Aaidati, Iffanna Fitrotul (2022) Struktur argumentasi mahasiswa pada penalaran kovariasional ditinjau dari adversity quotient / Iffanna Fitrotul Aaidati</p>. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Penalaran kovariasional merupakan pendekatan alternatif untuk mempelajari fungsi secara kontekstual yang melibatkan kejadian dinamis. Konsep fungsi yang melibatkan kejadian dinamis berkaitan erat dengan materi pada mata kuliah Kalkulus. Oleh karena itu penalaran kovariasional merupakan salah satu dasar untuk memahami Kalkulus secara lebih bermakna. Penalaran kovariasional menjadi sebuah kemampuan penting yang harus dimiliki oleh mahasiswa. Akan tetapi banyak mahasiswa mengalami kesulitan dan membuat kesalahan saat menyelesaikan masalah kovariasi yang membutuhkan kemampuan penalaran kovariasional. Masalah kovariasi merupakan masalah fungsi secara kontekstual yang melibatkan koordinasi antar kuantitas berbeda yang saling mempengaruhi perubahannya satu sama lain. Sementara itu ketika menyelesaikan masalah kovariasi mahasiswa menyusun argumentasi pada proses penalaran sehingga evaluasi penalaran kovariasional dapat dilakukan dengan menganalisis struktur argumentasi. Argumentasi merupakan proses untuk mengungkapkan pendapat sebagai bagian dari penalaran yang didasarkan pada fakta dan bukti untuk mendukung atau menyanggah pernyataan tertentu. Argumentasi sebagai bagian penalaran juga memerlukan proses berpikir tingkat tinggi saat seseorang menyelesaikan suatu masalah. Adapun cara seseorang untuk mengatasi dan menyelesaikan suatu permasalahan dipengaruhi oleh tingkatan adversity quotient. Adversity quotient merupakan ketangguhan seseorang dalam menghadapi dan menyelesaikan permasalahan. Oleh karena itu muncul dugaan bahwa ketangguhan seseorang dalam menghadapi dan menyelesaikan permasalahan dapat menjadi salah satu faktor non kognitif yang mempengaruhi argumentasi mahasiswa pada penalaran kovariasional. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan struktur argumentasi mahasiswa saat melakukan penalaran kovariasional yang dibedakan dari kategori adversity quotient. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif kualitatif yang disesuaikan dengan tujuan penelitian yaitu untuk mendeskripsikan perilaku mahasiswa dengan kategori adversity quotient yang berbeda saat menyusun argumentasi pada penalaran kovariasional. Mahasiswa dikelompokkan ke dalam tiga kategori adversity quotient menggunakan angket ARP (Adversity Respons Profile) kemudian struktur argumentasi dianalisis melalui hasil jawaban yang diperoleh melalui tes dan wawancara. Subjek pada penelitian ini adalah mahasiswa Semester 2 Universitas Negeri Malang Tahun Akademik 2021/2022 sebanyak 6 dari 139 orang yang sedang mengambil mata kuliah Kalkulus. Enam subjek tersebut terdiri dari 2 orang mahasiswa pada masing-masing kategori adversity quotient yaitu climber camper dan quitter. Hasil penelitian menunjukkan bahwa struktur argumentasi mahasiswa dengan adversity quotient kategori climber pada komponen evidence memberikan data yang lengkap dan cukup untuk mendukung claim. Adapun data yang diberikan bersumber dari informasi dan fakta yang relevan dengan masalah kovariasi. Pada komponen claim mahasiswa climber membuat pernyataan grafis yang benar dan pernyataan verbal yang melibatkan pemahaman tentang konsep jumlah perubahan satu kuantitas terhadap kuantitas lainnya. Pada komponen reasoning mahasiswa climber melakukan penalaran imitatif saat menjelaskan hubungan antara data dengan claim. Pada komponen rebuttal mahasiswa climber memberikan claim alternatif yang bertentangan dari jawaban benar serta memberikan claim alternatif sebagai hasil restrukturiasi claim awal yang salah. Selanjutnya mahasiswa kategori camper pada komponen evidence memberikan data yang lengkap dan cukup untuk mendukung claim. Pada komponen claim mahasiswa camper menyusun pernyataan grafis yang tepat dan melibatkan pemahaman tentang konsep arah perubahan kuantitas pada pernyataan verbal. Pada komponen reasoning mahasiswa camper melakukan penalaran imitatif dan pada komponen rebuttal mahasiswa camper tidak mampu memberikan claim alternatif yang benar sebagai restrukturisasi claim awal yang salah tetapi mampu memberikan claim alternatif yang bertentangan dengan claim awal yang benar. Selanjutnya mahasiswa kategori quitter pada komponen evidence memberikan data yang tidak lengkap bahkan sebagian data merupakan fakta yang tidak relevan dengan masalah kovariasi sehingga tidak cukup untuk mendukung claim. Pada komponen claim mahasiswa quitter memberikan pernyataan grafis dan verbal yang tidak sesuai dengan pertanyaan dan situasi masalah kovariasi. Pada komponen reasoning mahasiswa quitter melakukan penalaran imitatif dan pada komponen rebuttal mahasiswa quitter tidak mampu memberikan claim alternatif untuk merestrukturisasi claim awal yang salah.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 07 Oct 2022 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2022 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/322695 |
Actions (login required)
View Item |