Proses pemecahan masalah matematika siswa ditinjau dari gaya belajar honey-mumford / Yuni Nopitasari Albar</p> - Repositori Universitas Negeri Malang

Proses pemecahan masalah matematika siswa ditinjau dari gaya belajar honey-mumford / Yuni Nopitasari Albar</p>

Albar, Yuni Nopitasari (2022) Proses pemecahan masalah matematika siswa ditinjau dari gaya belajar honey-mumford / Yuni Nopitasari Albar</p>. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pemecahan masalah matematika siswa ditinjau dari gaya belajar Honey-Mumford. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IX-1 dan IX-2 MTs Negeri 3 Bombana. Penelitian ini diawali dengan memberikan angket gaya belajar Honey-Mumford kepada 51 siswa dikelas tersebut. Dari hasil angket gaya belajar didapatkan 2 siswa bergaya belajar aktivis 15 siswa bergaya belajar reflektor 6 siswa bergaya belajar teoritis dan 3 siswa bergaya belajar pragmatis. Dengan mempertimbangkan tes pemecahan masalah matematika dan kemampun siswa dalam berkomunikasi selanjutnya peneliti memilih 4 siswa dari masing-masing gaya belajar Honey-Mumford yaitu satu siswa bergaya belajar aktivis satu siswa bergaya belajar reflektor satu siswa bergaya belajar teoritis dan satu siswa bergaya belajar pragmatis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada tahap memahami masalah siswa bergaya belajar aktivis membaca soal sebanyak dua kali siswa bergaya belajar reflektor membaca soal sebanyak lima kali siswa bergaya teoritis membaca soal sebanyak tiga sampai empat kali dan siswa bergaya belajar pragmatis membaca soal sebanyak tiga kali. Sehingga mereka dapat menyebutkan informasi yang diketahui dan ditanyakan pada soal dengan bahasanya sendiri dan membuat gambar sesuai dengan soal yang diberikan. Pada tahap menyusun rencana siswa bergaya belajar aktivis reflektor teoritis dan pragmatis memisalkan informasi mengaitkan rumus yang dipilih untuk menentukan jawaban yang diminta dengan menggunakan konsep matematika yang telah mereka ketahui sebelumnya. Selanjutnya pada tahap melaksanakan rencana penyelesaian siswa bergaya belajar aktivis reflektor teoritis dan pragmatis menggunakan rencana yang telah mereka buat dengan mengaitkan hal yang diketahui ditanyakan dan rumus yang telah mereka pilih. Siswa bergaya belajar aktivis reflektor teoritis dan pragmatis tidak melakukan tahap memeriksa kembali.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 03 Mar 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/322732

Actions (login required)

View Item View Item