Implementasi keteladanan nabi dalam pendidikan karakter anak kelompok b di TK Muslimat NU 07 Mergosono Kota Malang / Tri Aisyah</p> - Repositori Universitas Negeri Malang

Implementasi keteladanan nabi dalam pendidikan karakter anak kelompok b di TK Muslimat NU 07 Mergosono Kota Malang / Tri Aisyah</p>

Aisyah, Tri (2022) Implementasi keteladanan nabi dalam pendidikan karakter anak kelompok b di TK Muslimat NU 07 Mergosono Kota Malang / Tri Aisyah</p>. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Keteladanan merupakan salah satu strategi pendidikan dalam pembentukan karakter anak. Suri tauladan bagi umat islam adalah Nabi Muhammad Saw yang memiliki empat sifat wajib yang dapat ditiru oleh umat manusia agar memiliki karakter yang baik. Dalam implementasi pendidikan karakter di lembaga pendidikan anak usia dini yang berbasis islami diterapkan melalui kegiatan yang mudah dilakukan anak dan disatukan dengan tema-tema yang ada. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan penerapan keteladanan empat sifat nabi dalam pendidikan karakter faktor penghambat penerapan empat sifat nabi dalam pendidikan karakter dan pemecahan masalah penerapan empat sifat nabi dalam pendidikan karakter anak kelompok B TK Muslimat NU 07 Mergosono. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif. Terdapat informan penelitian yaitu kepala sekolah dan guru kelompok B TK Muslimat NU 07 Mergosono. Proses analisis data dilakukan mulai dari pengumpulan data reduksi data display data dan terakhir penarikan kesimpulan. Sumber data berasal dari kepala sekolah dan guru kelompok B TK Muslimat NU 07 Mergosono melalui wawancara. Hasil penelitian mengenai penerapan keteladanan Nabi dalam pendidikan karakter anak kelompok B sebagai berikut kepala sekolah dan guru telah melaksanakan penerapan empat sifat Nabi yaitu shiddiq amanah tabligh dan fathonah dalam pendidikan karakter anak kelompok B di TK Muslimat NU 07 Mergosono dengan baik. Adapun faktor penghambat penerapan empat sifat Nabi dalam pendidikan karakter adalah faktor eksternal dan internal. Pemecahan masalah dalam penerapan empat sifat Nabi dalam pendidikan karakter yaitu bekerjasama dengan wali murid untuk mengupayakan pembentukan karakter baik pada anak baik di lingkungan sekolah lingkungan keluarga dan lingkungan masyarakat. Saran kepada kepala sekolah dan guru untuk memperhatikan kegiatan-kegiatan yang akan diberikan kepada peserta didik agar sifat-sifat Nabi yang diterapkan melalui pendidikan karakter dapat meningkat dengan baik secara kontinyuitas demi terbentuknya karakter-karakter baik pada anak sejak usia dini hingga di masa yang akan datang.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S2 Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: library UM
Date Deposited: 14 Mar 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/322219

Actions (login required)

View Item View Item