Pengaruh timing pemberian tugas terhadap prestasi belajar pada mata pelajaran akuntnasi di Madrasah Aliyah Al-Bukhary Sampang oleh Subari - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh timing pemberian tugas terhadap prestasi belajar pada mata pelajaran akuntnasi di Madrasah Aliyah Al-Bukhary Sampang oleh Subari

Subairi (2010) Pengaruh timing pemberian tugas terhadap prestasi belajar pada mata pelajaran akuntnasi di Madrasah Aliyah Al-Bukhary Sampang oleh Subari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Upaya meningkatkan kualitas pendidikan secara optimal dapat tercapai melalui pembenahanb erbagaik omponenp endidikan sepertik urilnrlum proses pernbelajaranp rofesionalismeg trru p engadaans aranad an prasaranab elajar penataans istemo rganisasid an manajemenp endidikan. Penyempumaanp roses pembelajarany ang metiputi sistemp enilaiand an metodep anbelajaran berhubungan dengan prestasi belajar siswa dan prestasi belajar merupakan ukuran keberhasilanp rosesp endidikan yang telah dilahrkan. Penelitiani ni dimaksudkan untuk mengetahupi erbedaanp restasbi elajard enganm etodep embelajarayna ng berbeda. Ragamm etodep engajarany angd iteliti adalahp emberiantu gas sebelumm ateri diajarkan dan sesudahm ateri diajarkan. Metode penelitian yang digrurakan adalah eksperimen populasi penelitian adalah siswa kelas II Madrasah Aliyah Al-BulJrary Sampang sebanyak 3 (tiga) kelas sejwnlah 135 siswa dengan sampel 90 siswa yang terbagi menjadi 2 (dua) kelas yaitu kelas IIa dan ttb Pengumpuland atam enggrurakanin sfiumen tugas dan dokumentasi.A nalisis data menggunakan uji kualitas data dengan uji statistik korelasi polll biserial dut cronbach alpha nilaiprestasi belajar diuji dengan statistik diskiptit uji homoginitas varians sampel dengan uji statistik F dan uji hipotesis dengan t s . Hasil analisis menunjukkan rata-rata kemampuan awal kelompok siswa yang diberi tugas sebelum materi diajarkan (81) lebih tinggi dibandingkan kelompoks iswayangd iberi tugass esudahm aterid iajarkan( Ez)y aitu 80 dibandingftan 78 89. Adapun prestasi belajar akhir menunjukkan rata-rata kelompok (Er) lebih tinggi dibandingkan kelompok (Ez) yaitu 86 67 dibandingkan 83 11. Hasil uji homoginitas menurjukkan bahwa ke 2 (dua) kelompok berbeda dengan nilai probabilitas lebih besar dari 0 05. Sedangkan dari hasil uji beda t t probabilitas 0 337 tebih besar dari 0 05 mengindikasikan ada perbedaan berartilsigrrifikan diantara kelompok (Er) dan (E2) hal ini diperkuat oleh nilai rata-rata prestasi betajar kedua kelompok. Sehingga dapat disimpulkan bahwa metode pemberian tugas sebelum diajarkan lebih baik dibandingkan metode pemberiant ugas sesudahm ateri diajarkan. Hal tersebutd itunjukkan oleh nilai rata-rata prestasi belajar diantara kedua kelompok yang berbeda secara sigrrifikmr. Adapun bagi penelitian selanjutnya dengan topik metode pemberian fugas harus memperhatikank ondisi ( I ) Pernberiantu gas sebelurnd an sesudahm ateri diajarkan dapat meningkatkan prestasi belajar akrmtansi sehingga pernberian tugas sebelumd an sesudahp embelajarana kuntansis ebagaki omponens trategi pembelajarany ang dapat diterapkanp adak egiatanp embelajarana kuntansi g rna meningkatkan prestasi belajar akrmtansi sisw4 (2) Hasil penelitian tidak dapat digunakan untuk menyimpulkan efektifitas metode mengajar pada MA Al Bukharys ecarak eselumhans e hinggap engujiand engans ampeyl angb erbeda padapopulasil ebih luas perlu dilaktkan (3) Penggunaanb ahana jar akuntansi lebihl uas/topikb ahasanla in d iterapkanp adak elasI atauk elasI II denganm ateri akuntansyi ang berbeda ( 4) Waku pelaksanaane ksperimenp erlu diperpanjang untuk populasi lebih besar dan bahan ajar lebih luas. Penilaian prestasi belajar tidak hanya dilihat dari aspek kognitifsaja tapi dapat dilihat dari aspek affektif (sikap) dan psikomotorik (keterampilan) selain itu perlu diteliti aspek - aspek seperti lingkungan kesehatan dan motivasi sehingga penelitian selanjutnya dapat melakukana nalisisf aktor - faktor yang mernpengaruhpi restasi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Akuntansi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 04 Sep 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/36238

Actions (login required)

View Item View Item