Peran warga sekolah dalam penerapan pendidikan lingkungan hidup (studi kasus di SDN Dinoyo 2 Malang / Kurnia Cia Lusty - Repositori Universitas Negeri Malang

Peran warga sekolah dalam penerapan pendidikan lingkungan hidup (studi kasus di SDN Dinoyo 2 Malang / Kurnia Cia Lusty

Lusty, Kurnia Cia (2013) Peran warga sekolah dalam penerapan pendidikan lingkungan hidup (studi kasus di SDN Dinoyo 2 Malang / Kurnia Cia Lusty. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Lusty Kurnia Cia. 2013. Peran Warga Sekolah dalam Penerapan Pendidikan Lingkungan Hidup (Studi Kasus di SDN Dinoyo 2 Malang). Skripsi Jurusan Administrasi Pendidikan FIP Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Maisyaroh M.Pd (2) R. Bambang Sumarsono M.Pd. Kata Kunci peran warga sekolah pendidikan lingkungan hidup. 12288 12288 12288 12288 Pendidikan Lingkungan Hidup (PLH) dikembangkan sebagai salah satu upaya untuk mengatasi degradasi lingkungan dengan mempersiapkan sumber daya manusia berkualitas yang memiliki kemampuan untuk mengelola lingkungan dengan baik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengetahuan pemahaman persepsi dan motivasi kepala sekolah guru dan siswa serta dukungan orangtua mempengaruhi penerapan PLH. Penerapan PLH yang dikembangkan adalah suatu bentuk konseptual yang menunjukkan hubungan kerjasama saling menguntungkan antar dua pihak atau lebih (sekolah pemerintah swasta dan masyarakat) untuk mencapai tujuan pembelajaran PLH Peran warga sekolah dalam penerapan PLH di sekolah pada dasarnya dapat bersifat aktif maupun inaktif Sekolah sebagai pusat dari jejaring kerjasama dalam penerapan PLH dengan kunci penentu kapasitas kepemimpinan kepala sekolah dan guru sebaiknya memiliki inisiatif untuk membangun kemitraan atau kerjasama perguruan tinggi dan LSM berperan dalam memberikan pendampingan serta pendukung bagi terbangunnya jejaring kemitraan tersebut. 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran warga sekolah dalam penerapan pendidikan lingkungan hidup di Sekolah Dasar Negeri (SDN) Dinoyo 2 Malang antara lain (1) peran kepala sekolah dalam penerapan pendidikan lingkungan hidup di SDN Dinoyo 2 Malang (2) peran guru dalam penerapan pendidikan lingkungan hidup di SDN Dinoyo 2 Malang (3) peran siswa dalam penerapan pendidikan lingkungan hidup di SDN Dinoyo 2 Malang dan (4) faktor pendukung dan penghambat dalam penerapan pendidikan lingkungan hidup di SDN Dinoyo 2 Malang. 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah meliputi (1) observasi (2) wawancara dan (3) dokumentasi. Pengambilan data diperoleh dari informan yang terdiri dari kepala sekolah guru dan siswa. Analisis data dilakukan dengan cara (1) reduksi data (2) penyajian data dan (3) penarikan kesimpulan. Keabsahan data dilakukan dengan (1) perpanjangan keikutsertaan (2) ketekunan pengamatan dan (3) triangulasi. 12288 12288 12288 12288 Hasil yang diperoleh dari penelitian ini meliputi (1) peran kepala sekolah dalam penerapan kegiatan PLH adalah sebagai pemimpin manajer edukator dan motivator (2) peran guru dalam penerapan PLH adalah sebagai pendidik dan pembimbing siswa di dalam kelas (3) peran siswa yang tampak dalam kegiatan PLH di sekolah adalah sebagai subjek pelaksana kegiatan atau program-program sekolah dalam menyalurkan kreativitas dan pendapat pelaku untuk mewujudkan tujuan sekolah berwawasan lingkungan (4) faktor pendukung dalam pelaksanaan kegiatan PLH adalah dukungan dari Pemerintah Kota Malang dalam penyelenggaraan sekolah Adiwiyata Dinas Kebersihan Kota Malang membantu dalam sosialisasi kebersihan lingkungan Lembaga Tunas Hijau mengadakan organisasi cinta lingkungan yang disebut Laskar Hijau UPT Puskesmas Dinoyo memantau kebersihan dan kesehatan makanan yang dijual di sekolah serta dari orangtua siswa sedangkan faktor penghambatnya adalah lahan sekolah sempit kurangnya sarana dan prasarana yang memadai kurang kesadaran dari guru dan siswa tentang kebersihan lingkungan. 12288 12288 12288 12288 Berdasarkan kesimpulan peneliti maka disarankan (1) bagi kepala sekolah mampu memberikan program-program yang menunjang kemajuan sekolah terutama dalam bidang lingkungan hidup dan meningkatkan lebih banyak kerjasama dengan berbagai pihak (2) bagi guru yaitu lebih mampu menguasai materi pendidikan lingkungan yang mengandung nilai-nilai peduli dan berbudaya lingkungan. Guru lebih aktif dan tanggap dalam permasalahan lingkungan. (3) Bagi peneliti lain diharapkan untuk dapat dijadikan bahan acuan untuk mengembangkan penelitian sejenis terutama mengenai tentang faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan kegiatan PLH sehingga memiliki referensi lebih banyak.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 26 Aug 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/3544

Actions (login required)

View Item View Item