Aditya, Seli (2020) Pengembangan modul elektronik terintegrasi steam untuk meningkatkan pemahaman konsep gelombang bunyi dan keterampilan pemecahan masalah siswa Kelas xi / Seli Aditya</p>. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Gelombang bunyi merupakan konsep fisika yang dipelajari dan sering dijumpai dalam aplikasi kehidupan sehari-hari. Beberapa penelitian mengemukanakan bahwa siswa mengalami kesulitan dalam memahami konsep dan memiliki keterampilan pemecahan masalah yang rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui validitas dan kepraktisan dari modul elektronik dalam meningkatkan pemahaman konsep dan keterampilan pemecahan masalah siswa. Metode penelitian pengembangan yang digunakan adalah Research and Development (R amp D) dengan model ADDIE dengan uji efektivitas menggunakan quasi experimental design dengan desain pretest dan posttest design. Populasi pada penelitian ini sebanyak 58 siswa kelas XI IPA di SMA Laboratorium UM. Pengumpulan data dilakukakan melalui tes survei dan observasi. Soal tes dibagi menjadi dua kategori yaitu tes pemahaman konsep berupa soal pilihan ganda beralasan dan tes keterampilan pemecahan masalah berupa lembar kerja proyek. Jawaban siswa dianalisis menggunakan statistik deskriptif independent sample t Test dan N-gain test. Hasil survei dianalisis dengan cara reduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil analisis survei dan observasi digunakan untuk mengetahui kepraktisan modul elektronik. Kelayakan modul elektronik diperoleh dari uji validitas dan kepraktisan. Berdasarkan hasil validitas dengan ahli diperoleh hasil rata-rata sebesar 97 84% berarti modul elektronik dinyatakan sangat valid. Kepraktisan modul elektronik diperoleh dari hasil empiris respon siswa sebesar 91% (kategori sangat praktis). Peningkatan pemahaman konsep pada kelas eksperimen nilai N-gain sebesar 0 673 (tinggi) dan kelas kontrol sebesar 0 375 (rendah-medium). Hasil analisis keterampilan pemecahan masalah dapat dilihat melalui nilai N-gain sebesar 0 702 (tinggi) kelas eksperimen dan nilai Ngain sebesar 0 461 (tinggi-medium) pada kelas kontrol. Peningkatan tersebut juga ditunjukkan melalui analisis independent sample t-Test (p 0.000) yang menunjukkan bahwa terdapat perbedaan nilai kelas eksperimen dan kelas kontrol. Berdasarkan hasil penelitian kelayakan serta penerapan modul elektronik di kelas diperoleh kesimpulan bahwa modul elektronik layak digunakan dalam kegiatan pembelajaran karena dapat membantu siswa dalam memahami konsep dan meningkatkan keterampilan pemecahan masalah siswa.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S2 Pendidikan Fisika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 30 Jan 2020 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2020 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/322874 |
Actions (login required)
View Item |