Ahmad, Daud Arzaky (2024) Pengembangan media pembelajaran produk pastry dan bakery berbasis game visual novel "cook battle" untuk meningkatkan literasi dan numerasi siswa di smk negeri 3 malang / Daud Arzaky Ahmad. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Proses pembelajaran Produk Pastry dan Bakery para siswa dituntut untuk memahami mulai dari resep bahan baku fungsi bahan baku ukuran dari setiap bahan hingga mempraktikan resep. Kondisi saat ini proses pembelajaran masih menggunakan PPT dan video. Dengan kondisi ini diperlukan media pembelajaran efektif terhadap kemampuan literasi dan numerasi siswa. Tujuan penelitian ini adalah 1) menghasilkan media pembelajaran Pastry dan Bakery berbasis game visual novel Cock Battle 2) Menganalisis kelayakan media pembelajaran Pastry dan Bakery berbasis game visual novel Cock Battle 3) menganalisis efektivitas media pembelajaran Cook Battle terhadap literasi siswa dalam pembelajaran Produk Pastry dan Bakery 4) menganalisis efektivitas media pembelajaran Cook Battle terhadap numerasi siswa dalam pembelajaran Produk Pastry dan Bakery. Penelitian ini menggunakan metode Reseach and Development. penelitian ini menggunakan angket dengan skala likert pada kelayakan produk dan uji N-Gain untuk menguji efektivitas dari produk pengembangan game yang didapat dari hasil nilai pretest dan posttest materi danish dan croissant. Hasil penelitian berupa produk game Cook Battle berbasis android yang diuji kelayakannya oleh ahli materi kategori sangat valid (100%) ahli media kategori sangat valid (96%) ahli bahasa juga sangat valid (92%). Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan diperoleh hasil dari siswa kelas XII Tata Boga bahwa nilai N-Gain dari nilai pretest dan posttest kemampuan litersi siswa diperoleh sebesar 0.566 Nilai tersebut termasuk ke dalam rentang kategori skor sedang maka tingkat efektivitas dari game Cook Battle terhadap literasi Produk Pastry dan Bakery dinyatakan efektivitasnya sedang. Nilai N-Gain dari nilai pretest dan posttest kemampuan numerasi dan diperoleh sebesar 0 562. Nilai tersebut termasuk ke dalam rentang kategori skor sedang maka tingkat efektivitas dari game Cook Battle pada numerasi dinyatakan efektivitasnya sedang. Berdasarkan hasil yang diperoleh media pembelajaran Game Cook Battle efektif terhadap kemampuan literasi dan numerasi siswa di SMK Tata Boga.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknologi Industri (TI) > S1 Pendidikan Tata Boga |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 18 Jan 2024 04:29 |
Last Modified: | 17 Oct 2024 02:10 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/315697 |
Actions (login required)
View Item |