Santika, Ekwi Soni (2010) Pengujian model brand image sebagai variabel moderating melalui pengukuran tanggung jawab sosial perusahaan terhadap going concern (studi kasus pada perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2005-2007) / Ekwi Soni Santika. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Santika Ekwi Soni. 2009. Pengujian Model Brand Image Sebagai Variabel Moderating Melalui Pengukuran Tanggung Jawab Sosial Perusahaan Terhadap Going Concern Studi Kasus Pada Perusahaan Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2005 2007. Skripsi Program Studi S1 Akuntansi Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Puji Handayati SE. MM. Ak (II) Triadi Agung Sudarto SE. M.Si. Ak. Kata Kunci brand image tanggung jawab sosial perusahaan going concern.. Perkembangan dunia bisnis saat ini membuat perusahaan berhadapan dengan stakeholder yang kritis sehingga perusahaan tidak hanya memperhatikan stockholders dan bondholders melainkan stakeholder juga. Hal ini menuntutnya untuk melakukan suatu tindakan sebagai wujud pertanggungjawaban akan dampak yang ditimbulkan dengan melakukan tanggung jawab sosial perusahaan. Adapun manfaat yang ditimbulkan adalah munculnya citra positif (brand image) dari masyarakat brand image dimana memberi efek pada peningkatan nilai penjualan produk dari korporasi. Dalam jangka panjang hal ini akan berpengaruh pada perluasan pangsa pasar dan keberlanjutan suatu perusahaan (going concern). Penelitian ini bertujuan untuk menguji apakah brand image merupakan variable moderating melalui pengukuran tanggung jawab sosial terhadap going concern. Serta melihat apakah semakin tinggi tanggung jawab sosial dan brand image akan berpengaruh terhadap semakin tingginya going concern. Data yang digunakan adalah data sekunder berupa data laporan laba/rugi penjualan dan laporan tanggung jawab sosial pada annual report. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan yang listing di Bursa Efek Indonesia tahun 2005-2007 sebanyak 393 perusahaan. Sampel yang digunakan berjumlah 39 perusahaan. Analisis data yang digunakan adalah Uji Moderated Regression Analysis (MRA) uji residual dan regresi linear. Hasil penelitian ini dengan menggunakan uji residual menunjukkan bahwa brand image bukan menjadi variabel moderating melainkan menjadi variabel independen. Dari hasil tersebut untuk melihat pengaruhnya dilakukan uji regresi linear dimana hasilnya menunjukkan secara parsial tanggung jawab sosial perusahaan dan brand image berpengaruh positif terhadap going concern. Serta secara simultan berpengaruh signifikan terhadap going concern. Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan bagi seluruh perusahaan untuk mengimplementasikan tanggung jawab sosial secara konsisten dan dalam waktu yang panjang serta sesuai dengan tujuannya sehingga manfaatnya yaitu munculnya brand image dapat dirasakan dimana berdampak pada going concern. Selain itu bagi peneliti selanjutnya disarankan menggunakan teknik pengumpulan angket atau kuisioner kepada konsumen sebagai alat ukur brand image. Dan meneliti perusahaan yang telah melaksanakan tanggung jawab sosial selama lebih dari 10 tahun
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Akuntansi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 15 Feb 2010 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2010 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/36142 |
Actions (login required)
View Item |