Laksioto, Yosovin Agustina (2012) Pengaruh pengungkapan informasi sosial perusahaan dalam laporan tahunan dan kinerja financial perusahaan terhadap reaksi investor (Studi kasus pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI periode 2009-2010) / Yosovin Agustina Laksito. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata Kunci Pengungkapan tanggung jawab sosial perusahaan kinerja financial reaksi investor. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh pengungkapan sosial perusahaan dan pengaruh kinerja financial perusahaan terhadap reaksi investor pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI periode 2009-2010. Variabel independen pada penelitian ini adalah pengungkapan sosial yang dihitung menggunakan indeks pengungkapan sosial dan kinerja financial perusahaan yang dihitung menggunakan Market Value Added (MVA). Sedangkan unutk variabel dependen pada penelitian ini adalah reaksi investor yang dihitung menggunakan Unexpected Trading Volume (VAt). Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan manufaktur yang berjumlah 122 perusahaan. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan metode purposive sampling dengan sampel berupa laporan tahunan. Sampel yang diperoleh sebanyak 36 dengan 18 perusahaan setiap tahunnya selama dua tahun penelitian. Pengolahan data menggunakan teknik regresi linier berganda dengan program SPSS. Hasil Penelitian berdasarkan analisis regresi linier berganda secara parsial menunjukkan bahwa adanya pengaruh positif yang ditunjukkan oleh pengungkapan sosial perusahaan terhadap reaksi investor dan adanya pengaruh positif yang ditunjukkan oleh kinerja financial perusahaan terhadap reaksi investor. Sedangkan secara simultan juga menunjukkan pengaruh positif antara variabel independen yang terdiri dari pengungkapan sosial perusahaan dan kinerja financial perusahaan terhadap variabel dependen yaitu reaksi investor. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh maka saran yang diberikan adalah (1) menambah periode penelitian agar diperoleh hasil yang lebih akurat (2) menambah sampel dalam penelitian tidak hanya dari perusahaan manufaktur saja (3) pengukuran kinerja financial perusahaan tidak hanya menggunakan Market Value Added (MVA) (4) pengukuran reaksi investor tidak hanya menggunakan Unexpected Trading Volume (Vat).
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Akuntansi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 02 Jul 2012 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2012 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/36501 |
Actions (login required)
View Item |