Anshori, Imam Al (2024) Analisis kemampuan berpikir kritis siswa pada pembelajaran optik / Imam Al Anshori</p>. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Optik adalah cabang ilmu fisika yang berkaitan dengan teknologi kehidupan sehari-hari yang kompleks dan abstrak. Kemampuan berpikir kritis dapat memberikan kontribusi yang sangat berarti bagi siswa dalam memahami materi yang bersifat abstrak seperti optik. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan kemampuan berpikir kritis siswa dalam konteks pembelajaran optik. Metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif diterapkan pada 108 siswa kelas XII MIPA. Instrumen penelitian terdiri dari 5 butir soal uraian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata kemampuan berpikir kritis siswa adalah sebesar 55 28 (kategori sedang). Ketika dilihat dari setiap sub-materi persentase siswa yang termasuk dalam kategori kemampuan berpikir kritis rendah adalah sebesar 53 7% (materi pemantulan cahaya) dan 54 6% (materi pembiasan cahaya). Dalam analisis lebih mendalam persentase kemampuan berpikir kritis siswa pada setiap indikator juga cenderung lebih tinggi pada kelompok kemampuan berpikir kritis rendah dengan nilai sebesar 66 7% (indikator interpretasi) 71 3% (indikator analisis) 65 7% (indikator inferensi) 86 1% (indikator evaluasi) dan 80 6% (indikator penjelasan). Implikasi dari hasil penelitian ini menunjukkan perlunya penerapan metode pembelajaran yang dapat melatih siswa dalam menyelesaikan permasalahan dalam kehidupan sehari-hari yang bersifat umum dan kompleks seperti PjBL dan pendekatan STEAM.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S2 Pendidikan Fisika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 16 May 2024 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2024 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/322911 |
Actions (login required)
View Item |