Pengaruh penggunaan turbo elektrik pada intake manifold terhadap daya, akselerasi dan konsumsi bahan bakar sepeda motor honda beat fi esp 110cc (k44) / Muhammad Faiz Abdillah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh penggunaan turbo elektrik pada intake manifold terhadap daya, akselerasi dan konsumsi bahan bakar sepeda motor honda beat fi esp 110cc (k44) / Muhammad Faiz Abdillah

Abdillah, Muhammad Faiz Abdillah (2023) Pengaruh penggunaan turbo elektrik pada intake manifold terhadap daya, akselerasi dan konsumsi bahan bakar sepeda motor honda beat fi esp 110cc (k44) / Muhammad Faiz Abdillah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Abdillah Faiz. 2023. Pengaruh Penggunaan Turbo Elektrik Pada Intake Manifold Terhadap Daya Akselerasi Dan Konsumsi Bahan Bakar Sepeda Motor Beat FI 110CC (K44). Skripsi Departemen Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Negri Malang. Pembimbing (1) Drs. Imam Muda Nauri S.T. M.T. (2) Dr. Muchammad Harly S.T. M.T. Penelitian ini ditujukan untuk mengetahui penggunaan turbo elektrik di dalam intake manifold terhadap kecepatan udara masuk ke ruang bakar serta mempengaruhi output berupa daya akselerasi dan konsumsi bahan bakar. Desain dalam penelitian ini menggunakan Quasi Experimental dengan One Group Pretest-Posttest Design. Penelitian ini tidak menggunakan kendaraan untuk perbandingan melainkan subyek penelitian terlebih dahulu diberikan Pretest (tes awal) untuk mengetahui sejauh mana kemampuan awal sepeda motor sebelum dan sesudah diberikan treatment Turbo Elektrik. Setelah diberikan Pretest selanjutnya sepeda motor diberikan tes akhir (posttest) dengan treatment yaitu menggunakan Turbo Elektrik untuk mengetahui sejauh mana pengaruh penggunaan Turbo Elektrik pada mesin standar terhadap daya akselerasi dan konsumsi bahan bakar. Data hasil penelitian meliputi 3 varian yakni data daya akselerasi dan konsumsi bahan bakar dengan spesimen intake manifold standar dan modifikasi dengan spesifikasi. Hasil pengujian analisis daya menunjukkan bahwa adanya perbedaan namun tidak signifikan hal ini terjadi karena penggunaan turbo elektrik tidak begitu memberi pengaruh yang besar terhadap daya. Hasil pengujian analisis akselerasi menunjukkan bahwa adanya perbedaan namun tidak signifikan hal ini sesuai dengan penelitian yang telah dilakukan yaitu penggunaan turbo elektrik tidak begitu memberi pengaruh yang besar terhadap akselerasi sepeda motor Honda Beat FI ESP 110cc (K44). Hasil pengujian analisis konsumsi bahan bakar menunjukkan adanya pengaruh namun tidak signifikan nilai konsumsi bahan bakar (FC) antara penggunaan intake manifold standar dan intake manifold modifikasi disebabkan peningkatan kecepatan aliran udara penggunaan turbo elektrik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Mesin (TM) > S1 Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: library UM
Date Deposited: 16 May 2023 04:29
Last Modified: 09 Sep 2023 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/314232

Actions (login required)

View Item View Item