Peran manajerial Kepala Sekolah berbasis nilai-nilai kristiani (studi multi situs di SMP Katolik Santa Maria 2, SMP Katolik frateran celaket 21, dan SMP Kristen kalam kudus Malang) / Arianus Adam Raja Oja</p> - Repositori Universitas Negeri Malang

Peran manajerial Kepala Sekolah berbasis nilai-nilai kristiani (studi multi situs di SMP Katolik Santa Maria 2, SMP Katolik frateran celaket 21, dan SMP Kristen kalam kudus Malang) / Arianus Adam Raja Oja</p>

Oja, Arianus Adam Raja (2023) Peran manajerial Kepala Sekolah berbasis nilai-nilai kristiani (studi multi situs di SMP Katolik Santa Maria 2, SMP Katolik frateran celaket 21, dan SMP Kristen kalam kudus Malang) / Arianus Adam Raja Oja</p>. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Peran kepala sekolah di suatu lembaga pendidikan sangat penting karena dapat memengaruhi kesuksesan atau kegagalan lembaga dalam upaya menggapai tujuan yang direncanakan. Oleh karena itu seorang kepala sekolah wajib memiliki keterampilan manajerial dalam mengemban tugas dan fungsinya. Secara umum fungsi-fungsi manajemen diklasifikasikan dalam empat bagian yakni perencanaan pengorganisasian penggerakan dan pengawasan. Pada lembaga pendidikan swasta berbasis Kristiani peran-peran manajerial tersebut dapat diterapkan berdasarkan nilai-nilai Kristiani yang menjadi ciri khas sekolah. Merujuk pada Alkitab nilai-nilai Kristiani dapat ditemukan dalam Surat Rasul Paulus kepada jemaat di Galatia 5 22-23 yang biasa juga disebut dengan Buah-buah Roh yaitu kasih sukacita damai sejahtera kesabaran kemurahan kebaikan kesetiaan kelemahlembutan dan penguasaan diri. Fokus penelitian ini adalah peran kepala sekolah dalam perencanaan pengorganisasian penggerakan dan pengawasan berbasis nilai-nilai Kristiani di SMP Katolik Santa Maria 2 SMP Katolik Frateran Celaket 21 dan SMP Kristen Kalam Kudus Malang. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan studi multi situs. Pemilihan situs dalam penelitian ini didasarkan pada kesamaan latar yaitu sebagai lembaga pendidikan berbasis iman Kristiani. Data penelitian bersumber dari informasi atau fakta yang didapatkan dari informan utama yaitu kepala sekolah dan sumber-sumber lain yang berkaitan dan dikumpulkan melalui wawancara observasi dan studi dokumentasi. Data dianalisis menggunakan dua jenis analisis data yaitu analisis data dalam situs dan analisis data lintas situs. Untuk mengecek keabsahan data peneliti menggunakan teknik credibility dependability dan confirmability. Peran kepala sekolah dalam perencanaan meliputi perumusan visi misi dan tujuan sekolah dan penyusunan rencana program sekolah. Kepala sekolah mendampingi memimpin dan memfasilitasi seluruh staf sekolah dalam merumuskan atau me-review rumusan visi misi dan tujuan sekolah. Kepala sekolah menyusun program sekolah dalam sebuah rapat kerja bersama seluruh staf dan pihak-pihak terkait sebelum memasuki tahun ajaran baru. Kepala sekolah menjabarkan nilai-nilai Kristiani dalam rumusan visi misi dan tujuan sekolah dan dikonkretisasi dan terintegrasi dalam seluruh program kegiatan sekolah. Dalam melaksanakan peran perencanaan kepala sekolah nilai-nilai Kristiani meliputi kesetiaan kesabaran kerendahan hati tanggung jawab pelayanan dan kasih. Peran kepala sekolah dalam pengorganisasian meliputi pembuatan struktur organisasi sekolah mengorganisasi tugas-tugas menyusun uraian tugas dan tanggung jawab dan membentuk hubungan kerja bagi seluruh staf sekolah. Kepala sekolah menempatkan seluruh staf dalam struktur organisasi sekolah berdasarkan kompetensi dan ijazah yang dimiliki. Kepala sekolah mengorganisasi tugas-tugas serta menyusun uraian tugas dan tanggung jawab seluruh staf. Kepala sekolah memberikan arahan motivasi dan penghargaan kepada seluruh staf dan memastikan bahwa setiap staf memahami tugasnya dengan jelas dan menyelesaikannya sesuai target. Kepala sekolah membangun komunikasi yang terbuka dan hangat untuk membentuk hubungan kerja yang harmonis dan kondusif. Kepala sekolah memiliki sikap kasih yang tulus menghargai potensi staf sabar persaudaraan pernghargaan kepada martabat tiap pribadi komunikasi yang terbuka perhatian pelayanan solidaritas dan kepedulian. Peran kepala sekolah dalam penggerakan meliputi bimbingan motivasi dan dorongan memberi perintah atau petunjuk menegakkan kedisiplinan dan membangun komunikasi dan hubungan baik dengan seluruh staf sekolah. Kepala sekolah menggerakan staf melalui pendekatn pribadi atau secara bersama-sama melalui rapat koordinasi petunjuk langsung briefing harian refleksi retret dan evaluasi diri. Kepala sekolah menjadi teladan dalam menciptakan budaya kedisiplinan sehingga seluruh staf sekolah tergerak untuk meneladaninya. Kepala sekolah memiliki tata cara komunikasi yang baik hangat dan terbuka mampu mendengarkan keluhan dan kesulitan yang dihadapi guru-guru dan menyediakan diri menjadi pendengar yang baik. Melalui pendekatan kekeluargaan humanis dan kolegalitas kepala sekolah membangun hubungan baik dengan seluruh staf sekolah. Nilai-nilai Kristiani dalam penerapan peran penggerakan kepala sekolah meliputi kasih kesabaran penghargaan dan pengakuan kepada tiap pribadi pengabdian yang tulus sukacita dan kedamaian. Peran kepala sekolah dalam pengawasan meliputi evaluasi supervisi dan pembinaan bagi seluruh staf sekolah. Evaluasi dilakukan secara rutin sebagai bentuk pengawasan kepala sekolah terhadap seluruh program sekolah. Kepala sekolah melaksanakan supervisi sebagai bentuk pengawasan terhadap pelaksanaan pembelajaran. Kepala sekolah melaksanakan pembinaan guru sebagai tindak lanjut dari hasil evaluasi dan supervisi. Bentuk-bentuk pembinaan guru berupa pemberian feedback koreksi penguatan motivasi masukan dan arahan. Dapat pula berupa pelatihan seminar workshop pembinaan rohani dan karakter dan pembicaraan pribadi. Nilai-nilai Kristiani dalam penerapan peran pengawasan kepala sekolah meliputi kasih kesabaran kerendahan hati ketekunan keterbukaan kejujuran penghargaan kepada tiap pribadi komunikasi yang santun hangat terbuka dan penuh kasih empati dan saling menghormati. Saran kepada (1) Dinas Pendidikan sebagai masukan dalam rangka memberi pembinaan dan pengawasan terhadap para kepala sekolah terutama dalam mengimplementasi peran manajerial kepala sekolah berbasis nilai-nilai Kristiani (2) Pengurus Yayasan sebagai masukan dalam memberi pembinaan dan pengawasan terhadap kepala sekolah terutama dalam menjalankan peran manajerial kepala sekolah berbasis nilai-nilai Kristiani di lembaga pendidikan masing-masing (3) Kepala Sekolah sebagai penguatan dan motivasi supaya tetap konsisten menerapkan nilai-nilai Kristiani dalam mengimplementasikan peran manajerial di lembaga pendidikan masing-masing dan (4) Peneliti lain sebagai referensi untuk mengkaji lebih dalam fokus-fokus penelitian ini dan mengembangkannya dengan pendekatan latar kajian dan fokus yang lain.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S2 Manajemen Pendidikan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 07 May 2023 04:29
Last Modified: 09 Sep 2023 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/322089

Actions (login required)

View Item View Item