Pengembangan lks berbasis discovery learning untuk meminimalisir kesalahan siswa SMAN 1 Sumberpucung pada materi nilai mutlak / Octavita Cahyaningtyas</p> - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan lks berbasis discovery learning untuk meminimalisir kesalahan siswa SMAN 1 Sumberpucung pada materi nilai mutlak / Octavita Cahyaningtyas</p>

Cahyaningtyas, Octavita (2022) Pengembangan lks berbasis discovery learning untuk meminimalisir kesalahan siswa SMAN 1 Sumberpucung pada materi nilai mutlak / Octavita Cahyaningtyas</p>. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Materi nilai mutlak adalah salah satu materi yang memiliki nilai rendah pada ulangan harian siswa karena banyaknya kesalahan yang mereka lakukan. Berdasarkan hasil analisis kesalahan yang muncul yaitu kesalahan memahami transformasi dan memproses. Kesalahan yang dialami siswa sangat berpengaruh terhadap tingkat pemahaman siswa pada suatu konsep. Discovery learning adalah salah satu metode pembelajaran yang dapat membantu siswa dalam menemukan konsep. Penerapan metode ini dapat diwujudkan dengan memanfaatkan bahan ajar berupa LKS karena LKS berisi tugas dan petunjuk serta kegiatan yang harus dilakukan siswa untuk menemukan suatu konsep. Berdasarkan hal tersebut maka peneliti mengembangkan LKS berbasis discovery learning untuk meminimalisir kesalahan siswa pada materi nilai mutlak yang valid praktis dan efektif. Prosedur penelitian ini dilakukan dengan mengacu pada model ADDIE yang terdiri dari lima tahap yaitu tahap analisa desain pengembangan implementasi dan evaluasi. Pada penelitian ini dilakukan tiga tes uji yaitu uji kevalidan uji kepraktisan dan uji keefektifan. Uji kevalidan dilakukan oleh tiga validator yaitu dua dosen matematika sebagai validator ahli dan satu guru matematika SMAN 1 Sumberpucung sebagai validator praktisi. Setelah LKS dinyatakan valid maka LKS diujicobakan pada siswa kelas X IPA 3 yang belum menempuh materi nilai mutlak sebagai subjek uji coba. Uji kepraktisan produk dilakukan menggunakan lembar angket respon siswa yang diisi oleh subjek uji coba. Sedangkan uji keefektifan produk diperoleh melalui tes formatif kepada subjek uji coba setelah menggunakan LKS yang dikembangkan. Berdasarkan analisis data diperoleh hasil yaitu (1) uji kevalidan memperoleh skor rata-rata kevalidan LKS yaitu 3 4 dengan kriteria valid (2) uji kepraktisan menggunakan lembar angket respon siswa dinyatakan praktis dengan skor rata-rata kepraktisan yaitu 3 5 (3) uji keefektifan dinyatakan efektif berdasarkan hasil tes formatif siswa yang menunjukkan penurunan persentase kesalahan yang dilakukan siswa yaitu lebih dari 85% dari sebelum menggunakan LKS ke setelah menggunakan LKS. Sehingga LKS dikatakan efektif untuk meminimalisir kesalahan yang siswa lakukan. Dengan demikian pengembangan LKS berbasis discovery learning untuk meminimalisir kesalahan siswa SMAN 1 Sumberpucung pada materi nilai mutlak dinyatakan valid praktis dan efektif.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 11 Jul 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/322682

Actions (login required)

View Item View Item