Fijriyani, Puja (2023) Kepemimpinan Kepala Paud dalam menerapkan pembelajaran karakter bebasis nilai-nilai keislaman (studi multi situs di TK IT Al-Uswah dan TK Al-Ghazali Pamekasan) / Puja Fijriyani</p>. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Pendidikan Remaja (PAUD) merupakan lembaga pendidikan formal yang menitikberatkan pada tahap prasekolah.Tentu saja pendekatan pembelajaran dan media yang digunakan di PAUD berbeda dengan lembaga pendidikan lainnya. Kepemimpinan kepala PAUD berperan dalam mencapai keberhasilan pendidikan yang berbasis nilai keislaman. Pembinaan dilaksanakan untuk memastikan bahwa guru menjalankan tugasnya dengan integritas tanggung jawab lebih jauh lagi dengan cara yang kuat dan produktif. Sifat-sifat keislaman sangat dibutuhkan dalam mengembangkan ikhtiar pada diri generasi muda salah satunya asimilasi pada masa-masa yang dihabiskan di bangku sekolah ketat. Implementasi pendidikan anak usia dini dalam konteksnya nilai-nilai Islam melibatkan semua komponen yang membentuk lingkungan sekolah menghasilkan interaksi yang positif di antara nilai-nilai yang hendak diinternalisasikan atau disematkan kepada para anak didik. Ada tiga fokus penting yang menjadi titik fokus penjajakan ini khususnya (1) penerapan pembelajaran karakter berbasis nilai-nilai keislaman di PAUD (2) pelaksanaan kepemimpinan kepala PAUD dalam menerapkan pembelajaran karakter berbasis nilai-nilai keislaman (3) faktor pendukung dan faktor penghambat bagi kepemimpinan kepala PAUD dalam menerapkan pembelajaran karakter berbasis nilai-nilai keislaman. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kualitatif dengan fokus penerapan pelaksanaan faktor pendukung dan faktor penghambat kepala PAUD dalam menerapkan pembelajaran karakter berbasis nilai-nilai keislaman. Rancangan penelitian ini menggunakan studi multi situs yaitu berupaya mendeskripsikan kepala PAUD dalam menerapkan pembelajaran berbasis nilai-nilai keislaman secara rinci dan mendalam. Lokasi penelitian dilakukan di TK IT Al-Uswah dan TK Al-Ghazali Pamekasan. Metode pengumpulan data melibatkan wawancara mendalam observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis kualitatif redusi sebelum dilaksanakan penelitian pada saat melakukan penelitian dan sesudah melakukan penelitian. Ada penelitian ini digunakan analisis data melalui metode analisis situs tunggal dan analisis lintas situs. Keabsahan data diverifikasi melalui beberapa cara (1) ketekunan pengamatan (2) Triangulasi (3) perpanjangan waktu (4) pengecekan oleh anggota tim (5) kecukupan bahan. Penerapan Pembelajaran Karakter Berbasis Nilai-Nilai Keislaman Di PAUD di TK IT Al-Uswah dan TK Al-Ghazali Pamekasan. Dalam penerapan pembelajaran karakter di sesuaikan dengan kurikulum yang di pakai oleh sekolah. Penerapan pembelajaran melalui pembiasaan anak pada kesehariannya. Peran di lingkungan sekolah menerapkan pembiasaan anak yang baik melalui ajaran atau praktek dari guru di kelas. Tingkah laku berbicara dan rasa tanggung jawab anak dilakukan sekolah untuk menunjang keberhasilan dari penerapan karakter mematuhi perintah-perintah Islam. Pendidikan nilai agama melibatkan keinginan untuk menerapkan prinsip-prinsip ajaran agama dalam aktivitas sehari-hari. Pelaksanaan kepemimpinan kepala PAUD dalam menerapkan pembelajaran karakter berbasis nilai-nilai keislaman di TK IT Al-Uswah dan TK Al-Ghazali Pamekasan. Pelaksanaan kepemimpinan kepala PAUD dalam menerapkan pembelajaran di TK IT AL-Uswah selain mengawasi juga memotivasi guru dan anak didik supaya terciptanya karakter cemerlang untuk masa depan anak. Sedangkan pelaksanaan kepemimpinan kepala PAUD dalam menerapkan pembelajaran karakter di TK Al-Ghazali di implementasikan dengan pola kepemimpinan yang di laksanakan kepemimpinan kharismatik dan demokratis kharismatik kemampuan yang di sesuaikan dengan visi kemudian demokratis memberikan informasi. Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional Nomor 20 Tahun 2003 menyatakan bahwa tujuan pembinaan masyarakat adalah untuk membina kemampuan peserta didik agar menjadi manusia yang mempunyai rasa percaya diri dan rasa bertaqwa kepada Allah swt berakhlak mulia benar-benar solid terpelajar berbakat imajinatif bebas dan menjadi penduduk berbasis popularitas dan dapat diandalkan bertanggung jawab. Suasana di sekolah diharapkan bersifat demokratis menciptakan lingkungan di mana saling menghormati memahami kebutuhan anak memberikan kesempatan belajar mandiri kepada anak menghormati pendapat orang lain dan menciptakan lingkungan sekolah yang inklusif. Pelaksanaan dalam menerapkan pembelajaran dimulai dari peran kepemimpinan kepala sekolah yang melibatkan pengawasan dan insentif untuk memberi dorongan kepada para guru dalam pembelajaran karakter yang baik usahakan nanti karakter anak yang terciptanya tidak ada yang menyimpang tidak baik. Faktor pendukung dan faktor penghambat bagi kepemimpinan kepala paud dalam menerapkan pembelajaran karakter berbasis nilai-nilai keislaman di PAUD di TK IT Al-Uswah dan TK Al-Ghazali Pamekasan. Kepemimpinan kepala PAUD dalam mengetahui pelaksanaan serta perencanaan dalam sekolah sangatlah penting. Menumbuhkan kerja sama yang harmonis dan kompeten demi terjaganya kekompakan antara kepala sekolah dan guru. Karakter baik atau jelek guru harus mengetahui perkembangan karakter anak didik. Orang tua melaporkan hasil dari penilaian yang di rumah kepada guru supaya menjadi kebiasaan bagi anak. Permasalahan ada karena pengaruh lingkungan sekitar ada guru orang tua dan teman sebaya. Kepala sekolah sebagai supervisor harus bisa mengkondusifkan keadaan yang ada dikelas itu termasuk penghambat dalam perkembangan karakter anak. Berdasarkan hasil penelitian saran ditujukan kepada (1) Kepala PAUD kurang berinterakasi dengan anak saat pembelajaran di kelas (2) Guru kadang memberikan kebebasan pada anak dalam penghambatnya guru berinterakasi karakter anak dari tingkah laku anak di sekolah (3) Pimpinan yayasan jarang berkunjung kesekolah bila tidak ada keperluan atau rapat dari pihak sekolah (4) Kasi Dinas Pendidikan menjadi bahan informasi dan acuan untuk mengevaluasi kepala PAUD dalam pembelajaran karakter berbasis nilai-nilai keislaman (5) Peneliti selanjutnya untuk memperluas kajian lapangan tentang pembelajaran karakter meneliti kepemimpinan kepala PAUD dalam menerapkan pembelajaran karakter berbasis nilai-nilai keislaman.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S2 Manajemen Pendidikan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 08 Jan 2023 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2023 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/322079 |
Actions (login required)
View Item |