Putri, Silvia Nilam Aprila (2010) Pengaruh pengungkapan corporate social responsibility dalam laporan tahunan terhadap kenaikan volume penjualan saham pada perusahaan high profile yang listing di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada tahun 2008 / Silvia Nilam Aprila Putri. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata Kunci corporate social responsibility volume penjualan saham Persaingan yang semakin ketat dalam dunia usaha dan semakin berkembangnya tekhnologi mengakibatkan perusahaan hanya melakukan kegiatan operasinya sebagai organisasi bisnis dan seringkali lupa akan fungsinya sebagai organisasi sosial. Dalam menjalankan bisnisnya perusahaan seharusnya mampu memenuhi tuntutan masyarakat dan stakeholders lainnya sebagai organisasi yang telah melaksanakan tanggung jawab sosialnya dan mengungkapkannya dalam laporan tahunan perusahaan yang akan digunakan stakeholders dalam pengambilan keputusan investasinya pada perusahaan tersebut yang akan berpengaruh terhadap kenaikan volume penjualan saham perusahaan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh pengungkapan tanggung jawab sosial perusahaan (corporate social responsibility) dalam laporan tahunan perusahaan terhadap kenaikan volume penjualan saham. Berdasarkan metode purposive sampling telah diperoleh 30 sampel dari 213 populasi perusahaan high profile yang listing di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada tahun 2008. Variabel terikat (dependent) dalam penelitian ini adalah volume penjualan saham sedangkan variabel bebasnya (independent) adalah pengungkapan corporate social responsibility. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan uji asumsi klasik berupa uji normalitas dan uji regresi sederhana. Pada pengujian hipotesis diperoleh hasil bahwa pengungkapan corporate social responsibility dalam laporan tahunan tidak berpengaruh terhadap kenaikan volume penjualan saham yang ditunjukkan dengan angka signifikansi sebesar 0 47 yang berarti lebih dari 0 05. Penelitian ini juga menunjukkan koefisien regresi sebesar -0 003 yang berarti apabila pengungkapan tanggung jawab sosial bertambah 1 maka volume penjualan saham menurun sebesar 0 003%. R Square yang menunjukkan angka 0 018 menggambarkan bahwa indeks pengungkapan tanggung jawab sosial perusahaan memiliki pengaruh 1 8% terhadap kenaikan volume penjualan saham dan 98 2% lainnya dipengaruhi oleh faktor luar. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disarankan agar pada penelitian selanjutnya menggunakan sampel yang lebih luas sehingga hasilnya akan lebih mencerminkan keadaan pasar modal di Indonesia dan menambahkan variabel lain yang potensial berpengaruh terhadap volume penjualan saham.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Akuntansi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 28 Sep 2010 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2010 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/36263 |
Actions (login required)
View Item |