Basimin, Mudzuna Quraisyah (2024) Kontribusi pictorial based learning (PCBL) terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar kognitif siswa pada materi laju reaksi / Mudzuna Quraisyah Basimin</p>. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Pembelajaran kimia mengharuskan siswa untuk tidak sekedar menghafal teori tetapi juga memahami konsep-konsep kimia yang dipelajari dimana terkandung tiga tingkatan representasi pengetahuan yaitu representasi makroskopik submikroskopik dan simbolik. Ketiga level representasi tersebut dapat mengembangkan keterampilan berpikir kritis siswa sehingga diperlukan model pembelajaran yang mampu menyajikan ketiga level representasi tersebut salah satunya dengan model Pictorial Based Learning (PcBL). Khususnya pada materi laju reaksi model PcBL efektif diterapkan karena memberikan pengalaman bagi siswa untuk melakukan konstruk pemahaman secara mandiri lewat representasi visual. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil ketrampilan berpikir kritis dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran Pictorial Based Learning (PcBL) dibandingkan dengan pembelajaran Direct Instruction (DI). Rancangan penelitian menggunakan eksperimen semu dengan pretest dan posttest dalam dua kelompok (quasi experimental pretest-posttest) dengan jumlah sampel 46 siswa kelas XI IPA SMA Nasional Malang tahun ajaran 2023/2024 yang dipilih menggunakan teknik convenient sampling berbantuan random sampling. Instrumen tes ketrampilan berpikir kritis diukur dengan menggunakan 5 butir soal esai yang dikembangkan berdasarkan kerangka Facione (2020) dan hasil belajar siswa diukur dengan menggunakan 10 butir soal PG yang sudah tervalidasi dengan kategori sangat tinggi untuk instrumen berpikir kritis sebesar 88 62% dan hasil belajar sebesar 94 17%. Analisis data menggunakan Independent Sampel T-test N-gain score dan Effect size Cohens. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berpikir kritis dan hasil belajar siswa yang dibelajarkan menggunakan PcBL lebih baik dibandingkan menggunakan DI yang ditunjukkan dengan hasil uji Independent Sampel t-Test dengan nilai signifikansi ketrampilan berpikir kritis dan hasil belajar siswa berturut-turut sebesar 0 001 dan 0 002. Sedangkan N-gain skor (g 0 54) dengan kategori sedang dan effect size cohens (d 1 08) dengan kategori sangat besar berpikir kritis pada pembelajaran PcBL sementara N-gain skor (g 0 56) dengan kategori sedang dan effect size cohens (d 0 95) dengan kategori sangat besar hasil belajar pada pembelajaran PcBL. Implikasi penelitian ini adalah PcBL dapat digunakan untuk meningkatkan ketrampilan berpikir kritis dan hasil belajar kognitif siswa.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S2 Pendidikan Kimia |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 05 Feb 2024 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2024 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/322986 |
Actions (login required)
View Item |