Agustina, Siska (2015) Strategi kepala sekolah dalam melaksanakan kurikulum 2013 (studi multi situs di SDN Dinoyo 2 Malang dan SDN Madyopuro 1 Malang) / Siska Agustina. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Agustina Siska. 2015. Strategi Kepala Sekolah dalam Melaksanakan Kurikulum 2013 (Studi Multi Situs di SDN Dinoyo 2 Malang dan SDN Madyopuro 1 Malang). Skripsi Jurusan Administrasi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. H. Kusmintardjo M.Pd (II) Dr. Asep Sunandar S.Pd M.AP. Kata kunci strategi kepala sekolah pelaksanaan Kurikulum 2013 12288 12288 12288 12288 Kurikulum 2013 adalah kurikulum yang mengacu pada pembelajaran tematik terpadu. Dimana dalam pelaksanannya Kurikulum 2013 bertujuan untuk mengembangkan kreativitas peserta didik dalam hal kognitif psikomotorik dan afektif. Sehingga peran kepala sekolah sebagai pemimpin sangat dibutuhkan untuk mencapai tujuan pelaksanaan Kurikulum 2013. Strategi yang diberikan kepala sekolah sangat menentukan berhasil atau tidaknya pelaksanaan Kurikulum 2013 di sekolah. Oleh karena itu dalam kepemimpinannya kepala sekolah memiliki tanggung jawab menjadikan guru yang berkualitas dan mampu menghadapi perubahan-perubahan kurikulum serta memiliki kemampuan untuk membuat program-program baru yang ada pada Kurikulum 2013. 12288 12288 12288 12288 Tujuan penelitian ini (1) mendeskripsikan strategi kepala sekolah dalam melaksanakan Kurikulum 2013 (2) mendeskripsikan masalah yang dihadapi kepala sekolah dalam melaksanakan Kurikulum 2013 dan (3) mendeskripsikan solusi masalah yang dihadapi kepala sekolah dalam melaksanakan Kurikulum 2013. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan menggunakan jenis penelitian studi multi situs di SDN Dinoyo 2 Malang dan SDN Madyopuro 1 Malang. Prosedur pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini yaitu wawancara observasi dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan mereduksi data penyajian data dan verifikasi data. Hasil analisis data selanjutnya dicek di keabsahan data melalui pemeriksaan triangulasi pengecekan keanggotaan dan kecukupan bahan referensi. Tahap penelitian meliputi tahap perencanaan tahap pelaksanaan dan tahap pelaporan. 12288 12288 12288 12288 Temuan penelitian ini yaitu (1) strategi kepala sekolah dalam melaksanakan Kurikulum 2013 meliputi (a) memberikan pelatihan dan pendampingan Kurikulum 2013 kepada guru-guru yang dilaksanakan tingkat gugus se Kecamatan (b) pengadaan buku-buku penunjang Kurikulum 2013 (c) memberikan sosialisasi kepada orangtua siswa terkait dengan pelaksanaan Kurikulum 2013 dan (d) memberikan motivasi dan mengadakan supervisi terkait pelaksanaan Kurikulum 2013 di sekolah.(2) masalah yang dihadapi dalam melaksanakan Kurikulum 2013 antara lain (a) kesulitan dalam pembuatan RPP silabus dan program kegiatan yang menggunakan Kurikulum 2013 (b) sistem penilaian yang terlalu mendetail sehingga dalam pelaksanaannya guru-guru merasa kesulitan (c) kesulitan dalam memberikan pemahaman kepada guru-guru dan orangtua siswa terkait pelaksanaan Kurikulum 2013 (d) sarana dan prasarana yang kurang memadai dan (e) kurangnya tenaga pendidik (3) solusi masalah dalam melaksanakan Kurikulum 2013 antara lain (a) mendatangkan narasumber untuk melatih guru-guru dalam pelaksanaan Kurikulum 2013 pembuatan RPP silabus dan program kegiatan serta sistem penilaian (b) memberikan pemahaman kepada orangtua siswa terkait dengan pelaksanaan Kurikulum 2013 pada saat pembagian raport (c) mengadakan sarana dan prasarana media pembelajaran dan buku-buku penunjang Kurikulum 2013 dan (d) melibatkan kepala sekolah guru-guru komite sekolah/orangtua siswa UPT dan Dinas Pendidikan Kota Malang dalam mengatasi masalah. 12288 12288 12288 12288 Berdasarkan hasil penelitian disarankan kepada (1) Kepala Dinas Pendidikan Kota Malang hendaknya mengadakan pelatihan Kurikulum 2013 khususnya dalam hal sistem penilaian yang kurang praktis dan materi yang kurang mendalam sehingga dalam pelaksanaannya di sekolah guru-guru tidak merasa kesulitan dalam hal penilaian dan memiliki pemahaman terkait pelaksanaan Kurikulum 2013. (2) kepala sekolah diharapkan dapat meningkatkan kerjasama dengan guru-guru pengawas sekolah orangtua siswa Unit Pelaksana Teknis (UPT) dan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan khususnya mengenai strategi dalam melaksanakan Kurikulum 2013. (3) Guru hendaknya mampu mengembangkan metode dan media pembelajaran dan bisa meningkatkan kerjasama dengan guru lain dalam pelaksanaan Kurikulum 2013 di sekolah dan guru juga diharapkan menggunakan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) sebagai panduan dalam proses pembelajaran. (4) Jurusan Administrasi Pendidikan hendaknya mengadakan pelatihan kepemimpinan pendidikan dan manajemen kurikulum. (5) peneliti lain yang berminat melakukan penelitian terkait Kurikulum 2013 dapat dijadikan bahan referensi untuk melakukan penelitian serupa atau lanjutan dengan mengembangkan subjek dan jenjang pendidikan lainnya.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 25 May 2015 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2015 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/3663 |
Actions (login required)
View Item |