A'yunin, Qurotu (2013) Implementasi manajemen pembelajaran berbasis karakter di SMP Ar Rohmah Putri Boarding School Malang / Qurotu A'yunin. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata Kunci pendidikan karakter pembelajaran manajemen pembelajaran Selama ini sistem pendidikan dinilai cukup baik namun masih banyak dijumpai ketimpangan-ketimpangan yang perlu untuk segera ditindaklanjuti. Pro dan kontra terhadap sistem pendidikan menjadikan polemik yang harus dicari solusinya baik oleh sektor pemerintah maupun sekolah selaku lembaga penyelenggara program pendidikan. Selama ini sistem pendidikan hanya mengacu dan cenderung pada ranah kognitif saja. Hal tersebut dapat terlihat dari implementasi Ujian Akhir Nasional (UAN) yang masih menjadi sorotan dan menghadirkan pro kontra dalam masyarakat. Sementara itu dua ranah lainnya yakni afektif dan psikomotorik yang harus dikembangkan kurang mendapatkan perhatian. Padahal subtansi pendidikan adalah meliputi ketiga ranah tersebut. Menyikapi sistem pendidikan yang kurang komprehensif tersebut sudah seharusnya sistem pendidikan dibenahi sesuai tujuan pendidikan nasional yakni pengembangan nilai budaya dan karakter bangsa. Pendidikan karakter di sekolah merupakan kebutuhan vital agar generasi penerus dapat dibekali dengan kemampuan-kemampuan dasar yang tidak saja mampu menjadikannya life-long learners sebagai salah satu karakter penting untuk hidup di era informasi yang bersifat global tetapi juga mampu berfungsi dengan peran serta yang positif baik sebagai pribadi sebagai anggota keluarga sebagai warga negara maupun warga dunia. Untuk itu harus dilakukan upaya-upaya instrumental untuk meningkatkan keefektifan proses pembelajarannya disertai pengembangan kultur yang positif. Mengingat pentingnya pendidikan yang berbasis karakter maka perlu didesain sebuah manajemen pembelajaran yang mampu mengefektifkan pencapain tujuan pembentukan karakter kepada peserta didik. Untuk itulah penulis melakukan penelitian tentang Implementasi Manajemen Pembelajaran Berbasis Karakter di SMP Ar Rohmah Putri Boarding School Malang . Fokus penelitian ini adalah mendeskripsikan (1) implementasi manajemen pembelajaran berbasis karakter di SMP Ar Rohmah Putri Boarding School (2) kendala yang dihadapi dalam implementasi manajemen pembelajaran berbasis karakter di SMP Ar Rohmah Putri Boarding School dan (3) solusi yang dapat digunakan untuk mengurangi kendala dalam implementasi manajemen pembelajaran berbasis karakter di SMP Ar Rohmah putri Boarding School. Penelitian ini dilakukan di SMP Ar Rohmah Putri Boarding School Malang dengan menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan (1) wawancara (2) observasi dan (3) dokumentasi. Analisis pengumpulan data menggunakan (1) reduksi data (2) penyajian data dan (3) verifikasi. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan menggunakan teknik (1) memperpanjang keikutsertaan (2) ketekunan pengamatan dan (3) triangulasi metode. Kesimpulan yang dapat ditarik dari penelitian ini adalah (1) Implementasi manajemen pembelajaran di SMP Ar Rohmah Putri Boarding School Malang dimulai dengan melakukan pembinaan terhadap seluruh guru dan staf yang terlibat dalam pembelajaran karakter mengintegrasikan nilai-nilai dan karakter pada setiap kegiatan (2) kendala yang dihadapi terkait dengan guru yang kurang berkompeten complain orangtua siswa perangkat pembelajaran yang belum berbasis karakter dan (3) terkait dengan solusi yang diberikan untuk mengatasi kendala yang ada. Berdasarkan kesimpulan di atas ada beberapa saran yang diberikan oleh peneliti yaitu (1) kepada direktur LPI Ar Rohmah Putri Boarding School Malang dapat menggunakan hasil penelitian ini sebagai acuan dalam pengembangan lembaga yang selanjutnya dijadikan pijakan dalam meningkatkan komitmen untuk terus menerapkan proses pendidikan yang berbasis karakter (2) kepada kepala sekolah SMP Ar Rohmah Putri Boarding School dapat menggunakan hasil penelitian ini sebagai acuan untuk meningkatkan kualitas manajemen pembelajaran yang berjalan di SMP Ar Rohmah Putri Boarding School Malang (3) kepada guru dapat menggunakan hasil penelitian ini sebagai acuan untuk senantiasa meningkatkan kompetensi dirinya sebagai teladan dalam pembelajaran pendidikan yang berbasis karakter kepada peserta didik (4) kepada Pengelola Jurusan Administrasi Pendidikan FIP UM dapat menggunakan hasil penelitian ini sebagai bahan literatur dan bahan referensi untuk pengembangan ilmu manajemen pendidikan khususnya di bidang manajemen pembelajaran dan kepada peneliti lain dapat menjadikan hasil penelitian ini sebagai acuan dalam penelitian berikutnya dan (5) kepada peneliti lain dapat menjadikan penelitian ini sebagai bahan referensi dan dikembangkan untuk penelitian selanjutnya.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 18 Jan 2013 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2013 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/3497 |
Actions (login required)
View Item |