Adisna, Qowiyyun Dyaheksita Pradani Putri (2024) Peningkatan penguasaan konsep dan perubahan aktivasi resource mahasiswa fisika melalui program resitasi pada materi usaha dan energi / Qowiyyun Dyaheksita Pradani Putri Adisna</p>. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Pemikiran mahasiswa yang tidak sejalan dengan ilmu fisika memperoleh banyak perhatian para peneliti di bidang pendidikan fisika terutama pada topik usaha-energi. Penelitian sebelumnya cenderung berfokus untuk mengatasi kesulitan konsep usaha-energi dengan ldquo menghapus rdquo dan ldquo mengganti rdquo pemikiran yang salah (menghapus miskonsepsi). Namun rekonstruksi pengetahuan tidaklah mudah karena pemikiran salah mahasiswa bersifat kaku dan sulit dihilangkan. Sebagai alternatif pemikiran yang tidak sejalan dengan ilmu fisika dianggap sebagai pemikiran yang kurang tepat seperti yang ditekankan oleh teori resource. Dengan kata lain kesulitan mahasiswa bukan karena tidak paham konsep melainkan karena gagal mengakses pengetahuan yang sebenarnya mereka miliki. Untuk membenahi hal tersebut diperlukan pembelajaran yang menghadapkan mahasiswa pada proses recalling resource untuk memicu aktivasi resource yang tepat sesuai konteks. Namun proses aktivasi resource membutuhkan waktu yang lama dan perlu dilakukan secara berulang maka resitasi menjadi kunci penting dalam proses tersebut. Resitasi merupakan pendalaman yang diberikan kepada mahasiswa sebagai bantuan dan umpan balik yang bersifat personal. Adanya peran teknologi memungkinkan resitasi dilakukan melalui platform digital berbentuk program. Program resitasi melibatkan soal-soal konseptual dalam banyak konteks permasalahan serta memberikan evaluasi dan penguatan konsep mahasiswa. Peneliti sebelumnya telah mengembangkan program resitasi untuk meningkatkan pemahaman konsep di beberapa topik fisika. Namun masih jarang yang mempertimbangkan bagaimana ukuran perilaku mahasiswa ketika mengakses program mungkin berdampak pada peningkatan penguasaan konsep. Untuk memenuhi kesenjangan tersebut penelitian ini menghadirkan program resitasi usaha-energi berbasis moodle dengan kontribusi baru yang menonjolkan aspek intensitas penggunaan program resitasi dan seberapa besar dampaknya terhadap peningkatan penguasaan konsep. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan penguasaan konsep mahasiswa setelah menggunakan program resitasi usaha-energi melihat perubahan resource mahasiswa sebelum dan sesudah menggakan program resitasi usaha-energi mengetahui pengaruh lama waktu akses terhadap peningkatan penguasaan konsep usaha-energi serta mengetahui persepsi mahasiswa terkait penggunaan program resitasi usaha-energi. Untuk mencapai tujuan tersebut penelitian ini menggunakan quasi-experimental designs. Data kuantitatif diperoleh dari hasil pretest dan posttest waktu real penggunaan program dan jawaban kuesioner. Penelitian dilakukan di Departemen Fisika dengan subjek penelitian adalah 78 mahasiswa yang sedang menempuh matakuliah Fisika Dasar I. Program resitasi usaha-energi diberikan setelah kegiatan pretets dan sebelum posttest yang diakses secara mandiri oleh mahasiswa diluar kelas. Instrumen penelitian ini terdiri atas (1) Tes penguasaan konsep yang terdiri dari 22 soal berbentuk pilihan ganda (2) kuesioner persepsi (3) log aktivitas program resitasi. Analisis data menggunakan uji t berpasangan n-gain crosstabulation dan uji korelasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa resitasi memberikan dampak positif terhadap peningkatan penguasaan konsep mahasiswa. Diperoleh n-gain penguasaan konsep sebesar 0 22. Adapun perubahan aktivasi resource mahasiswa terkait konsep usaha-energi terlihat dari hasil analisis crosstabulation pilihan jawaban mahasiswa yang menunjukkan pergeseran jawaban dari pretest ke posttest. Hal ini mencerminkan indikasi positif bahwa program resitasi usaha-energi memberikan dampak yang signifikan terhadap perubahan pemikiran mahasiswa menuju pemahaman yang lebih tepat sesuai konteks. Kemudian terdapat temuan lain yaitu terjadi peningkatan skor item untuk setiap soal kecuali nomor soal 22. Pada saat pretest terdapat 14 mahasiswa yang menjawab benar. Namun saat posttest hanya 8 mahasiswa yang berhasil menjawab benar. Selain itu masih terdapat 10 mahasiswa yang menunjukkan indikasi peningkatan yang relatif rendah dengan nilai n-gain lt 0 1. Padahal pada sebagian besar kasus program resitasi berdampak sangat signifikan untuk meningkatkan penguasaan konsep mahasiswa. Maka peneliti melakukan analisis perilaku pembelajaran kesepuluh mahasiswa tersebut dalam menggunakan program resitasi yaitu terkait pengaruh lama waktu akses terhadap peningkatan penguasaan konsep mahasiswa. Diperoleh hasil uji korelasi Rank Spearman dengan nilai signifikansi 0 04 lt 0 05 yang menunjukkan bahwa terdapat pengaruh lama waktu akses program resitasi terhadap peningkatan penguasaan konsep mahasiswa. Mahasiswa yang menghabiskan lebih banyak waktu mengakses persoalan-persoalan dalam program resitasi melaporkan pencapaian gain yang signifikan dibandingkan dengan mahasiswa yang mengakses program secara asal-asalan atau hanya membaca soal tanpa melakukan pemahaman mendalam. Selanjutnya mahasiswa memberikan respon positif terkait program resitasi dimana telah memotivasi dan mendukung proses belajar (kebermanfaatan) mudah digunakan serta memiliki tampilan yang menarik.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S2 Pendidikan Fisika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 19 Mar 2024 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2024 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/322909 |
Actions (login required)
View Item |