Damayanti, Dimas Pahlawanita (2023) Dukungan orangtua kepada anaknya dalam proses pendidikan di Pondok Pesantren (studi kasus di Pondok Pesantren Tebuireng Jombang) / Dimas Pahlawanita Damayanti</p>. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Dukungan orangtua terhadap santri sangat penting sehingga perlu dikakukan penelitian tentang dukungan orangtua kepada anaknya yang mondok di Pondok Pesantren Tebuireng Jombang sebagai satuan pendidikan nonformal keagamaan Islam. Penelitian ini bertujuan untuk (1) menganalisis hal-hal yang mendorong orangtua mengirim dan mendukung anaknya ke pondok pesantren dan memberikan dukungan kepada anaknya yang mondok di Pondok Pesantren Tebuireng (2) menganalisis bentuk pemberian dukungan orangtua kepada anaknya yang mondok di Pondok Pesantren Tebuireng dan (3) menganalisis upaya-upaya peningkatan dukungan orangtua kepada anaknya yang mondok di Pondok Pesantren Tebuireng. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Pengumpulan data dilaksanakan dengan menerapkan teknik (a) wawancara mendalam (b) observasi partisipatif dan (c) studi dokumentasi. Dalam hal ini dipilih orangtua dari santri yang menjadi subjek penelitian. Peneliti mempertimbangkan ustadz/ustadzah di pondok pesantren untuk memperoleh perspektif yang lebih luas tentang dukungan orangtua dalam kehidupan santri. Santri yang menjadi subjek penelitian adalah yang (a) bersedia untuk berpartisipasi dalam penelitian (b) konsistensi dan ketekunan dalam mengikuti kegiatan pendidikan dan keagamaan di pondok pesantren dan (c) kepedulian terhadap lingkungan sekitar dan mampu berinteraksi dengan baik dengan teman dan ustadz/ustadzah. Data penelitian ini dianalisis menggunakan teknik analisis tematik. Penelitian ini menemukan tiga motif dukungan orangtua di Pondok Pesantren Tebuireng pertama motif pendidikan agama dan moral komprehensif untuk membentuk karakter saleh kedua motif kecintaan kepada NU dan ideologi Aswaja dalam memberikan pendidikan agama yang baik ketiga motif pembentukan karakter yang baik di lingkungan pondok. Orangtua berharap agar di pondok pesantren anak mengalami perubahan perilaku melalui program khusus dan kegiatan ekstrakurikuler untuk pengembangan karakter. Dukungan orangtua di Pondok Pesantren Tebuireng meliputi aspek akademik motivasi dan dukungan finansial. Dukungan akademik yang dilakukan orangtua ialah berupa pemberian perhatian pada prestasi belajar pemberian buku penunjang dan penanganan les tambahan. Dukungan motivasi dilakukan orangtua dengan komunikasi intensif kunjungan keluarga dan pemberian hadiah. Dukungan finansial berupa pembayaran biaya pendidikan dan biaya hidup selama di pondok pesantren. Orangtua melakukan upaya peningkatan dukungan dengan komunikasi efektif perhatian intensif terhadap kesulitan belajar serta penciptaan lingkungan belajar yang nyaman ketika musim liburan pondok. Dukungan positif dan apresiasi diberikan melalui kebijakan pembatasan penggunaan gadget mendorong penerapan ilmu dalam kehidupan sehari-hari dan memperkuat dukungan keluarga melalui program pelatihan pendidikan agama dan karakter selama santri berada di lingkungan rumah ketika musim liburan. Dengan pendekatan holistik ini orangtua berperan penting dalam penciptaan lingkungan yang mendukung pertumbuhan optimal anaknya di pondok pesantren. Orangtua yang memondokkan dan orangtua yang ingin memondokkan anak di Pondok Pesantren Tebuireng disarankan untuk memiliki pemahaman yang jelas tentang tujuan pemondokan orangtua juga hendaknya menjaga komunikasi terbuka dengan pondok pesantren dan anak serta memberikan dukungan aktif baik akademik motivasi maupun finansial. Penting juga bagi orangtua untuk berkolaborasi erat dengan pondok pesantren melakukan evaluasi berkala terhadap perkembangan anak dalam upaya peningkatan dukungan kepada anak dan ikhlas untuk menjalani jarak fisik yang jauh dengan anak. Pengasuh Pondok Pesantren Tebuireng disarankan untuk meningkatkan dukungan orangtua dengan menyelenggarakan pelatihan dan layanan konseling teratur serta memfasilitasi kolaborasi dengan komunitas sekitar. Kolaborasi yang kuat antara pengasuh orangtua dan guru diharapkan dapat mencapai tujuan pendidikan dan pembentukan karakter yang baik bagi santri.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Sekolah (PLS) > S2 Pendidikan Luar Sekolah |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 11 Jan 2023 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2023 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/322138 |
Actions (login required)
View Item |