Pengaruh pengungkapan tanggungjawab sosial perusahaan, leverage, size perusahaan dan pertumbuhan penjualan terhadap kinerja perusahaan (studi empiris pada perusahaan-perusahaan manufaktur yang tercatat di BEI tahun 2007-2008) / Ratna Chandra Wulandari - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh pengungkapan tanggungjawab sosial perusahaan, leverage, size perusahaan dan pertumbuhan penjualan terhadap kinerja perusahaan (studi empiris pada perusahaan-perusahaan manufaktur yang tercatat di BEI tahun 2007-2008) / Ratna Chandra Wulandari

Wulandari, Ratna Chandra (2011) Pengaruh pengungkapan tanggungjawab sosial perusahaan, leverage, size perusahaan dan pertumbuhan penjualan terhadap kinerja perusahaan (studi empiris pada perusahaan-perusahaan manufaktur yang tercatat di BEI tahun 2007-2008) / Ratna Chandra Wulandari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Pengungkapan Corporate Social Responsibility Leverage Size Perusahaan Growth Penjualan dan ROE Prosentase penggungkapan pertanggungjawaban perusahaan dalam laporan tahunan perusahaan-perusahaan di Indonesia masih relatif rendah. Hal ini disebabkan karena pihak manajemen mengganggap pengungkapan CSR akan menambah biaya. Padahal perusahaan harusnya bisa menjaga keharmonisan dengan sistem sosial yang ada. Keberhasilan manajer yang mampu memenuhi social contract akan dapat meningkatkan profitabilitas perusahaannya di masa yang akan datang. Manajer juga harus berhati-hati dalam menentukan dan mengoperasikan jumlah proporsi hutang (leverage) sumberdaya yang dimiliki (asset) dan dapat meningkatkan jumlah penjualan untuk mendapatkan tingkat pengembalian (laba) yang diinginkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh pengungkapan pertanggungjawaban sosial perusahaan leverage perusahaan size/ ukuran perusahaan growth penjualan terhadap kinerja perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2007-2008. Penelitian ini menggunakan sample perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2007 sampai tahun 2008. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling dan diperoleh 16 sampel perusahaan yang memenuhi kriteria-kriteria yang ditentukan. Alat analisis yang digunakan untuk menguji hipotesis dalam penelitian ini adalah regresi linear berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggungkapan pertanggungjawaban perusahaan leverage dan size perusahaan secara parsial tidak berpengaruh sama sekali terhadap variable terikat yaitu ROE. Sedangkan pertumbuhan penjualan (growth) mempunyai pengaruh yang negatif terhadap kinerja perusahaan (ROE). Pihak manajemen dan investor harus lebih memperhatikan tentang social contract untuk keuntungan jangka panjang. Pihak manajemen juga diharapkan untuk menggunakan ISO 26000 sebagai dasar penggungkapan corporate social responsibility dan lebih berhati-hati dalam menentukan dan mengelola financial leverage.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Akuntansi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 14 Jul 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/36348

Actions (login required)

View Item View Item