Studi korelasi prestasi mata pelajaran akuntansi dengan prestasi pendidikan sistem ganda (PSG) siswa kelas III Jurusan Keuangan Program Akuntnasi SMK Negeri I Sumenep tahun pelajaran 2002/2003 oleh Elli - Repositori Universitas Negeri Malang

Studi korelasi prestasi mata pelajaran akuntansi dengan prestasi pendidikan sistem ganda (PSG) siswa kelas III Jurusan Keuangan Program Akuntnasi SMK Negeri I Sumenep tahun pelajaran 2002/2003 oleh Elli

Elli (2010) Studi korelasi prestasi mata pelajaran akuntansi dengan prestasi pendidikan sistem ganda (PSG) siswa kelas III Jurusan Keuangan Program Akuntnasi SMK Negeri I Sumenep tahun pelajaran 2002/2003 oleh Elli. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

C bekerjad alam bidangt ertentu.D engand emikian penekananp endidikan kcjuruan ini adalah kepada para lulusannya agar mampu dan dapat bekerja pada bidangp ekerjaante rtentus esuadi enganju rusannya. Dalamm enghadapeir ag lobalisasiin i lembagap endidikank ejuruanm endapat sorotanta jam dari berbagapi ihak khususnyap ihak lembagad unia usaha/industri karena secara umum kualitas lulusannya belum mampu memenuhi kebutuhan pasarank erja di lapanganle mbagad unia usaha/industriM. elihat fenomenay ang demikanP emerintahle wat Menteri PendidikanN asionalm enggulirkank urikulurn SMK 1994h al ini juga diberlakukannyad ual system( PendidikanS istemG anda) terhadap lembaga pendidikan tersebut. PSG merupakan suatu bentuk penyelenggarapaenn didikank eahlianp rofesionayl angm emadukans ecaras istematik dan sinkron program pendidikand i sekolahd an program penguasaank eahlian atau keterampilanya ng didapatm elalui beke a langsungd i dunia kerja/industri g una mencapatiin gkatk eahliante rtentud anm enumbuhkasni kapp rofesional. Mengacu pada hal di atas mata pelajaran akuntansi yang merupakan paket keahlianya ngd iajarkand i SMK khususnyad i kelasI II hal ini merupakang abungan dari sub mata pelajaran akuntansi yang terdiri dari akuntansi keuangan akuntansi biaya k operasi m enejemenk euangans erta perpajakanT. ujuan utamanyaa dalah untukm eningkatkaknu alitasm utu keahliand anp rofesis iswad alamh al pengetahuan akuntansiD engand emikian penelitiani ni mencobau ntuk mengkaji bagaimana korelasip restasmi ata pelajarana kuntansid enganp restasiP SG dan berapab esar kontribuspi restasmi atap elajarante rsebutte rhadapP SG. Terkait dengan jenis penelitian yang digunakan ialah penelitian deskriptif korelatf Adapund atay ang diteliti sebanyak7 5 siswak elasI II yaitu kelasI II Akt.1 dan Akt.2 sedangkante knik pengambiland atanyaa dalaht eknik wawancarad an dokumentasiA. nalisis data yang digunakana dalaha nalisisk orelasi dan regresi sederhanaD. enganm enggunakanp rogram .SPS /S0 .00 Windowsd iperoleh hasil analisisb ahwa korelctslm ata pelajarana kuntansid enganp restasiP SG sebesarr 0 552 angka sebesar 0 552 jika dikonfirmasikan dengan tabel koe/isien korelasi angka tersebut tergolong kategori sedang. Artinya tingkat pemahaman dan penguasaasni swat erhadapm aterim ata pelajarana kuntansdi enganP SGa da suatu keseimbangabna ik secarate ori ataupunp raktiknyad i lembagad uniau saha/indust.ri Untuki tu dapatd ikatakana da korelasip ositif yang signifikan a tara prestasmi ata pelajarana kuntansdi enganp restasiP SG artinya semakint inggi nilai prestasmi ata pelajaraank untansmi akas emakinti nggi pula prestasPi SGy angd iperolehs iswa. Untuk mengetahui seberapa besar kontribusi mata pelajaran akuntansi terhadapp restasPi SG denganm enggunakana nalisisr egresi sederhanad iperoleh hasily aitu R sebesa0r 305 atau 30 5o/oH. al ini berarti pengaruhk ontribusim ata pelajarana kuntansit erhadapp restasiP SG sebesar3 0 5% sedangkans elebihnya 69 5% dipengaruhi oleh variabel lain di luar mata pelajaran akuntansi sep rti mata pelajaranm anajemenp erkantoran a dministrasip erkantoran t eknologi perkantoran mengetikd an lainlain. Terkait dengana nalisis itu juga didapat persamaanr egresi linier Y 4 993 0 485 X dengan demikian berarti koefisien mata pelajaran akuntrnsi sebesar0 485. Artinya jika penambahan1 nilai prestasi mata pelajaran rkr hnsi (variabel X) maka akan meningkatkan prestasi PSG (variabel Y) sebesar 06ts. vi

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Akuntansi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 04 Sep 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/36245

Actions (login required)

View Item View Item