Implementgasi program teacher exchange dalam meningkatkan profesionalisme guru di MAN 3 Malang / Royan Khusnul Arief - Repositori Universitas Negeri Malang

Implementgasi program teacher exchange dalam meningkatkan profesionalisme guru di MAN 3 Malang / Royan Khusnul Arief

Arief, Royan Khusnul (2013) Implementgasi program teacher exchange dalam meningkatkan profesionalisme guru di MAN 3 Malang / Royan Khusnul Arief. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Arief Royan Khusnul. 2013. Implementasi Program Teacher Exchange dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru di MAN 3 Malang. Skripsi Jurusan Administrasi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Djum Djum Noor Benty M.Pd (II) R. Bambang Sumarsono S.Pd M.Pd. Kata kunci implementasi program teacher exchange profesionalisme guru Madrasah Aliyah Negeri (MAN) sebagai lembaga pendidikan di bawah naungan Kementerian Agama (Kemenag) dapat melakukan pengembangan keprofesionalan guru. Hal ini dikarenakan pihak madrasah lebih tahu kebutuhan peningkatan sumber dayanya. Oleh sebab itu ranah pengembangan profesionalisme guru yang diimplementasikan adalah berbasis lembaga. Salah satu program pengembangan guru berbasis lembaga yakni Program Teacher Exchange (TEX). TEX adalah program pertukaran guru yang dilakukan antara suatu madrasah/sekolah dan madrasah/sekolah lain baik dilaksanakan di dalam negeri maupun ke luar negeri. Program pertukaran guru ini sangat bermanfaat untuk menunjang profesionalisme guru karena guru dapat memperoleh pengalaman lebih banyak dengan mengajar di tempat yang memiliki kultur dan kedaan sosial yang berbeda. Tujuan penelitian ini (1) mendeskripsikan profil Program TEX di MAN 3 Malang (2) menjelaskan indikator keberhasilan implementasi Program TEX di MAN 3 Malang (3) mendeskripsikan langkah-langkah implementasi Program TEX di MAN 3 Malang (4) menjelaskan faktor pendukung keberhasilan dalam implementasi Program TEX di MAN 3 Malang (5) menjelaskan faktor penghambat dalam implementasi Program TEX di MAN 3 Malang dan (6) menjelaskan alternatif pemecahan masalah dalam implementasi Program TEX di MAN 3 Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis rancangan studi kasus. Prosedur pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini yaitu wawancara observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data display data dan verifikasi data. Kesimpulan penelitian ini (1) profil Program TEX di MAN 3 Malang. Pada Program TEX dalam negeri dilaksanakan sebanyak dua kali yakni di MAN 4 Jakarta dan MAN Insan Cendekia Gorontalo. Waktu pelaksanaan Program TEX dalam negeri pada Bulan November 2011. Latar belakang program ini yakni didasari oleh keinginan MAN 3 Malang untuk meningkatkan SDM dan atas prakarsa MAN 3 Malang. Penanggung jawab program ini adalah pihak Penjaminan Mutu Madrasah (PMM). Anggaran biaya berasal dari kerja sama antar madrasah pertukaran. Guru yang telah melaksanakan program ini sebanyak dua orang guru yakni guru Bahasa Inggris dan Matematika. Materi yang diajarkan sesuai dengan bidang studi guru. Program TEX luar negeri dilaksanakan sebanyak satu kali di Aquinas College Queensland Australia. Waktu pelaksanaan pada Bulan Maret 2011. Latar belakang program ini yaitu didasari atas penunjukan MAN 3 Malang oleh Kemenag untuk mengikuti program pertukaran guru yang dilaksanakan oleh Bridge Project. Penanggung jawab oleh pihak Asia Education Foundation sebagai manajer Bridge Project. Anggaran biaya berasal dari Australia Indonesia Institute The Myer Foundation dan Australia Indonesia Partnership. Guru yang telah melaksanakan sebanyak dua orang guru yakni guru Bahasa Inggris. Materi yang diajarkan guru tentang Bahasa dan Budaya Indonesia (2) indikator keberhasilan implementasi Program TEX di MAN 3 Malang diantaranya bertambahnya wawasan dan pengetahuan guru kompetensi guru meningkat pengalaman guru bertambah guru semakin disiplin dalam bekerja dan adanya peran tambahan guru terkait urusan manajerial madrasah bertambahnya relasi guru guru mendapat pengetahuan tentang bahasa dan budaya baru adanya sharing pengalaman antara guru dan madrasah dapat mengadopsi program sekolah pertukaran (3) langkah-langkah implementasi program TEX di MAN 3 Malang. Pada Program TEX dalam negeri yaitu (a) perencanaan yang berawal dari evaluasi diri madrasah (b) pertemuan kepala madrasah secara informal (c) penentuan guru (d) penentuan target (e) memberikan kompensasi atau kesejahteraan guru (f) guru menyiapkan keperluan fisik dan psikologis (g) monitoring (h) evaluasi dan (i) melakukan tindak lanjut. Untuk Program TEX luar negeri antara lain (a) menyiapkan profil madrasah dan profil guru (c) mengisi borang pendaftaran di laman Bridge serta meng-upload profil madrasah dan profil guru di laman tersebut (d) guru mengikuti tes interview dan writing (e) guru mendapat uang saku biaya akomodasi perjalanan dan biaya untuk kebutuhan sehari-hari dari pihak Bridge (f) guru sebelum berangkat menyiapkan keperluan secara fisik dan psikologi (g) monitoring dilakukan langsung oleh pihak Asia Education Foundation dan setelah selesai program melaporkan ke kantor Kemenag wilayah Jawa Timur (h) evaluasi Program TEX menghasilkan untuk merealisasikan hubungan lebih intensif dengan pihak Aquinas College dan (i) tindak lanjut dari program ini adalah menjadikan Aquinas College sebagai sister school menjalin komunikasi melalui wikispace dan mengadopsi beberapa Program Aquinas College (4) faktor pendukung keberhasilan implementasi program TEX terdiri atas faktor internal dan faktor ekternal. Adapun tokoh kunci dalam pelaksanaan Program TEX ini adalah kepala madrasah Kemenag dan pihak Asia Education Foundation (5) faktor penghambat dalam implementasi program ini adalah mengenai budgeting pergantian kepala madrasah faktor kesiapan guru dan hambatan pengelolaan kelas dan (6) alternatif pemecahan masalah untuk menangani hal ini yakni dengan rapat mendirikan usaha madrasah menggunakan metode team teaching dan berkomunikasi secara efektif. Saran yang dapat diberikan (1) bagi Kepala MAN 3 Malang hendaknya dapat menindaklanjuti Program TEX pada setiap tahun ajaran (2) bagi Guru MAN 3 Malang dapat lebih menyiapkan diri apabila ditunjuk untuk mengikuti Program TEX (3) bagi para Dosen dan Ketua Jurusan Administrasi Pendidikan hendaknya dapat berkontribusi dalam Program TEX ini hal ini akan menambah kajian mengenai Program TEX yang termasuk pengembangan manajemen sumber daya manusia di bidang pendidikan (4) bagi Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan dapat menjadi perbaikan pelaksanaan Program TEX di lembaga pendidikan formal yang dinaunginya (5) bagi Kepala Kementerian Agama dapat melakukan monitoring terhadap pelaksanaan Program TEX luar negeri dan pada Program TEX dalam negeri dapat sebagai masukan untuk memperbaiki kualitas guru madrasah dan (6) bagi peneliti lain hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai salah satu sumber rujukan dalam melakukan penelitian sejenis.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 10 Dec 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/3563

Actions (login required)

View Item View Item