Cipto, Yafie Arbian (2024) Pengembangan website pelatihan kompetensi pedagogik, digital, dan pelayanan supervisi klinis untuk guru menggunakan metode waterfall di Kabupaten Blitar / Yafie Arbian Cipto</p>. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Tuntutan kompetensi guru pada era globalisasi saat ini terus berkembang terutama kompetensi pedagogik untuk memahami kemampuan siswa dan digital dalam membuat media pembelajaran yang berjalan bersama upaya membuat rencana pelaksanaan pembelajaran di sekolah yang sesuai standar nasional. Kompetensi yang dimiliki guru di Kabupaten Blitar masih dibawah nilai yang ditentukan Kemendikbud berdasarkan dari data Uji Kompetensi Guru (UKG). Tujuan dari pelaksanaan penelitian untuk mengetahui proses analisis kebutuhan pengembangan website perancangan desain pengembangan media website dan mengetahui hasil kelayakan produk yang telah dibuat. Metode pelatihan untuk meningkatkan kompetensi guru masih konvensional dilakukan dengan waktu yang tidak sesuai dana yang mahal susunan acara yang tidak terjadwal dengan baik dan materi yang tidak kompleks. Peneliti menggunakan pendekatan research and development (RnD) membuat website pelatihan yang efektif dan efisien yang dapat membantu guru meningkatkan kompetensi sesuai perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK). Peneliti melaksanakan penelitian di tujuh Sekolah Menengah Pertama Kabupaten Blitar. Peneliti mengambil data melalui studi pendahuludan dan melakukan wawancara dengan guru supervisor dan waka kurikulum. Metode yang digunakan oleh peneliti adalah waterfall yang tergabung dalam jenis research and development. Metode waterfall merupakan metode pengembangan sistematis dengan langkah pengerjaan fase one by one agar kesalahan dapat terdeteksi secara tepat. Pengembangan menggunakan metode waterfall memiliki beberapa tahapan yang berurut yaitu requirement (analisis kebutuhan) design system (desain sistem) coding (pengkodean) dan Testing (pengujian) penerapan program dan pemeliharaan halaman website serta buku panduan. Hasil dari pengembangan dapat diketahui proses analisis memilki tiga tahapan yaitu analisis kebutuhan untuk mengetahui fitur yang diperlukan analisis lingkungan untuk mengetahui kondisi sekolah dan analisis task untuk mengetahui produk yang sesuai. Setelah pelaksanaan analisis dibuatlah desain perancangan menggunakan use case diagram activity diagram sequence diagram dan wireframe. Jika proses desain telah dibuat selanjutnya dilakukan pengkodean program untuk membuat produk berupa website dan menyusun buku panduan penggunaan website. Hasil pengujian produk yang dikembangkan berdasarkan uji ahli mendapatkan rata-rata skor 90% sehingga produk layak digunakan. Hasil uji usability testing produk dikategorikan excellent dengan keterangan dapat digunakan secara umum tanpa ada revisi. Hasil pengujian kelompok kecil dan kelompok besar dari aspek ketepatan kemudahan dan kegunaan mendapatkan predikat sangat baik dengan nilai 90 05%. Peneliti menyadari masih banyak kekurangan dalam pembuat produk website oleh karena itu peneliti selanjutnya hendaknya melakukan evaluasi fitur dan memperbaharui desain dan kebutuhan web sesuai perkembangan situasi pendidikan yang terjadi. Bagi sekolah diharapkan untuk memanfaatkan media upaya meningkatkan kemampuan kompetensi guru dan pemberian pelayanan supervisi. Bagi Kepala Dinas Pendidikan diharapkan untuk memberikan pengawasan dan pendampingan penggunaan media pelatihan dan pelayanan supervisi. Proses pemeliharaan juga dilakukan untuk mempermudah kenyamanan pengguna halaman web seperti pembaharuan font color grading dan tata letak icon.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S2 Manajemen Pendidikan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 17 Jan 2024 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2024 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/322078 |
Actions (login required)
View Item |