Rohman, Dani Hidayatur (2014) Analisis faktor-faktor bauran promosi yang dipertimbangkan dalam melakukan pembelian di Realizm Store Malang / Dani Hidayatur Rohman. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Hidayatur Rohman Dani. 2012. Analisis Faktor-faktor Bauran Promosi yang Dipertimbangkan dalam Melakukan Pembelian di Realizm Store Malang. Skripsi Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Mohammad Arief MSi (II) Drs. Agus Hermawan Grad. Dip M.Si M.Bus. Kata Kunci bauran promosi dan pembelian Bauran promosi adalah kombinasi yang paling baik dari variabel-variabel periklanan personal selling dan alat promosi yang lain yang semuanya direncanakan untuk mencapai program penjualan. Untuk menghadapi persaingan dengan usaha-usaha sejenis diperlukan pengelolaan yang tepat pada bauran promosi untuk menarik pembelian konsumen. Berkaitan dengan itu maka diperlukan pembahasan mengenai bauran promosi tersebut. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui besarnya (1) keadaan faktor bauran promosi (periklanan promosi penjualan dan pemasaran langsung) yang dipertimbangkan dalam melakukan pembelian di Realizm Store Malang dan (2) faktor yang dominan dari bauran promosi (periklanan promosi penjualan dan pemasaran langsung) yang dipertimbangkan dalam melakukan pembelian di Realizm Store Malang. Populasi dalam penelitian ini adalah pengunjung Realizm Store Malang yang melakukan pembelian bulan Juni 2011 sebesar 735 orang. Sampel dalam penelitian ini adalah sebesar 88 orang pengunjung Realizm Store Malang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan teknik accidental sampling merupakan prosedur sampling yang memilih sampel dari orang atau unit yang paling mudah dijumpai atau diakses. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif kuantitatif. Metode pengumpulan data adalah dengan observasi dokumentasi wawancara dan penyebaran angket/kuesioner. Skala yang digunakan adalah skala Likert dengan lima pilihan jawaban. Analisis data yang digunakan adalah analisis faktor yaitu dengan mereduksi data meringkas dari banyak ke dalam satu atau beberapa faktor. Hasil deskripsi data dapat diketahui bahwa mayoritas konsumen (61 35%) Realizm Store Malang menyatakan setuju (S) dengan brosur logo billboards iklan media cetak symbol spanduk dan statement yang telah dilakukan oleh Realizm Store Malang mayoritas konsumen (53 40%) Realizm Store Malang menyatakan sangat setuju (SS) dengan kegiatan promosi penjualan yang dilakukan yaitu meliputi pemberian hadiah (t-shirt dan stiker) voucher diskon dan sponsor kegiatan pada Realizm Store Malang dan mayoritas konsumen (50%) Realizm Store Malang setuju (S) dengan pemasaran langsung yang dilakukan oleh Realizm Store Malang melalui katalog dan facebook. Faktor dominan yang dipertimbangkan dalam melakukan pembelian di Realizm Store Malang yaitu dengan memperhatikan nilai eigenvalue dari masing-masing faktor dimana faktor yang memiliki nilai eigenvalue tertingi yaitu faktor pertama yang meliputi statement katalog produk logo dan facebook. Saran yang diajukan dalam penelitian ini yaitu hendaknya pihak manajemen untuk membuat katalog produk yang lebih menarik sehingga konsumen lebih tertarik untuk melihat produk-produk yang ditawarkan oleh toko. Diharapkan dalam pembuatan spanduk atau poster lebih menarik baik dari warna maupun pesan-pesan yang disampaikan yaitu dengan kata-kata yang mudah dimengerti dan dipahami oleh konsumen. Pihak manajemen selalu berupaya untuk meningkatkan jumlah poster atau spanduk yang digunakan dengan harapan konsumen dapat mengerti atau mengetahui secara jelas atas produk yang ditawarkan.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Manajemen |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 06 Mar 2014 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2014 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/31505 |
Actions (login required)
View Item |