Tindak tutur edukatif dalam film bergenre keluarga modern / Madu Trisna Devi</p> - Repositori Universitas Negeri Malang

Tindak tutur edukatif dalam film bergenre keluarga modern / Madu Trisna Devi</p>

Devi, Madu Trisna (2024) Tindak tutur edukatif dalam film bergenre keluarga modern / Madu Trisna Devi</p>. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Tindak tutur yang akan diungkap dalam penelitian ini adalah tindak tutur edukatif. Tindak tutur edukatif menjadi aspek penting yang perlu adanya pemahaman sebagai tolok ukur kehidupan. Tindak tutur edukatif memiliki fungsi mengedukasi dan memberitahukan spiritual intelektual moralitas dan emosional penutur kepada mitra tutur. Tindak tutur edukatif tidak hanya dapat dijumpai dalam kegiatan berbahasa manusia secara langsung tetapi dapat dijumpai melalui media lain seperti film. Film bergenre keluarga modern saat ini menjadi pandangan bagi para keluarga dalam menjalani kehidupan sehari-hari. Komunikasi orang tua dalam keluarga berfungsi untuk menyampaikan nasihat kepada anaknya. Penelitian ini akan mendeskripsikan bentuk fungsi strategi dan nilai-nilai tindak tutur edukatif dalam film bergenre keluarga modern. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan landasan teori pragmatik. Sumber data dalam penelitian ini ditemukan tiga judul film yaitu (1) Nanti Kita Cerita tentang Hari Ini (2) Dua Garis Biru dan (3) Ali dan Ratu-Ratu Queen rsquo s. Metode yang digunakan untuk pengumpulan data yaitu teknik simak dan catat. Instrumen utama dalam penelitian ini adalah peneliti sendiri (Human Instrument) sedangkan instrumen pendukung dalam penelitian ini berupa tabel panduan pengumpulan data dan tabel analisis data. Berdasarkan penelitian ditemukan empat hasil penelitian. Pertama terdapat lima bentuk tindak tutur dalam film bergenre keluarga modern yaitu (1) direktif (2) asertif (3) ekspresif (4) komisif dan (5) deklaratif. Kedua terdapat lima fungsi tindak tutur dalam film NKCTHI yaitu (1) fungsi tindak tutur edukatif direktif memerintah direktif menyarankan direktif menuntut direktif memohon dan direktif melarang (2) fungsi tindak tutur edukatif asertif menegaskan asertif melaporkan asertif menyatakan asertif memberitahukan dan asertif mengingatkan (3) fungsi tindak tutur edukatif ekspresif memperingatkan ekspresif memuji ekspresif meyakinkan ekspresif menyapa ekspresif mengucapkan selamat ekspresif meminta maaf ekspresif berterima kasih ekspresif mengucapkan salam dan ekspresif belasungkawa (4) fungsi tindak tutur edukatif komisif menjanjikan serta (5) fungsi tindak tutur edukatif deklaratif memutuskan dan deklaratif melarang. Ketiga strategi tindak tutur edukatif langsung yang ditemukan dalam film bergenre keluarga modern ada lima yaitu (1) strategi tindak tutur edukatif direktif langsung (2) strategi tindak tutur edukatif asertif langsung (3) strategi tindak tutur edukatif ekspresif langsung (4) strategi tindak tutur edukatif komisif langsung dan (5) strategi tindak tutur edukatif deklaratif langsung. Sementara itu terdapat dua strategi tindak tutur edukatif tidak langsung yang ditemukan dalam film bergenre keluarga modern yaitu (1) strategi tindak tutur edukatif asertif tidak langsung dan (2) strategi tindak tutur edukatif ekspresif tidak langsung. Keempat nilai tindak tutur edukatif yang ditemukan dalam film bergenre keluarga modern ada sepuluh yaitu (1) tanggung jawab (2) kerja keras (3) cinta damai (4) mandiri (5) menghargai prestasi (6) jujur (7) religius (8) peduli sosial (9) sopan santun dan (10) cinta tanah air. Setelah melakukan penelitian hasil penelitian ini memberikan pengaruh positif untuk keluarga dalam menerapkan pendidikan menggunakan komunikasi yang tepat dan efektif. Selain itu manfaat penelitian ini menanamkan nilai etika bermasyarakat dan beragama. Penelitian ini digunakan di bidang pendidikan di sekolah. Nilai edukatif dan strategi yang ditemukan dalam objek film keluarga modern dapat dimanfaatkan oleh guru sebagai keluarga di sekolah untuk diterapkan kepada peserta didik melalui komunikasi yang efektif dalam proses pembelajaran. Penelitian ini juga diharapkan dapat memberi manfaat bagi peneliti selanjutnya sebagai referensi penelitian dalam bidang bahasa yang berkaitan dengan tindak tutur edukatif.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S2 Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: library UM
Date Deposited: 25 Jun 2024 04:29
Last Modified: 09 Sep 2024 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/322418

Actions (login required)

View Item View Item