Habibi, Moh (2024) Pengembangan media komik strip pada materi dinamika peran Indonesia dalam perdamaian dunia pada siswa SMA Sabilillah Sampang /Moh. Habibi. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Habibi Moh. 2024. Pengembangan Media Komik Strip Pada Materi Dinamika Peran Indonesia Dalam Perdamaian Dunia Pada Siswa SMA Sabilillah Sampang. Tesis Jurusan Hukum dan Kewarganegaraan Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. H. Suko Wiyono S.H. M.Hum. (II) Dr. Siti Awaliyah S.Pd. M.Hum. Cukup banyak media pembelajaran yang sering digunakan oleh pendidik namun sangat jarang yang memanfaatkan media sosial khususnya komik strip. Komik strip itu sendiri adalah cerita yang diatur dalam serangkaian gambar. Komik strip digambar oleh pengrajin komik atau disebut juga sebagai komikus serta penerbitannya dilakukan secara terjadwal di berbagai macam media. Dalam hal ini kita memanfaatkan media sosial yang sering dan sudah diketahui oleh mayoritas siswa tingkat menengah atas yaitu Instagram. Komik strip merupakan salah satu media mengekspresikan cerita menggunakan visual gambar yang dikemas secara padat dalam empat sampai sepuluh slide. Dalam hal ini cerita yang di ekspresikan dalam komik strip sangatlah luas sehingga diharapkan bisa untuk menjadi media pembelajaran khususnya pada pembelajaran PPKn. Hal ini diharapkan bisa membuat pembaca tidak mengalami kebosanan dalam membaca dan mencerna isi cerita dari komik strip tersebut. Hal ini juga sejalan dengan pendapat Sintia Yuliandri (2020 9) berdasarkan analisis dan pembahasan yang telah diuraikan produk pengembangan Komik strip ini menjadi salah satu variasi guru dalam pembelajaran di dalam kelas. Sesuai dengan pernyataan oleh Darmansyah (2010) yaitu ldquo 1) anak-anak pada umumnya suka membaca komik 2) media komik mampu menyajikan gambaran cerita secara konkret dengan ilustrasi gambar dan dialog 3) penggunaan media komik yang mudah baik bagi guru maupun siswa 4) komik bisa dibaca kapan saja dan dimana saja rdquo . Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Bagaimana cara penggunaan media komik strip untuk meningkatkan kualitas proses dan hasil pembelajaran (2) Bagaimana efektifitas efisiensi dan kemenarikan media komik strip untuk meningkatkan kualitas proses dan hasil pembelajaran. Peineiliitiian iinii meinggunakan meitodei peineiliitiian dan peingeimbangan atau diiseibut juga deingan iistiilah Reiseiarch and Deiveilopmein (R amp D) yaiitu suatu peineiliitiian yang diigunakan untuk meinghasiilkan produk teirteintu dan meingujii keieifeiktiifan produk teirteintu. (Sugiiyono 2012 297). Meinurut Borg and Gall peineiliitiian peingeimbangan adalah suatu proseis yang diipakaii untuk meingeimbangkan dan meimvaliidasii produk peindiidiikan. Peineiliitiian iinii meingiikutii suatu langkah-langkah seicara siiklus. Langkah-langkah peineiliitiian atau proseis peingeimbangan iinii teirdiirii atas kajiian teintang teimuan peineiliitiian produk yang akan diikeimbangkan peingeimbangan produk beirdasarkan teimuan-teimuan teirseibut meilakukan ujii coba lapangan seisuaii deingan latar diimana produk teirseibut akan diipakaii dan meilakukan reiviisii teirhadap hasiil ujii lapangan. Beirdasarkan paparan dii atas peineiliitii meinyiimpulkan meingeinaii keiunggulan darii meidiia yang diikeimbangkan yaiitu meidiia komiik Striip meimiilkii tiingkat keivaliidan dan keieifeiktiifan seibagaii meidiia peimbeilajaran meidiia komiik striip meinggunakan peirangkat mobiilei seihiingga praktiis dan mudah diiakseis meidiia komiik striip meimbantu siiswa meingiinteirpreitasiikan opsii peiriihal meimiiliih mateirii beirbasiis viisual seisuaii keimampuan kogniitiifnya dalam meingkajii mateirii meidiia komiik striip beirsiifat meinariik kareina meinstiimulasii siiswa untuk beilajar seimbarii beirfiikiir kreiatiif. Beirdasarkan hasiil peineiliitiian saran peimanfaatan meidiia komiik striip antara laiin seibagaii beiriikut Bagis Sekolah meidiia komiik striip dapat diijadiikan seibagaii meidiia peimbeilajaran dalam meimbantu guru untuk meinciiptakan keigiiatan proseis beilajar meingajar yang leibiih iinovatiif dan eifeiktiif. Guru dapat meinggunakan meidiia komiik striip viia smartphonei deingan meimbuka akun iinstagram komiik_teilordadar. Kata kunci Dinamika Peran Indonesia Dalam Perdamaian Dunia Komik Strip SMA Sabilillah
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Hukum dan Kewarganegaraan (HKn) > S2 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 03 Apr 2024 04:29 |
Last Modified: | 15 Jan 2025 06:13 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/347721 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |