Tingkat kemampuan berpikir kritis berdasarkan level kompetensi numerasi pada siswa Kelas v SDN 1 Munjungan / Maya Dyah Rindang Emilia</p> - Repositori Universitas Negeri Malang

Tingkat kemampuan berpikir kritis berdasarkan level kompetensi numerasi pada siswa Kelas v SDN 1 Munjungan / Maya Dyah Rindang Emilia</p>

Emilia, Maya Dyah Rindang (2023) Tingkat kemampuan berpikir kritis berdasarkan level kompetensi numerasi pada siswa Kelas v SDN 1 Munjungan / Maya Dyah Rindang Emilia</p>. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pentingnya berpikir kritis sebagai keterampilan integral dalam mengatasi masalah dan mencari solusi telah memunculkan kebutuhan untuk mempersiapkan siswa dengan kemampuan berpikir kritis yang kuat di era abad 21. Di lingkungan sekolah pembelajaran matematika menjadi sarana yang signifikan dalam mengembangkan keterampilan berpikir kritis siswa. Matematika memiliki peran penting dalam membangun keterampilan berpikir kritis karena kedua aspek ini saling terkait. Kemampuan berpikir kritis sangat diperlukan dalam menyelesaikan masalah matematika. Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) menjadi alat untuk mengukur kemampuan literasi dan numerasi siswa memberikan pedoman bagi perbaikan pembelajaran oleh peserta didik dan guru. Komponen literasi meliputi Teks Informasi dan Teks Fiksi sementara Kompetensi Numerasi mencakup Bilangan Pengukuran dan Geometri Data dan Ketidakpastian serta Aljabar. Kemampuan berpikir kritis diperlukan untuk menyelesaikan masalah matematika dalam AKM Numerasi terutama dalam konteks numerasi di dunia nyata. Tujuan penelitian ini adalah untuk menginvestigasi kemampuan berpikir kritis siswa kelas V SDN 1 Munjungan dalam menyelesaikan soal AKM Numerasi Domain Bilangan. Pendekatan kualitatif digunakan dalam penelitian ini untuk menggambarkan fenomena secara mendalam dan menyeluruh. Penelitian ini mengadopsi pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif fokus pada analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dalam Menyelesaikan Soal Matematika pada AKM Numerasi Domain Bilangan di Siswa Kelas V SDN 1 Munjungan dengan menggunakan indikator berpikir kritis yang dirumuskan oleh Ennis. Indikator tersebut di antaranya focus reason inference situation clarify dan overview. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode analisis dokumen dengan data yang diperoleh dari lembar jawaban siswa transkrip wawancara dan pengamatan. Hasil penelitian menunjukkan variasi dalam kemampuan berpikir kritis siswa. Siswa dengan kemampuan berpikir sangat kritis dan kritis mampu mengidentifikasi informasi dalam soal merumuskan permasalahan dan menerapkan konsep matematika secara logis. Mereka juga mampu menyusun argumen yang tepat dalam penyelesaian masalah. Selanjutnya kemampuan numerasi siswa juga beragam dari mahir hingga perlu intervensi khusus. Siswa dengan kemampuan berpikir kritis yang lebih baik cenderung memiliki kemampuan numerasi yang lebih tinggi.

Item Type: Thesis (Masters)
Divisions: Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 29 Aug 2023 04:29
Last Modified: 09 Sep 2023 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/348093

Actions (login required)

View Item View Item