Jazuli, Moh Nasir (2023) Pengaruh role model dan pendidikan kewirausahaan terhadap minat berwirausaha siswa smk di banyuwangi dengan locus of control sebagai variabel intervening / Moh Nasir Jazuli</p>. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
RINGKASAN Jazuli Mohammad Nasir. 2023. Pengaruh Role Model Dan Pendidikan Kewirausahaan Terhadap Minat Berwirausaha Siswa Smk Di Banyuwangi Dengan Locus Of Control Sebagai Variabel Intervening. Tesis. Program Studi Pendidikan Bisnis dan Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr.Sudarmiatin M.Si (2) Dr. H. Ludi Wishnu Wardana M.M. Kata Kunci Pendidikan Kewirausahaan Role Model Locus Of Control Minat Berwirausaha. Tingginya tingkat pengangguran dan minimnya lapangan pekerjaan merupakan isu global yang dihadapi banyak negara. Persaingan untuk mendapatkan pekerjaan semakin ketat seiring dengan kualifikasi yang sulit dipenuhi oleh para pelamar. Di Indonesia terutama di tingkat SMK masalah pengangguran juga semakin mencemaskan. Banyak lulusan SMK yang menjadi pencari kerja terbesar dan hal ini menciptakan tekanan pada perekonomian lokal. Kualitas pendidikan kewirausahaan dan rendahnya minat wirausaha di kalangan siswa SMK menjadi problematika utama. Kurangnya kesiapan siswa untuk berwirausaha menyebabkan ketidakcocokan antara lulusan dan kebutuhan pasar kerja. Idealnya siswa SMK seharusnya tidak hanya menjadi pencari kerja tetapi juga pencipta lapangan kerja melalui wirausaha. Pendidikan kewirausahaan dan motivasi guru diharapkan dapat membentuk minat wirausaha siswa. Strategi yang dapat diterapkan mencakup peningkatan pendidikan kewirausahaan yang adaptif peran guru sebagai model peran yang aktif dan pemberian pemahaman tentang locus of control untuk memperkuat minat berwirausaha. Penelitian ini mengisi celah pengetahuan dengan fokus pada pendidikan kewirausahaan peran guru sebagai model peran dan dampak locus of control terhadap minat berwirausaha di SMK. Penelitian sebelumnya belum secara komprehensif menyelidiki interaksi kompleks antara faktor-faktor tersebut. Tingkat pengangguran yang tinggi dan kebutuhan akan lapangan pekerjaan baru menekankan urgensi peningkatan minat wirausaha di kalangan siswa SMK. Hal ini bukan hanya untuk memberikan solusi alternatif bagi lulusan tetapi juga untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan mengatasi tantangan global yang kompetitif. Penelitian ini membawa keunikan dengan melibatkan tiga SMK di Banyuwangi menjadikan mereka sebagai objek studi yang mencerminkan realitas lokal. Penelitian ini juga mengkaji interaksi antara pendidikan kewirausahaan peran guru dan locus of control dalam membentuk minat berwirausaha. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Populasi dalam subjek penelitian ini adalah pada siswa SMK di Banyuwangi yang berjumlah 478. Sedangkan kriteria sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah (1) siswa yang sudah menempuh matapelajaran kewirausahaan/prakarya (2) siswa yang memilih jurusan pemasaran. Berdasarkan teori dan kreteria tersebut maka diketahui jumlah sampel penelitian ini adalah sebanyak 214 sampel Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan software statistik SmartPLS 3.3.3 Structural Equation Model (SEM) dengan pendekatan Variance Based SEM atau lebih dikenal dengan Partial Least Square (PLS) .Berdasarkan hasil penelitian dinyatakan bahwa pendidikan kewirausahaan berpengaruh positif terhadap peningkatan niat berwirausaha dan locus of control siswa SMK Bustanul Falah Genteng SMK Muhammadiyah 2 Genteng dan SMK Al-Azhar Sempu. Temuan serupa ditemukan pada role model keluarga yang juga memberikan dampak positif terhadap niat berwirausaha dan locus of control siswa. Selain itu locus of control yang tinggi juga terkait dengan peningkatan niat berwirausaha siswa. Lebih lanjut baik pendidikan kewirausahaan maupun role model keluarga dapat meningkatkan niat berwirausaha melalui locus of control. Implikasinya peningkatan kualitas pendidikan kewirausahaan dan peran model keluarga dapat menjadi strategi efektif dalam memperkuat minat berwirausaha siswa SMK dengan locus of control sebagai mediator krusial. Hasil penelitian ini dapat memberikan panduan kepada pihak pendidik dan kebijakan untuk meningkatkan efektivitas pendidikan kewirausahaan di SMK. Penekanan pada peran guru sebagai model peran dan pemahaman tentang locus of control dapat meningkatkan minat dan kesiapan siswa untuk berwirausaha menciptakan dampak positif pada tingkat pengangguran dan pertumbuhan ekonomi lokal.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S2 Pendidikan Bisnis dan Manajemen |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 13 May 2023 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2023 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/347258 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |