Fitriya, Inayatul (2013) Kinerja rumah sakit umum Surya Melati Kab. Kediri berdasarkan analisis balance scorecard / Inayatul Fitriya. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata kunci Balance Scorecard Kinerja Rumah Sakit Rumah Sakit Umum Surya Melati merupakan salah satu Rumah Sakit yang berusaha memberikan pelayanan kesehatan secara profesional dan meningkatkan mutu terus-menerus memaksa pihak Rumah Sakit Umum Surya Melati untuk selalu memperbaiki kinerjanya agar dapat menambah kepercayaan masyarakat atas Rumah Sakit Umum Surya Melati dengan harapan peningkatan kepercayaan masyarakat terhadap Rumah Sakit sehingga mempunyai dampak pada pendapatan Rumah Sakit. Maka perlu digunakan alternatif penilaian kinerja Rumah Sakit Umum Surya Melati dengan menggunakan Balanced Scorecard yang lebih komprehensif akurat terukur karena dalam menilai kinerja suatu organisasi tidak hanya dinilai dari aspek keuangan saja tetapi juga dinilai dari aspek nonkeuangan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kinerja Rumah Sakit Umum Surya Melati diukur dengan pendekatan Balanced Scorecard berdasarkan perspektif 1) keuangan 2) pelanggan 3) proses bisnis internal dan 4) pembelajaran dan pertumbuhan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif explanatori dengan menggunakan pendekatan kuantitatif-kualitatif. Tahun penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah 3 tahun yaitu tahun 2009 2010 dan 2011. Subyek dalam penelitian ini adalah Rumah Sakit Surya Melati kabupaten Kediri. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan dokumentasi wawancara dan angket. Teknik analisis data dalam penelitian ini memiliki 4 tolok ukur yaitu perspektif keuangan perspektif pelanggan perspektif proses bisnis internal dan perspektif pertumbuhan pembelajaran. Hasil analisis data diperoleh empat simpulan hasil penelitian sebagai berikut 1) perspektif keuangan melalui tiga tolok ukur secara umum dinilai termasuk dalam kategori cukup baik. 2) perspektif pelanggan dapat dinilai baik karena pada masing-masing tolok ukur menunjukkan nilai yang sangat prospek menuju nilai lebih baik. 3) perspektif proses internal bisnis yang diukur melalui dua tolok ukur memberikan penilaian yang kurang baik. 4) perspektif pembalajaran dan pertumbuhan selama 3 tahun menunjukkan hasil kinerja yang baik ditandai adanya peningkatan dari masing-masing tolok ukur yang digunakan. Berdasarkan hasil/temuan penelitian maka disarankan kepada RSU Surya Melati untuk memperhatikan hal-hal berikut 1) Menekan biaya yang sekiranya masih wajar untuk bisa melakukan penghematan karena hal ini dapat membantu rumah sakit dalam meningkatkan jumlah pendapatannya sehingga mampu meningkatkan laba bersih rumah sakit yang akan memberikan pengaruh tinggi pula terhadap nilai ROI rumah sakit. 2) Rumah Sakit harus lebih menggencarkan sistem pemasaran dalam upaya menarik pelanggan baru sehingga lingkup pemasaran lebih meluas dan rumah sakit akan jauh lebih dikenal diberbagai daerah. Selain pemasaran eksternal pemasaran dalam internal rumah sakit juga tidak boleh diabaikan salah satunya pada mutu pelayanan dalam hal kenyamanan. Karena dari hasil penelitian kenyamanan lingkungan rumah sakit mendapatkan respon yang paling rendah di antara pernyataan yang lain. 3) Meningkatkan inovasi inovasi tentu sangat perlu untuk terus mengadakan pembaharuan karena kebutuhan masyarakat pasti akan terus meningkat seiring berjalannya waktu. Hal ini juga akan membawa pengaruh pada indikator proses layanan untuk dapat memperbaiki kinerja rumah sakit dalam hal proses layanan sehingga memiliki nilai BOR BTO LOS dan TOI sesuai standar yang ditentukan. 8195
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Manajemen |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 02 Jan 2013 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2013 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/31360 |
Actions (login required)
View Item |