Pengaruh penerapan strategi pembelajaran metakognitif tipe ideal dipadu dengan pembelajaran kooperatif stad terhadap efikasi diri dan kemampuan pemecahan masalah kimia siswa pada materi termokimia ditinjau dari motivasi belajarnya / Annida Elfiana Citra Ardianty</p> - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh penerapan strategi pembelajaran metakognitif tipe ideal dipadu dengan pembelajaran kooperatif stad terhadap efikasi diri dan kemampuan pemecahan masalah kimia siswa pada materi termokimia ditinjau dari motivasi belajarnya / Annida Elfiana Citra Ardianty</p>

Ardianty, Annida Elfiana Citra (2023) Pengaruh penerapan strategi pembelajaran metakognitif tipe ideal dipadu dengan pembelajaran kooperatif stad terhadap efikasi diri dan kemampuan pemecahan masalah kimia siswa pada materi termokimia ditinjau dari motivasi belajarnya / Annida Elfiana Citra Ardianty</p>. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Standar keterampilan abad ke-21 yang menuntut tingginya keterampilan pemecahan masalah menjadi tantangan bagi masyarakat Indonesia untuk terus bersaing dengan negara lain dalam rangka peningkatan sumber daya manusia. Kemampuan pemecahan masalah harus dimiliki siswa selama mengikuti kegiatan pembelajaran kimia karena di lingkungan sekitar siswa tidak bisa terlepas dari permasalahan kimia. Rendahnya kemampuan pemecahan masalah siswa biasanya disertai dengan rendahnya efikasi diri. Alternatif untuk meningkatkan efikasi diri dan kemampuan pemecahan masalah siswa adalah menerapkan strategi pembelajaran yang inovatif dan kreatif. Strategi pembelajaran metakognitif tipe IDEAL yang dipadukan dengan pembelajaran kooperatif STAD menjadi alternatif baru untuk meningkatkan efikasi diri dan kemampuan pemecahan masalah siswa ditinjau dari motivasi belajar siswa. Oleh karena itu tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran metakognitif tipe IDEAL dan motivasi belajar terhadap efikasi diri dan kemampuan pemecahan masalah siswa. Desain penelitian yang digunakan adalah quasi-experimental pretest-postest control group design dan rancangan faktorial 2 x 2 untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan efikasi diri dan kemampuan pemecahan masalah siswa di kelas eksperimen maupun kelas kontrol. Kelas eksperimen menerapkan strategi pembelajaran metakognitif tipe IDEAL yang dipadukan dengan pembelajaran kooperatif STAD sedangkan kelas kontrol menerapkan model pembelajaran kooperatif STAD. Rancangan faktorial 2x 2 digunakan untuk menunjukkan kemungkinan adanya variabel moderat (motivasi belajar) yang mempengaruhi variabel bebas (model pembelajaran) terhadap variabel terikat (efikasi diri dan kemampuan pemecahan masalah siswa). Teknis analisis data yang digunakan dalam penelitian ini antara lain 1) analisis deskriptif 2) uji kesetaraan data awal menggunakan uji mann whitney dan 3) uji hipotesis penelitian yang meliputi analisis variansi dua jalur (two way-anova) uji beda sampel berpasangan (wilcoxon) uji efektivitas model pembelajaran dengan menggunakan uji n-gain score dan uji d-effect size cohen serta uji hirearchical linier regression. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan efikasi diri antara siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi dan siswa yang memiliki motivasi belajar rendah. Siswa dengan motivasi belajar tinggi mempunyai efikasi diri yang tinggi begitupun sebaliknya. Namun tidak ada pengaruh penerapan strategi pembelajaran metakognitif tipe IDEAL yang dipadu dengan pembelajaran kooperatif STAD terhadap efikasi diri siswa. Hal tersebut dikarenakan efikasi diri siswa tidak meningkat secara signifikan sesudah dibelajarkan dengan model pembelajaran ini. Selain itu tidak ada interaksi antara strategi pembelajaran metakognitif tipe IDEAL yang dipadukan pembelajaran kooperatif STAD dengan motivasi belajar terhadap efikasi diri siswa. Hal tersebut dikarenakan interaksi antara keduanya menunjukkan hubungan yang sangat lemah. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa ada perbedaan kemampuan pemecahan masalah antara siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi dan siswa yang memiliki motivasi belajar rendah. Siswa dengan motivasi belajar tinggi mempunyai kemampuan pemecahan masalah yang tinggi begitupun sebaliknya. Hasil ini didukung oleh hasil uji hipotesis dimana ada pengaruh penerapan strategi pembelajaran metakognitif tipe IDEAL yang dipadukan dengan pembelajaran kooperatif STAD terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa. Kemampuan pemecahan masalah siswa meningkat secara signifikan sesudah dibelajarkan dengan model pembelajaran ini. Selain itu ada interaksi antara strategi pembelajaran metakognitif tipe IDEAL yang dipadukan pembelajaran kooperatif STAD dengan motivasi belajar terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa. Jika siswa dibelajarkan dengan model pembalajaran ini disertai motivasi belajar yang tinggi maka kemampuan pemecahan masalah akan meningkat walaupun interaksi keduanya menunjukkan hubungan yang lemah. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa strategi pembelajaran metakognitif tipe IDEAL yang dipadukan dengn pembelajaran kooperatif STAD lebih efektif dalam meningkatkan efikasi diri dan kemampuan pemecahan masalah siswa daripada model pembelajaran kooperatif STAD.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S2 Pendidikan Kimia
Depositing User: library UM
Date Deposited: 16 May 2023 04:29
Last Modified: 09 Sep 2023 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/322969

Actions (login required)

View Item View Item