Pengaruh persepsi mahasiswa tentang kondisi fasilitas perkuliahan dan kompetensi profesionalisme dosen terhadap motivasi belajar mahasiswa Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang / Sukma Adekayanti - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh persepsi mahasiswa tentang kondisi fasilitas perkuliahan dan kompetensi profesionalisme dosen terhadap motivasi belajar mahasiswa Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang / Sukma Adekayanti

Adekayanti, Sukma (2010) Pengaruh persepsi mahasiswa tentang kondisi fasilitas perkuliahan dan kompetensi profesionalisme dosen terhadap motivasi belajar mahasiswa Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang / Sukma Adekayanti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Adekayanti Sukma. 2009. Pengaruh persepsi Mahasiswa Tentang Kondisi Fasilitasperkuliahan dan Kompetensi Profesionalisme Dosen Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Skripsi Jurusan Pendidikan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dra. Hj. Sutatmi S.E. M.Pd. M.Si.Ak. (2) Helianti Utami S.E. M.Si. Ak Kata Kunci Fasilitas Perkuliahan Kompetensi Profesionalisme dosen Motivasi Belajar Persepsi adalah suatu proses individu dalam penginderaan yang mengarah kepada pemberian makna terhadap lingkungannya tujuannya adalah untuk mengetahui menginterprestasikan dan mengevaluasi objek yang dipersepsi baik itu tentang sifat kualitas dan keadaan lain objek tersebut. Dalam hal ini kondisi fasilitas perkuliahan dan kompetensi profesionalisme dosen merupakan objek yang dipersepsi oleh mahasiswa. Apabila persepsi mahasiswa tentang kondisi fasilitas perkuliahan dan kompetensi profesionalisme dosen baik atau positif maka akan mendukung terciptanya motivasi yang kuat dalam diri mahasiswa sehingga dapat memproleh hasil pembelajaran yang maksimal. Tujuan utama dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh persepsi mahasiswa tentang kondisi fasilitas perkuliahan dan kompetensi profesionalisme dosen terhadap motivasi balajar mahasiswa jurusan akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang baik secara parsial maupun simultan. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksplanasi (Explanatory Research). Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode angket dan dokumentasi. Populasi data dalam penelitian ini adalah mahasiswa jurusan akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang tahun angkatan 2005 2006 dan 2007 yang aktif mengikuti perkuliahan pada pada semester genap 2008/2009 diwakili sampel 105 mahasiswa. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik proporsional random sampling. Analisis hasil penelitian yang dipakai adalah analisis regresi berganda dengan menggunakan uji t dan uji F melalui SPSS 10.00 for windows. Instrumen yang digunakan untuk mengambil data dalam penelitian ini adalah angket tertutup atau kuisioner. Berdasarkan analisis data diperoleh kesimpulan bahwa (1) terdapat pengaruh persepsi mahasiswa tentang kondisi fasilitas perkuliahan terhadap motivasi belajar mahasiswa secara parsial hal ini terbukti dengan didapatnya T hitung 3 252. (2) terdapat pengaruh persepsi mahasiswa tentang kompetensi profesionalisme dosen terhadap motivasi belajar mahasiswa secara parsial hal ini terbukti dengan didapatnya T hitung 6 438. (3) terdapat pengaruh persepsi mahasiswa tentang kondisi fasilitas perkuliahan dan kompetensi profesionalisme dosen terhadap motivasi belajar mahasiswa secara simultan hal ini dibuktikan didapatnya R Square sebesar 40 1%. Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang dapat diajukan kepada Fakultas Ekonomi Universitas Negeri malang sebagai upaya peningkatan motivasi belajar mahasiswa adalah (1) mengadakan penambahan dan merawat fasilitas yang mendukung kegiatan perkuliahan di Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang baik mutunya maupun kuantitasnya. (2) dapat menjadi pertimbangan bagi pimpinan Fakultas Ekonomi untuk merencanakan kebijakan dalam meningkatkan dan mengembangkan kompetensi profesionalisme dosen.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 24 Feb 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/34247

Actions (login required)

View Item View Item