Pengembangan pembelajaran <em>flipped-project based learning</em> berbantuan <em>mobile apps</em> dan pengaruhnya terhadap kemampuan berpikir kritis, komunikasi, dan sikap lingkungan siswa kelas X SMA / Novela Memiasih</p> - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan pembelajaran <em>flipped-project based learning</em> berbantuan <em>mobile apps</em> dan pengaruhnya terhadap kemampuan berpikir kritis, komunikasi, dan sikap lingkungan siswa kelas X SMA / Novela Memiasih</p>

Memiasih, Novela (2022) Pengembangan pembelajaran <em>flipped-project based learning</em> berbantuan <em>mobile apps</em> dan pengaruhnya terhadap kemampuan berpikir kritis, komunikasi, dan sikap lingkungan siswa kelas X SMA / Novela Memiasih</p>. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pendidikan merupakan instrumen kebijakan yang kuat untuk menciptakan pengetahuan baru dan pengembangan sumber daya manusia yang dapat bertanggung jawab atas pembangunan berkelanjutan negara. Hal itu dapat diperoleh secara maksimal dengan cara meningkatkan kualitas belajar agar siswa memperoleh kemampuan berpikir kritis serta karakter untuk menjadi warga negara yang produktif. Kemampuan berpikir kritis merupakan salah satu keterampilan abad ke-21 yang perlu diintegrasikan ke dalam kurikulum sekolah. Kemampuan berpikir kritis juga diperlukan untuk memberdayakan kemampuan komunikasi siswa. Pembelajaran Flipped-Project Based Learning dapat meningkatkan kemampuan komunikasi dan berpikir kritis siswa. Teknologi pendidikan yang dapat memfasilitasi pembelajaran tersebut yaitu mobile apps yang dapat digunakan kapanpun dan dimanapun. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan mobile apss untuk mendukung pembelajaran Flipped-Project Based Learning yang valid praktis dan efektif meningkatkan kemampuan berpikir kritis komunikasi dan sikap lingkungan siswa. Penelitian dan pengembangan dilakukan dengan menggunakan model pengembangan Lee amp Owen yang terdiri dari tahap menilai/menganalisis (assessment/analysis) merancang (design) mengembangkan (development) menerapkan (implementation) dan mengevaluasi (evaluation). Data penelitian dikumpulkan dengan menggunakan lembar validasi ahli media dan bahan ajar materi dan praktisi pendidikan biologi angket respons soal berpikir kritis angket kemampuan komunikasi dan angket sikap lingkungan. Mobile apps ldquo IOXO rdquo yang dihasilkan sangat valid dengan nilai validitas ahli materi 100% ahli media 98% dan praktisi pendidikan biologi 98%. Dari hasil uji kepraktisan diperoleh kriteria sangat praktis yang meliputi uji one to one trial 98% small group trial 96% dan field trial 96%. Mobile apps ldquo IOXO rdquo yang mendukung pembelajaran Flipped-Project Based Learning efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis komunikasi dan sikap lingkungan siswa dengan nilai rho -level (0 000) lt alpha (0 005). Efektivitas mobile apps dilihat dari peningkatan berpikir kritis komunikasi dan sikap lingkungan siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S2 Pendidikan Biologi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 30 Dec 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/346935

Actions (login required)

View Item View Item