Evaluasi kebijakan pendidikan: pengaruh kebijakan bantuan pendidikan terhadap capaian pisa dimoderasi oleh sumber daya Sekolah, pembelajaran guru, kesejahteraan siswa SMK dan SMK di Provinsi Jawa Timur / Abd. Rohim Asnawi</p> - Repositori Universitas Negeri Malang

Evaluasi kebijakan pendidikan: pengaruh kebijakan bantuan pendidikan terhadap capaian pisa dimoderasi oleh sumber daya Sekolah, pembelajaran guru, kesejahteraan siswa SMK dan SMK di Provinsi Jawa Timur / Abd. Rohim Asnawi</p>

Asnawi, Abd. Rohim (2023) Evaluasi kebijakan pendidikan: pengaruh kebijakan bantuan pendidikan terhadap capaian pisa dimoderasi oleh sumber daya Sekolah, pembelajaran guru, kesejahteraan siswa SMK dan SMK di Provinsi Jawa Timur / Abd. Rohim Asnawi</p>. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kebijakan bantuan pendidikan yang dikeluarkan oleh pemerintah kepada sekolah dan siswa dapat meningkatkan kualitas penyelenggaraan pendidikan. Bantuan pendidikan yang diberikan ke sekolah guru dan siswa dapat meningkatkan sumber daya sekolah meningkatkan pembelajaran guru serta meningkatkan kesejahteraan siswa. Dengan peningkatan sumber daya sekolah pembelajaran guru dan kesejahteraan siswa dapat meningkatkan pencapaian PISA. Selain itu tujuan dikeluarkannya kebijakan tersebut salah satunya adalah untuk meningkatkan pencapaian PISA. Dengan banyaknya bantuan yang terus mengalami peningkatan angka PISA cenderung tidak mengalami kenaikan yang signifikan. Maka dari itu perlu dilakukan evaluasi kebijakan bantuan pendidikan terhadap penerima dan pemanfaatan kebijakan tersebut. Pihak penerima dan pemanfaatan kebijakan tersebut adalah sekolah pendidik atau guru serta siswa. Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh kebijakan bantuan pendidikan yang diberikan oleh pemerintah terhadap sumber daya sekolah pembelajaran guru dan kondisi kesejahteraan siswa terhadap capaian PISA. Selain itu tujuan umum penelitian ini adalah mengetahui pengaruh kebijakan bantuan pendidikan terhadap PISA melalui pembelajaran guru pengaruh kebijakan bantuan pendidikan terhadap PISA melalui kesejahteraan siswa dan pengaruh kebijakan bantuan pendidikan terhadap PISA melalui sumber daya sekolah. Pengaruh sumber daya sekolah kesejahteraan siswa dan pembelajaran guru secara simultan terhadap PISA. Serta pengaruh kebijakan bantuan pendidikan terhadap PISA itu sendiri maupun melalui moderasi variabel sumber daya sekolah kesejahteraan siswa dan pembelajaran guru. Jenis penelitian menggunakan jenis eksplanatori dengan pendekatan kuantitatif. Lokasi penelitian ini bertempat di Provinsi Jawa Timur dengan pemilihan sampel di 6 kabupaten/kota. Lokasi kabupaten/kota antara lain Ponorogo Tuban Tulungagung Banyuwangi Surabaya Kota Malang. penelitian ini mengambil populasi siswa SMA dan SMK di Provinsi Jawa Timur dengan jumlah sampel sebesar 560 siswa dengan penarikan sampel menggunakan teknik sampling stratified random sampling area proportional random sampling dan quota random sampling. Data dikumpulkan menggunakan kuesioner dan skala pengukuran dalam penelitian ini menggunakan skala likert. Variabel penelitian menggunakan 5 variabel dengan variabel bebas adalah kebijakan bantuan pendidikan variabel antara/ moderator adalah sumber daya sekolah Pembelajaran Guru dan Kesejahteraan Siswa dan variabel terikat adalah capaian PISA. Analisis data yang digunakan adalah SEM (Structural Equation Modelling). Berdasarkan hasil pengujian hipotesis (1) Terdapat pengaruh langsung bantuan pendidikan terhadap sumber daya sekolah. (2) Terdapat pengaruh langsung bantuan pendidikan terhadap kinerja pembelajaran guru. (3) Terdapat pengaruh langsung bantuan pendidikan terhadap kesejahteraan siswa. (4) Tidak terdapat pengaruh langsung sumber daya sekolah terhadap capaian PISA. (5) Terdapat pengaruh langsung sumber kinerja pembelajaran guru terhadap capaian PISA. (6) Terdapat pengaruh langsung kesejahteraan siswa terhadap capaian PISA. (7) Terdapat pengaruh langsung bantuan pendidikan terhadap capaian PISA. (8) Terdapat pengaruh langsung secara simultan sumber daya sekolah pembelajaran guru dan kesejahteraan siswa terhadap Capaian PISA. (9) Kebijakan bantuan pendidikan tidak berpengaruh terhadap PISA melalui sumber daya sekolah. (10) Kebijakan bantuan pendidikan tidak berpengaruh terhadap PISA melalui kinerja pembelajaran guru. (11) Kebijakan bantuan pendidikan berpengaruh terhadap PISA melalui kesejahteraan siswa. (12) Terdapat pengaruh tidak langsung kebijakan bantuan pendidikan terhadap PISA melalui sumber daya sekolah pembelajaran guru dan kesejahteraan siswa. Saran yang dapat diberikan kepada kementerian pendidikan adalah dengan meningkatkan bantuan pendidikan agar fokus kepada sumber daya sekolah. Pemerintah provinsi lebih ketat dalam pengawasan pengelolaan sumber daya sekolah baik sumber daya manusia sumber daya sarana dan prasaran dan sumber daya finansial. Sekolah untuk lebih meningkatkan inovasi dalam pembiayaan pendidikan dalam meningkatkan kualitas penerimaan siswa baru media pembelajaran peralatan sekolah dan ketercukupan biaya sekolah. Guru untuk lebih meningkatkan motivasi guru kepada siswa dalam mengajar. orang tua siswa untuk lebih berpartisipasi dalam proses pengawasan proses pendidikan di sekolah dan dukungan materi ke sekolah. Serta saran untuk penelitian selanjutnya adalah melengkapi keterbatasan dalam penelitian ini. Ruang lingkup perlu di perluas yang sebelumnya hanya di lingkup provinsi Jawa Timur dan jenjang pendidikan populasi juga perlu ditingkatkan menjadi jenjang SMP dan SD.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S2 Manajemen Pendidikan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 26 Jun 2023 04:29
Last Modified: 09 Sep 2023 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/322095

Actions (login required)

View Item View Item