Pengaruh jiwa kewirausahaan terhadap pengembangan karis distributor multi level marketing (Studi pada Dostributor MLM Oriflame Member Group Sevenblast Malang) / Amalia Istiqomah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh jiwa kewirausahaan terhadap pengembangan karis distributor multi level marketing (Studi pada Dostributor MLM Oriflame Member Group Sevenblast Malang) / Amalia Istiqomah

Istiqomah, Amalia (2013) Pengaruh jiwa kewirausahaan terhadap pengembangan karis distributor multi level marketing (Studi pada Dostributor MLM Oriflame Member Group Sevenblast Malang) / Amalia Istiqomah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Jiwa Kewirausahaan Pengembangan Karir Multi Level Marketing. Krisis multidimensional yang melanda bangsa Indonesia pada tahun 1997 tidak saja melumpuhkan dunia usaha tetapi juga menggoyahkan sendi-sendi kesejahteraan masyarakat luas dan kondisi ini diperparah dengan adanya krisis global pada tahun 2008. Penciptaan lapangan kerja yang tak mampu mengimbangi pertumbuhan angkatan kerja baru menyebabkan angka pengangguran meningkat. Salah satu alternatif untuk mengatasi masalah pengangguran adalah melalui sektor informal yaitu kewirausahaan. Menjadi distributor Multi Level Marketing (MLM) merupakan salah satu bentuk intrapreneurship (kewirausahaan organisasi) yang dapat menjawab permasalahan pengangguran terdidik. Konsep MLM merupakan salah satu metode pemasaran dengan membuat jaringan (network). Berbeda dengan sistem pengembangan karir yang ada dalam instansi pemerintahan yang menganut sistem tradisional atau senioritas yaitu hanya pegawai yang telah lama bekerja yang dapat naik jabatan dalam bisnis MLM seorang distributor mempunyai kesempatan untuk mendapatkan penghasilan yang tidak kecil bahkan melebihi pendapatan seorang PNS serta mencapai posisi puncak dalam karir tanpa melihat senioritas melainkan prestasi kerjanya. Semakin besar jiwa kewirausahaan yang dimiliki seorang distributor MLM maka semakin tinggi pula kesempatannya untuk menduduki posisi puncak jenjang karir dalam bisnis MLM. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian penjelasan (explanatory research). Penelitian ini berusaha untuk menjelaskan pengaruh jiwa kewirausahaan yang terdiri dari kreatif (X1) inovatif (X2) percaya diri (X3) berorientasi tugas dan hasil (X4) berorientasi masa depan (X5) terhadap pengembangan karir (Y) distributor MLM baik secara parsial maupun secara simultan. Populasi dalam penelitian ini adalah distributor aktif MLM Oriflame member grup Sevenblast Malang yang berjumlah 255 distributor. Sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah 100 responden. Sampel diambil dengan menggunakan metode Nonproportional Stratified Random Sampling. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Secara parsial terdapat pengaruh positif dan signifikan jiwa kewirausahaan (kreatif percaya diri berorientasi tugas dan hasil berorientasi masa depan) terhadap pengembangan karir distributor MLM Oriflame member grup Sevenblast Malang sedangkan variabel inovatif tidak berpengaruh terhadap pengembangan karir distributor MLM Oriflame member grup Sevenblast Malang (2) Terdapat pengaruh positif dan signifikan jiwa kewirausahaan (kreatif inovatif percaya diri berorientasi tugas dan hasil berorientasi masa depan) secara simultan terhadap pengembangan karir distributor MLM Oriflame member grup Sevenblast Malang. Saran yang dapat diberikan berkaitan dengan temuan yang diperoleh selama pelaksanaan penelitian ini adalah (1) Perusahaan MLM Oriflame i hendaknya sering memberikan training seminar dan pelatihan kepada para upline untuk semakin meningkatkan jiwa kewirausahaan mereka yang nantinya juga akan berdampak pada down line. Sedangkan para upline sebaiknya sering mengadakan group meeting untuk mempresentasikan hasil yang dia dapat dari seminar yang dia hadiri kepada down line agar para down line juga dapat belajar meningkatkan jiwa kewirausahaannya yang pada akhirnya berdampak pada kenaikan jenjang karir mereka dalam MLM Oriflame (2) Bagi penelitian yang akan datang perlu dilakukan penelitian secara kualitatif untuk mendapatkan data yang lebih mendalam dan spesifik karena beberapa faktor seperti perbedaan perusahaan MLM yang satu dengan yang lain agar dapat dianalisis secara menyeluruh perbedaan jenjang karir yang diperoleh setiap distributor dan lamanya menjadi distributor MLM.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Manajemen
Depositing User: library UM
Date Deposited: 17 May 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/31410

Actions (login required)

View Item View Item