Analisis animo siswa Sekolah Dasar (SD)/Madrasah Ibtidaiyah (MI) dalam pemilihan sekolah lanjutan tingkat pertama di Kecamatan Wlingi Blitar / Rita Fajrin Muliyasari - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis animo siswa Sekolah Dasar (SD)/Madrasah Ibtidaiyah (MI) dalam pemilihan sekolah lanjutan tingkat pertama di Kecamatan Wlingi Blitar / Rita Fajrin Muliyasari

Muliyasari, Rita Fajrin (2013) Analisis animo siswa Sekolah Dasar (SD)/Madrasah Ibtidaiyah (MI) dalam pemilihan sekolah lanjutan tingkat pertama di Kecamatan Wlingi Blitar / Rita Fajrin Muliyasari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci animo siswa memilih sekolah Setiap orang memiliki harapan untuk dapat hidup layak diakui orang lain dihargai orang lain dan sejahtera. Pendidikan dapat membawa seseorang menjadi lebih baik karena bertambahnya pengetahuan wawasan keterampilan dan semakin luasnya cara berpikir orang tersebut. Pemerintah mengharapkan agar setiap orang dapat mendapatkan pendidikan sebagai langkah awal untuk mencapai kemajuan yang diinginkan. Pemerintah menjalankan program wajib belajar Dikdas (Pendidikan Dasar) sebagai upaya mencerdaskan anak bangsa. Berdasarkan fenomena yang ada siswa dan orangtua lulusan SD/MI masih kesulitan untuk mendapatkan pilihan sekolah lanjutan. Terkait dengan hal tersebut dibutuhkan inisiatif yang dapat mempermudah orangtua dan siswa dalam memilih sekolah lanjutan yang ada. Inisiatif tersebut berupa pemetaan sekolah (school maping) yang akan membantu masyarakat untuk dapat menemukan sekolah yang akan menjadi pilihan. Pemetaan sekolah ini akan sangat membantu terutama bagi daerah yang memiliki persebaran sekolah-sekolah yang luas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Pemetaan (maping) siswa SD/MI dalam melanjutkan Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama (SLTP) (2) Animo siswa Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah (SD/MI) se-Kecataman Wlingi dalam partisipasi melanjutkan Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama (SLTP) (3) Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama di Wlingi manakah yang paling banyak diminati oleh siswa dan latar belakang dari para siswa memilih sekolah tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan rancangan penelitian deskriptif. Penetapan rancangan penelitian ini dimaksudkan untuk dapat memperoleh data tentang animo siswa dalam memilih sekolah lanjutan tingkat pertama di Kecamatan Wlingi Blitar. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa Kelas VI SD/MI Kecamatan Wlingi Blitar yang berjumlah 857 siswa yang berada di 36 sekolah sedangkan sampel dari penelitian ini adalah 273 siswa yang diambil dari 15 SD/MI. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat animo siswa SD/MI dalam memilih sekolah lanjutan sangat tinggi. Hal tersebut dapat dilihat dari partisipasi siswa dalam memilih sekolah lanjutan yang ada di Kecamatan Wlingi Blitar maupun di luar Kecamatan Wlingi Blitar. Jenis sekolah yang dipilih oleh responden dari pilihan SMP dan MTs 82 8% atau 226 responden memilih SMP dan sisanya yaitu 17 2% atau 47 responden memilih sekolah MTs. Sedangkan untuk pemilihan sekolah lanjutan di Kecamatan Wlingi Blitar 38 5% (105 responden) memilih melanjutkan ke SMPN 01 Wlingi 28 2% (77 responden) memilih SMPN 02 Wlingi 7 3% (20 responden) memilih SMP Terbuka 7 7% (21 responden) memilih MTs Darul Huda dan 18 3% (50 responden) memilih sekolah lain yang berada di luar wilayah Kecamatan Wlingi Blitar. Berdasarkan hasil penelitian dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut (1) Lintas lulusan SD/MI dalam memilih sekolah dapat digambarkan dalam bentuk peta (map) ke mana arus siswa dalam penentuan alternatif Sekolah lanjutan Tingkat Pertama (SLTP) (2) Setiap lulusan SD/MI cenderung mempunyai tingkat animo yang tinggi untuk melanjutkan pendidikan SLTP hal tersebut terlihat dari partisipasi yang tinggi dari semua responden dalam memilih sekolah lanjutan baik sekolah lanjutan yang berada di Kecamatan Wlingi Blitar maupun di luar Kecamatan Wlingi Blitar (3) SMPN 01 adalah SLTP yang paling diminati oleh siswa. Sikap sangat setuju atas alasan paling dominan yang menjadi dasar dalam memilih sekolah adalah dari segi kedisiplinan sekolah yaitu 66 7% (182 responden). Sedangkan sikap setuju dominan yang ditunjukkan oleh responden atas alasan memilih sekolah adalah keadaan ekonomi yang dimiliki siswa dengan 70% atau 191 responden. Sikap tidak setuju atas alasan pemilihan sekolah dimiliki oleh alasan memilih sekolah berdasarkan saran yang diberikan orang lain dengan persentase 54 9% (150 responden). Sikap sangat tidak setuju atas alasan pemilihan sekolah berdasarkan motivasi siswa yang berasal dari pengaruh teman atau mengikuti temannya dengan persentase 19 4% (53 responden). Implikasi dari hasil penelitian adalah (1) Pemerataan jumlah siswa di SLTP/sederajat yang sangat berbeda karena jumlah peminat sekolah yang berbeda pula (2) Dominannya pilihan siswa ke SMPN 01 dan SMPN 02 dalam melanjutkan sekolah menjadi hal yang harus diperhatikan oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Blitar karena banyaknya siswa yang berasal dari desa lain dan mengalami kesulitan dalam menjangkau transportasi (3)Banyaknya pilihan sekolah lanjutan menjadikan orangtua harus lebih selektif dalam memilihkan sekolah lanjutan bagi anak mereka (4) SMP PGRI SMPLB Sariwiyata dan SMP Yohanes Gabriel tidak mendapatkan siswa sehingga sekolah tersebut perlu mencari tahu alasan dari hal tersebut. Berdasarkan implikasi yang telah dijelaskan di atas saran yang diberikan adalah (1) Dinas Perhubungan Daerah harus memperhatikan sarana transportasi yang akan digunakan untuk menjangkau sekolah oleh para siswa (2) Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Blitar hendaknya memberikan pembinaan kepada SMP PGRI SMPLB Sariwiyata dan SMP Yohanes Gabriel untuk meningkatkan kualitas prestasi dan hal-hal yang menjadi daya tarik siswa dan orangtua dalam memilih sekolah (3) Kepala UPTD Pendidikan Wlingi harus dapat mengupayakan pemerataan jumlah siswa di SLTP/sederajat Kecamatan Wlingi Blitar (4) Ketua Jurusan Administrasi Pendidikan hendaknya dapat menggunakan sebagai pengayaan materi perkuliahan perencanaan pendidikan (5) Orangtua harus memilihkan sekolah lanjutan bagi anaknya adalah dengan mengetahui kebutuhan dari anaknya dengan mencari informasi sekolah mana yang dapat memenuhi kebutuhan anak mereka (6) Peneliti lain hendaknya melakukan penelitian tentang penyediaan layanan transportasi oleh Dinas Perhubungan untuk menjangkau sekolah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 03 Jul 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/3532

Actions (login required)

View Item View Item