Fauzy, Ahmad (2010) Penerapan penilaian mata pelajaran ekonomi menurut kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP) di SMA Negeri 10 Kota Malang / Ahmad Fauzy. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Fauzy Ahmad. 2009. Penerapan Penilaian Mata Pelajaran Ekonomi Menurut Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) di Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 10 Kota Malang. Skripsi Jurusan Akuntansi Program Studi S-1 Pendidikan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing 1) Dra. Supari M.P. 2) Ika Putri Larasati S.E. MCom. Kata kunci Penilaian Mata Pelajaran Ekonomi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). SMAN 10 Malang merupakan sekolah yang belum lama berdiri yaitu tahun 1999 kemudian tahun 2009/2010 resmi menjadi sekolah Internasional tentunya menjadi beban bagi sekolah untuk membuktikan kualitasnya. Ketentuan pemerintah menyebutkan bahwa tahun 2009/2010 semua sekolah sudah harus menerapkan KTSP maka tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui kesesuaian antara proses penilaian belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi dengan panduan/prosedur penilaian berdasarkan KTSP. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitataif studi kasus dengan menggunakan analisis data model Miles dan Huberman (1984) dalam Sugiyono (2008 91-99) proses analisisnya Reduksi Data Penyajian Data dan Verifikasi. Uji keabsahan datanya Uji Kredibilitas (Perpanjangan pengamatan Meningkatkan ketekunan Triangulasi Analisis khusus negatif Menggunakan bahan referensi dan Mengadakan member check) Pengujian Transferability Pengujian Depenability Pengujian Konfirmability. Adapun sumber data dalam penelitian ini adalah Guru Ekonomi Siswa dan Bagian Kurikulum. Metode penilaian yang dilakukan oleh guru ekonomi 1 adalah Tes Tertulis Observasi Penugasan Tes Lisan (tidak sesuai KTSP) dan Penilaian Portofolio. Guru ekonomi 2 adalah Tes Tertulis Observasi (tidak sesuai KTSP) dan Penugasan. Guru ekonomi 3 adalah Tes Tertulis Observasi Penugasan dan Tes Lisan (tidak sesuai KTSP). Kesimpulan yang dapat diambil yaitu (1) Teknik penilaian tes tertulis semua guru ekonomi sesuai dengan BSNP. (2) Teknik penilaian observasi ekonomi 1 sesuai dengan BSNP. (3) Teknik penilaian penugasan semua guru ekonomi sesuai dengan BSNP. (4) Teknik penilaian tes lisan semua guru ekonomi tidak sesuai dengan BSNP. (5) Teknik penilaian portofolio guru ekonomi 1 sesuai dengan BSNP. Adapun saran-saran yang dapat disampaikan berkaitan dengan hasil penelitian ini yaitu (1) Para guru ekonomi berkenan melaksanakan masing-masing teknik penilaian yang maksimal (2) Para guru ekonomi berkenan melengkapi ketentuan teknik penilaian yang disarankan dalam KTSP yaitu yang sesuai dengan BSNP (3) Dalam penelitian ini hanya dijelaskan teknik penilaian saja diharapkan untuk penelitian yang akan datang peneliti lain juga membahas aspek yang diukur yaitu aspek kognitif afektif dan psikomotorik (4) Pengujian Dependability pada pengecekan keabsahan temuan hanya diaudit oleh pembimbing saja diharapkan untuk penelitian selanjutnya peneliti lain berkenan hasil penelitiannya untuk diaudit oleh orang-orang yang kompeten dibidangnya.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Akuntansi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 15 Mar 2010 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2010 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/36105 |
Actions (login required)
View Item |