajaran Kooperatif dan Kontekstual Pada Standar Kompetensi Menyelesaikan Siklus Akuntansi Perusahaan Manufaktur Untuk SMK Kelas XII. Skripsi Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. Bambang Sugeng SE MA MM Ak (2) Dr. Sunaryanto M.Ed. Kata Kunci Modul Akuntansi Kooperatif Kontekstual. 12288 12288 12288 12288 12288 12288 12288 12288 Modul adalah bahan ajar yang mampu mengorganisasikan materi pelajaran dengan memperhatikan tujuan pembelajaran. Oleh karenanya pengembangan bahan ajar berupa modul dapat dilakukan sebagai salah satu langkah optimalisasi dan revitalisasi bahan ajar dan proses belajar. 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengembangkan modul berbasis pembelajaran kooperatif dan kontekstual pada standar kompetensi menyelesaikan siklus akuntansi perusahaan manufaktur untuk SMK Kelas XII. Pola belajar dengan diskusi dapat membantu siswa lebih mudah memahami isi materi dibandingkan dengan jika hanya mendengarkan ceramah dari guru. Oleh karena itu modul yang dikembangkan dalam penelitian ini disusun berdasarkan basis pembelajaran kooperatif. Pembelajaran kooperatif dilakukan dengan mengelompokkan siswa di dalam kelas ke dalam suatu kelompok kecil agar siswa dapat bekerjasama dengan kemampuan maksimal yang mereka miliki dan mempelajari satu sama lain dalam kelompok tersebut. Selain itu modul yang baik harus dapat memberikan gambaran praktik akuntansi di dunia kerja. Sehingga modul yang dikembangkan dalam penelitian ini berbasis pembelajaran konstekstual. Pembelajaran kontekstual menekankan kepada proses keterlibatan siswa secara penuh untuk dapat menemukan materi yang dipelajari dan menghubungkannya dengan situasi kehidupan nyata sehingga mendorong siswa untuk dapat menerapkannya dalam kehidupan mereka. 12288 12288 12288 12288 Pengembangan modul berbasis pembelajaran kooperatif dan kontekstual pada standar kompetensi menyelesaikan siklus akuntansi perusahaan manufaktur untuk SMK kelas XII menggunakan jenis penelitian Research Development. Adapun prosedur pengembangannya mengikuti prosedur pengembangan Borg Gall yang telah dimodifikasi karena keterbatasan waktu tenaga dan biaya. Dalam penelitian ini digunakan 4 tahapan dalam model Borg Gall antara lain research and information collecting develop preliminary form of product field testing dan final product revision. 12288 12288 12288 12288 Tahap research and information collecting adalah untuk mengumpulkan semua informasi yang dibutuhkan dalam pengembangan modul. Informasi yang dikumpulkan antara lain kurikulum yang digunakan karakteristik siswa kelayakan/ ketersediaan fasilitas belajar dan literatur yang berhubungan dengan materi yang akan dikembangkan. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara dan studi dokumenter. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah pedoman wawancara (interview guide). Data yang dihasilkan pada tahap ini berupa data kualitatif sehingga analisis data dilakukan dengan menganalisis jawaban dari guru pengajar mata pelajaran kompetensi kejuruan standar kompetensi menyelesaikan siklus akuntansi perusahaan manufaktur kelas XII di SMK PGRI Pandaan sesuai dengan pedoman wawancara. 12288 12288 12288 12288 Pada tahap develop preliminary form of product peneliti mengembangkan bentuk permulaan (prototipe) modul. Prototipe modul yang dihasilkan harus divalidasi terlebih dahulu dari segi materi dan kegrafikan. Pengumpulan data validasi ahli dilakukan dengan teknik kuisioner dan instrumen yang digunakan adalah kuisioner. Data yang dihasilkan adalah data kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif adalah penilaian modul yang berupa prosentase rata-rata penilaian terhadap komponen dalam modul yaitu sebesar 96 5% dari segi materi dan 96% dari segi kegrafikan. Hasil dari data kuantitatif ini dapat disimpulkan bahwa modul valid dan dapat digunakan dalam kegiatan pembelajaran. Data kualitatif meliputi tanggapan kritik dan saran yang berupa komentar dari validator terhadap modul yang dikembangkan. Hasil dari data kualitatif digunakan sebagai penyempurnaan prototipe modul. 12288 12288 12288 12288 Tahap field testing bertujuan untuk mengetahui keefektifan modul jika digunakan dalam kegiatan pembelajaran. Subjek coba adalah 38 siswa kelas XII Akuntansi 1 SMK PGRI Pandaan. Pengumpulan data pada tahap ini dilakukan dengan teknik tes dan observasi. Metode tes dalam penelitian ini adalah tes prestasi (achievement test) metode ini digunakan untuk mengumpulkan data berupa nilai hasil belajar siswa. Sedangkan observasi dilakukan untuk mengumpulkan semua informasi terkait dengan proses pembelajaran dengan modul selama tahap uji coba lapangan (field testing). Instrumen pengumpulan data menggunakan soal tes dan catatan lapangan. Berdasarkan hasil uji coba lapangan (field testing) diketahui bahwa ketuntasan belajar siswa sebesar 89%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa modul yang dikembangkan dalam penelitian ini efektif digunakan dalam kegiatan pembelajaran. 12288 12288 12288 12288 Berdasarkan catatan lapangan selama kegiatan uji coba (field testing) ditemukan hambatan yang menyulitkan siswa dalam pemahaman materi. Berdasarkan kesulitan tersebut peneliti melakukan penyempurnaan terhadap modul yang dikembangkan pada tahap final product revision. Perbaikan dilakukan guna meningkatkan kualitas modul sehingga siap digunakan dalam kegiatan pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Akuntansi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 11 Apr 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/36735

Actions (login required)

View Item View Item