Dristian, Umi Dristian (2023) Proses berpikir matematis siswa dalam mengonstruksi konsep barisan dan deret pada pembelajaran inquiry. / Umi Dristian</p>. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Proses berpikir matematis adalah aktivitas mental yang berkaitan erat dengan kecerdasan dan aktivitas psikis dalam pembentukan pengertian berupa konsep matematika. Proses berpikir diawali dengan menerima informasi mengolah informasi kemudian menyimpan informasi tersebut dalam ingatan dan diambil untuk digunakan saat dibutuhkan dalam pengolahan informasi berikutnya. Proses berpikir matematis sangat diperlukan dalam mempelajari materi terutama saat mengonstruksi konsep dari materi yang dipelajari seperti konsep barisan dan deret aritmetika. Berdasarkan hasil observasi yang telah dilakukan oleh peneliti di SMAK Yos Sudarso Batu ditemukan fakta bahwa dalam pembelajaran matematika guru masih mendominasi dengan memberikan materi secara langsung kepada siswa dan tidak melibatkan siswa dalam mengonstruksi konsep dari materi yang diajarkan. Oleh sebab itu diperlukan sebuah model pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik siswa dan materi agar siswa bisa terlibat langsung dalam mengonstruksi konsep dari materi yang diajarkan. Model pembelajaran yang melibatkan siswa secara langsung dalam mengonstruksi konsep dari materi yang diajarkan yaitu model pembelajaran inquiry. Model pembelajaran inquiry adalah rangkaian kegiatan pembelajaran yang memfokuskan pada proses berpikir secara kritis untuk mencari menyelidiki mengonstruksi dan menemukan konsep secara mandiri sehingga dapat meningkatkan kemampuan pemahaman konsep. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan proses berpikir matematis siswa dalam mengonstruksi konsep barisan dan deret pada pembelajaran inquiry. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Penelitian dilaksanakan pada tanggal 16 Januari 2023 sampai 27 Januari 2023 dengan subjek penelitian adalah siswa kelas XI SMA Katolik Yos Sudarso Batu. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu LKPD dan pedoman wawancara serta RPP sebagai pedoman dalam pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa mengalami proses berpikir dalam mengonstruksi konsep barisan dan deret aritmetika. Proses berpikir yang dialami siswa terjadi pada setiap tahap pembelajaran inquiry yang meliputi tahap orientasi merumuskan masalah merumuskan hipotesis mengumpulkan data menguji hipotesis dan merumuskan kesimpulan. Proses berpikir yang dialami siswa pada setiap tahap pembelajaran diawali dari kegiatan memahami maksud soal maupun materi mengingat kembali membandingkan materi yang dipelajari dengan materi sebelumnya dan menghubungkan materi barisan dan deret aritmetika dengan pengalaman belajar siswa. Tahapan proses berpikir yang dialami siswa dalam mengonstruksi konsep barisan dan deret aritmetika yaitu memahami maksud soal mengubah soal ke dalam model matematika melakukan operasi hitung dan menarik kesimpulan. Konsep barisan dan deret yang dikonstruksi oleh siswa yaitu rumus suku ke barisan aritmetika dan rumus jumlah suku pertama atau . Proses berpikir matematis yang dialami siswa juga dianalisis berdasarkan jawaban siswa mengerjakan LKPD dan kemudian dikonfirmasi melalui wawancara. Dari keenam tahap pembelajaran inquiry siswa mengatakan bahwa tahap mengumpulkan data dan menguji hipotesis merupakan tahap yang membutuhkan proses berpikir lebih dominan. Terdapat dua klasifikasi proses berpikir siswa dalam mengonstruksi konsep barisan dan deret aritmetika yaitu proses berpikir instrumental dan relasional instrumental. Proses berpikir relasional instrumental kemudian dikategorikan menjadi dua yaitu relasional kuat instrumental kuat dan relasional kuat instrumental lemah.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 05 Jun 2023 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2023 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/322744 |
Actions (login required)
View Item |