Putra, Adi Nugraha Purna (2009) Pengaruh karakteristik perusahaan terhadap tingkat pengungkapan informasi sosial dalam laporan tahunan perusahaan / Adi Nugraha Purna Putra. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Putra Adi Nugraha Purna. 2009. Pengaruh Karakteristik Perusahaan Terhadap Tingkat Pengungkapan Informasi Sosial Dalam Laporan Tahunan Perusahaan. Skripsi Jurusan S1 Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Sriyani Mentari S.Pd. M.M (II) Helianti Utami SE. M.Si. Ak. Kata Kunci karakteristik perusahaan pengungkapan informasi sosial Pelaporan informasi sosial perusahaan adalah proses komunikasi pengaruh sosial dan lingkungan yang ditimbulkan oleh aktivitas perusahaan kepada masyarakat luas. Salah satu cara untuk mengkomunikasikan pertanggungjawaban sosial perusahaan adalah dengan melakukan pengungkapan informasi sosial dalam laporan tahuan. Karakteristik dalam penelitian ini yaitu ukuran perusahaan profitabilitas dan umur perusahaaan dapat menjelaskan variasi tingkat pengungkapan informasi sosial. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh karakteristik perusahaan terhadap tingkat pengungkapan informasi sosial perusahaan dalam laporan tahuanannya. Sampel yang digunakan dalam penelitain ini adalah 25 perusahaan yang bergerak dalam sektor agribisnis pertambangan industri dasar dan kimia otomotif barang konsumsi transportasi telekomunikasi dan pariwisata dan telah terdaftar di BEI tahun 2006-2007. Pengambilan sampel berdasarkan metode purposive propotionated random sampling. Teknik yang digunakan untuk pengumpulan data dalam penelitian ini adalah menggunakan metode Content Analysis sedangkan pengolahan dan analisa data menggunakan software SPSS Versi 15.00 Dari hasil penelitian menunjukkan persamaan regresi sebagai berikut PS 26 383a 0 00000046Size 0 374ROA 0 009ROE 0 063AGE e. Secara simultan ada pengaruh yang signifikan faktor-faktor ukuran perusahaan profitabilitas dan umur perusahaan terhadap tingkat pengungkapan informasi sosial perusahaan. Bila dilihat dari Adjusted R square pengaruh tersebut sebesar 48 7 % sedangkan sisanya sebesar 42 3 % di pengaruhi faktor-faktor lain. Secara parsial hanya ukuran perusahaan yang berpengaruh secara signifikan. Sedangkan profitabilitas dan umur tidak berpengaruh secara signifikan terhadap tingkat pengungkapan sosial. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu praktek pengungkapan tanggung jawab sosial yang dilaksanakan masih rendah karena rata-rata perusahaan hanya mengungkapkan sebanyak 37 % dari total pengungkapan. Dalam penelitian selanjutnya sebaiknya disempurnakan dengan dengan menambah periode penelitian yang lebih panjang dan memperbanyak variabel independen perusahaan yang diteliti akan lebih baik bukan perusahaan high profile saja tetapi juga terhadap seluruh perusahaan yang terdaftar maupun yang belum terdaftar dalam BEI. Bagi pihak manajemen perusahaan hendaknya memperhatikan praktik pengungkapan sosial sebagai salah satu strategi untuk memasuki pasar global yang menuntut produk perusahaan yang ramah lingkungan sosialnya.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Akuntansi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 21 Jul 2009 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2009 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/36081 |
Actions (login required)
View Item |