Pengaruh corporate social respnsibility disclosure terhadap earning response coefficient pada perusahaan manufaktur yang listing di bursa efek Indonesia / Muhmmad Fakhrul Hidayat - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh corporate social respnsibility disclosure terhadap earning response coefficient pada perusahaan manufaktur yang listing di bursa efek Indonesia / Muhmmad Fakhrul Hidayat

Hidayat, Muhmmad Fakhrul (2010) Pengaruh corporate social respnsibility disclosure terhadap earning response coefficient pada perusahaan manufaktur yang listing di bursa efek Indonesia / Muhmmad Fakhrul Hidayat. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Hidayat Muhammad Fakhrul. Pengaruh Corporate Social Responsibility Disclosure terhadap Earning Response Coefficient pada Perusahaan Manufaktur yang Listing pada Bursa Efek Indonesia. Skripsi Jurusan Akuntansi FE Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Sri Pujiningsih S.E M.Si. Ak. Pembimbing (II) Dra. Hj. Sutatmi S.E. M.Pd. M.Si. Ak. Kata kunci pengungkapan sosial perusahaan (CSR) earning response coefficient (ERC) Investor membutuhkan informasi-informasi perusahaan untuk melakukan pertimbangan investasi. Informasi-informasi tersebut baik berupa keuangan atau informasi non keuangan perusahaan seperti informasi sosial yang telah dilakukan perusahaan. Dengan adanya informasi tersebut diharapkan mampu merespon informasi tersebut sebagai bahan pertimbangan investasi sehingga dapat memberikan return saham yang diharapkan investor. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Corporate Social Responsibility Disclosure (CSR) terhadap Earning Response Coefficient (ERC). Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode analisis regresi berganda dengan variabel moderating dengan uji interaksi. Sampel yang digunakan sebanyak 42 perusahaan selama tahun 2005-2007 yang listing di BEI. Berdasarkan hasil penelitian dengan analisi regresi berganda dengan menggunakan metode moderating dengan uji interaksi dengan melihat koefisien 3 61538 yang merupakan koefisien moderating tidak ditemukan bahwa CSR disclosure berpengaruh negatif terhadap ERC. Dengan hasil tersebut pengungkapan CSR tidak dapat melemahkan koefisien regresi antara earnings dan return (ERC) karena investor belum memperhatikan inforrmasi-informasi sosial yang diungkapkan perusahaan dalam laporan tahunan sebagai informasi yang dapat mempengaruhi dalam melakukan keputusan investasi. Informasi sosial yang diungkapkan perusahaan tidak mampu memberikan informasi dan belum dianggap lebih bermanfaat daripada informasi laba untuk menilai perusahaan sehingga tidak dapat dianggap mampu memberikan informasi untuk mendapatkan return saham yang diharapkan oleh investor. Berdasar hasil penelitian dapat disarankan sebagai berikut (1) para investor yang akan melakukan investasi hendaknya mempertimbangkan informasi-inforamsi sosial yang diungkapkan pihak manjemen (2) perusahaan manufaktur sebaiknya tetap secara konsisten melakukan aktivitas sosial dan lingkungan serta melakukan pengungkapan sebagai nilai tambah perusahaan (3) untuk peneliti selanjutnya yang ingin meneliti penelitian sejenis diharapkan menggunakan jenis perusahaan yang lain selain manufaktur dan memperbanyak jumlah sampel serta mengembangkan permasalahan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Akuntansi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 24 Mar 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/36166

Actions (login required)

View Item View Item