Abdillah, Rizka (2022) Komunikasi matematis siswa dalam menyelesaikan soal pythagoras ditinjau dari gaya belajar siswa / Rizka Abdillah</p>. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Komunikasi matematis merupakan suatu penyampaian ide-ide atau gagasan matematika dari satu pihak kepada pihak lain. Siswa pada saat mengkomunikasikan ide-ide matematisnya berkaitan dengan bagaimana cara atau gaya siswa pada saat menyerap mengolah dan menyusun informasi yang didapatkan saat pembelajaran. Oleh sebab itu dapat dikatakan jika perbedaan gaya belajar siswa dapat memberikan pengaruh pada kemampuan komunikasi matematisnya. Studi pendahuluan yang dilakukan di SMP Aisyiyah Muhammadiyah 3 Malang menunjukkan bahwa setiap siswa memiliki perbedaan kemampuan komunikasi matematis dalam menyelesaikan soal Pythagoras. Berdasarakan hal tersebut peneliti akan fokus untuk mengkaji komunikasi matematis siswa baik tulis maupun lisan dalam menyelesaikan soal Pythagoras. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan komunikasi matematis siswa dalam menyelesaikan soal Pythagoras ditinjau dari gaya belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Agustus 2022. Subjek penelitian adalah 6 siswa kelas IX SMP Aisyiyah Muhammadiyah 3 Malang yaitu 2 siswa dengan gaya belajar visual 2 siswa dengan gaya belajar auditorial dan 2 siswa dengan gaya belajar kinestetik. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket gaya belajar tes komunikasi matematis dan wawancara. Data dianalisis dengan tahap reduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian yang diperoleh adalah sebagai berikut (1) siswa yang memiliki gaya belajar visual pada komunikasi matematis tulis mampu menuliskan langkah-langkah penyelesaian dan membuat kesimpulan dengan benar. Namun siswa tidak mampu menuliskan informasi yang diperoleh dari soal dan mengubah suatu informasi dalam bentuk gambar yang akan digunakan untuk menyelesaikan soal. Pada komunikasi matematis lisan siswa mampu mengungkapkan beserta mendemontrasikan informasi yang terdapat dalam soal menyampaikan langkah-langkah penyelesaian dan menyebutkan kesimpulan akhir dengan benar. Namun siswa tidak dapat menyampaikan serta mendemontrasikan cara yang akan digunakan untuk menyelesaikan soal (2) siswa yang memiliki gaya belajar auditorial pada komunikasi matematis tulis mampu menuliskan informasi yang diperoleh dari soal dan menuliskan langkah-langkah penyelesaian soal. Namun siswa tidak dapat mengubah informasi dalam bentuk gambar yang akan digunakan untuk menyelesaikan soal dan tidak dapat membuat kesimpulan dengan benar. Pada komunikasi matematis lisan siswa mampu memenuhi semua indikator yaitu mengungkapkan serta mendemontrasikan informasi yang terdapat dalam soal menyampaikan cara yang akan digunakan menuliskan langkah-langkah dalam menyelesaikan soal dan menyebutkan kesimpulan akhir dengan benar. (3) siswa yang memiliki gaya belajar kinestetik pada komunikasi matematis tulis siswa mampu memenuhi semua indikator yaitu menuliskan informasi yang diperoleh dari soal mengubah suatu informasi dalam bentuk gambar menuliskan langkah-langkah penyelesaian soal dan membuat kesimpulan dengan benar. Pada komunikasi matematis lisan siswa mampu memenuhi semua indikator yaitu mengungkapkan informasi yang terdapat dalam soal menyampaikan cara yang akan digunakan untuk menyelesaikan soal menyampaikan langkah-langkah dalam menyelesaikan soal yang diberikan dan menyebutkan kesimpulan akhir dengan benar. Sehingga siswa dengan gaya belajar kinestetik dalam penelitian ini dapat memenuhi semua indikator komunikasi matematis tulis dan lisan
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 06 Dec 2022 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2022 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/322692 |
Actions (login required)
View Item |