Pengaruh penerapan media interaksi dengan menggunakan macromedia flash 8 terhadap motivasi dan hasil belajar siswa kelas X Akuntansi di SMK Negeri 2 Blitar / Anisatul Efriana - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh penerapan media interaksi dengan menggunakan macromedia flash 8 terhadap motivasi dan hasil belajar siswa kelas X Akuntansi di SMK Negeri 2 Blitar / Anisatul Efriana

Efriana, Anisatul (2017) Pengaruh penerapan media interaksi dengan menggunakan macromedia flash 8 terhadap motivasi dan hasil belajar siswa kelas X Akuntansi di SMK Negeri 2 Blitar / Anisatul Efriana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Efriana Anisatul. 2017. Pengaruh Penerapan Media Interaktif Dengan Menggunakan Macromedia Flash 8 Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Kelas X Akuntansi Di Smk Negeri 2 Blitar. Skripsi Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dr. Sunaryanto M.Ed. Kata Kunci Media Interaktif Macromedia Flah 8 Motivasi Belajar Hasil Belajar Kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi informasi sangat berpengaruh terhadap implementasi strategi pembelajaran yang menuntut adanya inovasi. Media sangat berperan penting dalam proses pembelajaran namun keterbatasan guru dan sekolah khususnya di SMK 2 Blitar terkadang penggunaan media kurang optimal padahal teknologi sekarang sudah canggih sehingga seharusnya media pembelajaran akan lebih baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pengaruh media interaktif Macromedia Flash 8 terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran akuntansi perusahaan jasa (2) pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran akuntansi perusahaan jasa (3) pengaruh interaksi antara media interaktif Macromedia Flash 8 dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran akuntansi perusahaan jasa. Rancangan penelitian ini adalah eksperimen semu (Quasy Exsperimental) dengan desain penelitian Design Factorial. Dengan latar dan subjek penelitian siswa kelas X AK 1 sebagai kelas eksperimen dengan jumlah siswa 36 dan X AK 3 sebagai kelas kontrol dengan jumlah siswa 36 pengumpulan data yang dipakai adalah tes kuesioner dan wawancara sedangkan analisis data menggunakan analisis data deskriptif uji normalitas uji homogenitas dan uji hipotesis. Uji hipotesis yang digunakan adalah Two Way ANOVA. Data dianalisis dengan bantuan program SPSS 21.0 for Windows. Hasil penelitian ini menunjukkan (1) terdapat pengaruh signifikan positif media interaktif Macromedia Flash 8 terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran akuntansi perusahaan jasa (2) terdapat pengaruh signifikan positif motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran akuntansi perusahaan jasa (3) terdapat pengaruh pengaruh interaksi antara media interaktif Macromedia Flash 8 dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran akuntansi perusahaan jasa (4) media interaktif Macromedia Flash 8 lebih efektif digunakan pada siswa yang memiliki kecenderungan memiliki motivasi yang tinggi. Berdasarkan penelitian ini disarankan (1) guru mampu mengenali dan memahami motivasi belajar yang dimiliki siswa (2) media interaktif Macromedia Flash 8 dapat dijadikan alternatif alam pembelajaran (3) penelitian selanjutnya diharapkan dapat menambah teknik pengumpulan data dan mengukur semua aspek hasil belajar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 14 Jun 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/35027

Actions (login required)

View Item View Item