Apriliani, Susanti Try (2023) Implementasi merdeka belajar dalam buku teks cerdas cergas berbahasa dan bersastra Indonesia Kelas x SMA / Susanti Try Apriliani</p>. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Merdeka belajar adalah sebuah program baru dalam pendidikan untuk menggali potensi pendidik dan peserta didik dalam meningkatkan kualitas pembelajaran di kelas melalui kebebasan berpikir berkreasi berinovasi dan berimprovisasi. Merdeka belajar tersebut digunakan serentak dalam satuan pendidikan Indonesia khususnya kelas X SMA. Adanya program baru merdeka belajar juga disertai dengan perubahan buku teks yang digunakan dan disesuaikan dengan pendekatan tujuan dan karakteristik peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi merdeka belajar dalam buku teks CCBBI (Cerdas Cergas Berbahasa dan Bersastra Indonesia) X SMA. Dalam mencapai tujuan tersebut kajian penelitian ini difokuskan pada implementasi merdeka belajar dalam isi materi startegi penyajian dan asesmen buku teks CCBBI kelas X SMA. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis penelitian analisis konten. Data pada fokus pertama adalah kalimat dan paragraf yang terdapat pada materi teks bacaan dan gambar yang merepresentasikan merdeka belajar. Sementara itu data fokus kedua adalah kata kalimat dan paragraf yang terdapat pada penyajian materi petunjuk belajar dan kegiatan dalam buku teks berdasarkan pemilihan kata yang merepresentasikan merdeka belajar. Selanjutnya data pada fokus ketiga adalah kata kalimat dan paragraf yang terdapat pada soal dan refleksi pembelajaran berdasarkan pemilihan kata yang merepresentasikan merdeka belajar. Sumber data dalam penelitian ini adalah buku teks yang berjudul CCBBI (Cerdas Cergas Berbahasa dan Bersastra Indonesia) kelas X SMA yang diterbitkan oleh Kementrian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi pada tahun 2021. Adapun pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan teknik dokumentasi. Terdapat dua instrumen dalam penelitian ini yaitu instrumen utama dan instrumen pendukung. Instrumen utama penelitian ini adalah peneliti sendiri. Sementara itu instrumen pendukung dalam penelitian ini adalah tabel panduan analisis data pedoman pengkodean data pengumpulan data dan hasil analisis data. Berdasarkan hasil penelitian pertama ditemukan lima implementasi merdeka belajar dalam isi materi buku teks CCBBI. Lima temuan tersebut adalah (1) isi materi yang fleksibilitas (2) ruang lingkup isi materi berdifrensiasi (3) isi materi mengandung dimensi Profil Pelajar Pancasila (P5) (4) isi materi mengangkat tema P5 dan (5) isi materi mengandung enam elemen keterampilan berbahasa. Kedua ditemukan lima strategi merdeka belajar dalam buku teks CCBBI. Lima strategi tersebut adalah (1) strategi pedagogi genre (2) strategi inqury (3) strategi problem based learning (4) strategi project based learning dan (5) strategi ekspositori. Ketiga termuat lima bentuk asesmen merdeka belajar dalam buku teks CCBBI. Kelima bentuk asesemen tersebut adalah tes esai tes benar-salah tes berbentuk tabel refleksi (penilaian diri) dan penilaian antarteman. Setelah melakukan penelitian dan mendapatkan hasil penelitian disarankan untuk pendidik membaca hasil penelitian ini karena dapat digunakan sebagai acuan pengetahuan terkait implementasi merdeka belajar dalam buku teks. Saran untuk mahasiswa adalah menggunakan hasil penelitian ini sebagai refrensi dalam diskusi pada mata kuliah analisis buku teks dan kurikulum merdeka belajar. Selanjutnya saran untuk peneliti lain adalah dapat melakukan penelitian implementasi merdeka belajar dengan kajian lain seperti melakukan penelitan implementasi merdeka belajar dalam buku teks dengan menggunakan alat ukur dan meneliti pengaruh merdeka belajar terhadap tingkat pemahaman dan motivasi peserta didik (pembaca).
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S2 Pendidikan Bahasa Indonesia |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 22 Jan 2023 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2023 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/322399 |
Actions (login required)
View Item |