Mustofa T., Moh. (2013) Peran kepala sekolah dalam pelakasanaan supervisi untuk meningkatkan motivasi kerja guru di SMA Negeri 2 Kota Malang / Moh. Mustofa T. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata Kunci peran kepala sekolah supervisi motivasi kerja. Supervisi pendidikan yang baik diharapkan mampu untuk memberikan kontribusi bagi terwujudnya guru yang berintelektual dan berprestasi kerja tinggi. Selain itu juga dengan supervisi memungkinkan guru untuk mendapatkan umpan balik secara cepat dalam memperbaiki aktivitas-aktivitasnya memotivasi guru untuk meningkatkan pekerjaannya sehari-hari. Supervisi juga dimaksudkan untuk meningkatkan motivasi dan prestasi kerja guru dalam memperbaiki pelaksanaan proses belajar-mengajar. Oleh karena itu kepala sekolah sebagai supervisor diharapkan mampu untuk memberikan supervisi agar guru menjadi lebih termotivasi dan lebih profesional dalam bekerja dan kepala sekolah juga diharapkan agar trampil untuk menentukan dan meneliti kegiatan-kegiatan apa saja yang diperlukan untuk kemajuan sekolahnya sehingga tujuan pendidikan dapat tercapai. Penelitian ini dilakukan untuk menjawab fokus penelitian tentang peran kepala sekolah dalam pelaksanaan supervisi untuk meningkatkan motivasi kerja guru di SMA Negeri 2 Malang secara rinci memperoleh gambaran tentang (1) teknik supervisi yang digunakan kepala sekolah untuk meningkatkan motivasi kerja guru di SMAN 2 Malang (2) faktor-faktor penunjang kepala sekolah dalam pelaksanaan supervisi pendidikan untuk meningkatkan motivasi kerja guru di SMAN 2 Malang (3) faktor-faktor penghambat yang dihadapi kepala sekolah dalam pelaksanaan supervisi pendidikan untuk meningkatkan motivasi kerja guru di SMAN 2 Malang (4) solusi yang digunakan oleh kepala sekolah dalam mengatasi faktor penghambat pelaksanaan supervisi pendidikan di SMA Negeri 2 Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan penelitian studi kasus. Pada penelitian ini peneliti merupakan satu-satunya pengumpul data yang melakukan sendiri teknik-teknik pengumpulan data. Prosedur pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah wawancara dan dokumentasi. Peneliti melakukan analisis data dengan tematik yaitu dengan cara mengumpulkan data (data collection) reduksi data (data reduction) pengkodean data dan menyimpulkan data (Conclusing drawing/verifying). Kesimpulan penelitian tentang peran kepala sekolah dalam pelaksanaan supervisi untuk meningkatkan motivasi kerja guru di SMA Negeri 2 Malang adalah (1) teknik supervisi yang digunakan kepala sekolah untuk meningkatkan motivasi kerja guru di SMAN 2 Malang yaitu teknik supervisi observasi kelas teknik supervisi pertemuan individu dan rapat guru (2) faktor penunjang Kepala SMA Negeri 2 Malang melakukan supervisi adalah dalam menjalankan tugas dan kewajiban sebagai kepala sekolah menunjukkan perhatian kepada guru menimbulkan rasa kekeluargaan antara kepala sekolah dan guru. Selain itu dengan melaksanakan supervisi maka kepala sekolah bisa mengetahui permasalahan guru dalam kegiatan mengajar dan memberikan solusi kepada guru tersebut sehingga dapat membantu meningkatkan kemampuan mengajar guru tersebut (3) faktor-faktor penghambat yang dihadapi kepala sekolah dalam pelaksanaan supervisi untuk meningkatkan motivasi kerja guru di SMA Negeri 2 Malang terutama adalah masalah waktu pertemuan untuk supervisi observasi kelas dan supervisi pertemuan individu dan (4) solusi yang digunakan oleh kepala sekolah dalam mengatasi faktor penghambat untuk meningkatkan motivasi kerja guru adalah dengan mengatur ulang jadwal supervisi observasi kelas dan supervisi pertemuan individu di hari lain karena kedua supervisi tersebut wajib dilakukan. Berdasarkan hasil temuan penelitian ini agar proses supervisi di SMA Negeri 2 Malang dapat terlaksana dengan baik disarankan kepada (1) Hasil penelitian menunjukkan supervisi di SMA Negeri 2 Malang sudah berjalan dengan baik untuk ke depannya kepala sekolah diharapkan lebih meningkatkan inovasi terhadap teknik supervisi agar guru lebih termotivasi dalam mengembangkan kemampuannya (2) Agar kegiatan supervisi di SMA Negeri 2 Malang tidak monoton disarankan kepada guru lebih terbuka di dalam mengungkapkan masalah yang dihadapi saat mengajar pada saat supervisi dilaksanakan (3) Ketua Jurusan Administrasi Pendidikan hasil penelitian ini hendaknya menjadi tambahan referensi untuk mengembangkan teknik supervisi dan dapat digunakan untuk menambah pengetahuan di bidang supervisi khususnya dan (4) Peneliti Lain agar dapat melanjutkan penelitian yang sejenis pada berbagai aspek lain dengan latar yang berbeda yang nantinya dapat bermanfaat untuk diteliti.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 08 Mar 2013 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2013 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/3504 |
Actions (login required)
View Item |